BANDUNG, KOMPAS.com - Perawatan spa kian diminati perempuan, juga laki-laki, terutama di kota besar. Spa diminati lantaran perawatan ini membuat tubuh lebih bugar, selain menjadi pilihan cara perempuan merawat kecantikan. Bisnis spa pun banyak menarik minat.
Direktur Martha Tilaar Spa, Wulan Tilaar, berbagi ilmu mengenai bisnis spa kepada peserta konferensi kecantikan terbesar di Indonesia, Martha Tilaar Beautyfying Indonesia Conference 2011 yang berlangsung di Hotel Preanger, Bandung, 7-8 Oktober 2011.
Dalam seminar bertema "Lifestyle Business Opportunity", Wulan memberikan 20 kiat jitu memasarkan perawatan spa. Seminar yang digelar pada hari pertama konferensi kecantikan Martha Tilaar ini dihadiri sekitar 100 orang. Kebanyakan peserta adalah penggemar spa dan beberapa di antaranya pemilik spa.
"Peserta penuh. Satu ruang kapasitasnya 100 orang, sementara yang mendaftarkan diri lebih dari 200 orang. Mereka juga antusias, mencatat materi yang disampaikan. Karena yang disampaikan lebih kepada hal-hal kecil, hal teknis tentang bisnis spa," jelas Wulan saat ditemui Kompas Female seusai kegiatan seminar di Hotel Preanger, Bandung, Jumat (7/10/2011) lalu.
Lima faktor bisnis spa
Wulan berbagi rahasia sukses berbisnis spa. Menurutnya, dari 20 kiat, ada lima faktor utama yang turut menentukan kesuksesan bisnis spa. Di antaranya kualitas perawatan, mekanisne pemasaran, mengelola sumber daya manusia atau karyawan, cara menggaet pelanggan, dan keterampilan si pemilik spa yang perlu terus ditingkatkan.
No comments :
Post a Comment