Materi Kesehatan: Kesehatan bagi Wanita Pekerja

Kesehatan bagi Wanita Pekerja

PENDAHULUAN
Dalam kondisi perkembangan pembangunan kearah industrialisasi dimana persaingan pasar semakin ketat, sangat diperlukan tenaga kerja yang sehat dan produktif. Searah dengan hal tersebut kebijakan pembangunan di bidang kesehatan ditujukan untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi seluruh masyarakat, termasuk masyarakat pekerja.
Masyarakat pekerja mempunyai peranan & kedudukan yang sangat penting sebagai pelaku dan tujuan pembangunan, dimana dengan berkembangnya IPTEK dituntut adanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan mempunyai produktivitas yang tinggi hingga mampu meningkatkan kesejahteraan dan daya saing di era globalisasi.
Berdasarkan data dari UNDP, salah satu indikator kualitas SDM adalah Indeks Kualitas Hidup (Human Development Index =HDI) yan ditentukan oleh 3 faktor yaitu pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Pada tahun 2000, Indonesia berada pada urutan ke 109 dari 174 negara di seluruh dunia. Dikawasan ASEAN, Indonesia berada pada urutan ke 7 dari 10 negara diatas Kamboja, Laos, Myammar.
Di era globalisasi dan pasar bebas AFTA 2003, kesehatan dan keselamatan kerja merupakan salah satu pesyaratan yang ditetapkan dalam hubungan antar negara yang harus dipenuhi oleh seluruh anggota termasuk Indonesia. Beban ini cukup berat dimana dari data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2003, pekerja di Indonesia mencapai 100.316.007 dimana 64,63% pekerja laki-laki dan 35,37% pekerja wanita. Peningkatan ini selain dilihat dari segi positip dengan bertambahnya tenaga produktif, status kesehatan dan gizi pekerja umumnya belum mendapat perhatian yang berakibat akan menurunkan produktivitas kerja dan ongkos produksi menjadi tidak efisien.
Pelayanan kesehatan dan gizi yang belum memadai antara lain dapat dilihat bahwa pada pekerja kelas menengah kebawah umumnya menderita kurang gizi seperti Kurang Energi Protein (KEP), anemia serta sering menderita penyakit infeksi. Sedangkan pada pekerja kelas menengah keatas, umumnya terjadi kegemukan atau obesitas. Masalah gizi pada pekerja sebagai akibat langsung yakni kurangnya asupan makanan yang tidak sesuai dengan beban kerja atau jenis pekerjaannya. Jenis pekerjaan tertentu diperlukan diit khusus agar dapat melaksanakan pekerjaannya dengan baik dan mencegah terjadinya penyakit atau gangguan gizi akibat pekerjaannya dan pengaruh lingkungan kerja.
Beberapa penelitian (Husaini dkk) melaporkan bahwa dikalangan tenaga kerja wanita 30-40% menderita anemia, dan hasil studi di Tangerang tahun 1999 menunjukan prevalensi anemia pada pekerja wanita 69%. Pekerja yang menderita anemia dari hasil penelitian produktivitasnya 20% lebih rendah dari pada pekerja yang sehat. Penelitian yang dilakukan oleh Kantor Menteri Negara Urusan Peranan Wanita (1985) didapatkan 15% pekerja wanita kekurangan energi dan protein yang menyebabkan pekerja menjadi lambat berpikir, lambat bertindak dan cepat lelah.
Wanita yang bekerja sesungguhnya adalah arus utama di banyak industri. Mereka diperlakukan sama dari beberapa segi, hanya dari segi pengalaman kesehatan mereka berbeda dengan laki-laki. Dengan adanya perbedaan-perbedaan, wanita berhak mendapatkan pelayanan kesehatan kerja yang diperlukan.
MASALAH KESEHATAN PADA PEKERJA WANITA
  1. ADANYA GANGGUAN HAID
    1. Amenorrhoea
    • Bila amenore menjadi perhatian tidak akan menyebabkan masalah
    • Penyebab yang paling umum adalah kehamilan dan pada wanita yang lebih tua oleh karena menopause atau histerektomi
    • Dapat disebabkan oleh beberapa keadaan lain seperti :
    • Gizi yang jelek atau berat badan kurang
    • Latihan yang berlebihan
    • Kondisi medis (hipotiroidism atau gangguan endokrine lain, TBC, anemia dari peneybabapapun yang serius, penyakit yang mengancam kehidupan)
    • Ukuran kontrasepsi
    1. Menorrhagia
    • Menyebabkan kebingungan, ketidakhadiran 1-2 hari
    • Dapat terjadi oleh karena adanya fibroid atau polip di uterus, penggunaan IUD, leukemi
    1. Dysmenorrhoea
§Mayoritas wanita yang mengalami kegelisahan saat haid, namun hanya sedikit yang merasa sakit yang cukup mengganggu aktivitas normal dan menjadi pola ketidakhadiran setiap bulan. Hal ini perlu perhatian dari tenaga medis.
§Dapat digolongkan :
oPrimary dysmenorrhoea
oSecondary dysmenorrhoea
§Obat penghilang rasa sakit seringkali mempunyai efek mengantuk akan menyebabkan masalah pada wanita yang bekerja pada pekerjaan dengan kesiapsiagaan terhadap hazard yang ada.
    1. Premenstrual syndrome
Adalah suatu kombinasi masalah fisik dan psikologis yang terjadi pada sebagian kecil wanita pada 7-10 hari sebelum haid.
    1. Menopause
ADANYA GANGGUAN GIZI
    1. Kebutuhan zat gizi
Kekurangan zat-zat gizi dalam makanan akan berdampak terjadinya gangguan kesehatan dan penurunan produktivitas kerja, antara lain :
      • Kurang intake protein akan mempengaruhi kalori yang kurang dan berakibat berkurangnya kapasitas kerja
      • Defisiensi zat besi menyebabkan banyaknya kasus anemia
      • Kekurangan vitamin A mungkin menyebabkan gangguan pada penglihatan yang mempengaruhi adaptasi dari terang ke gelap dan berakibat menimbulkan kecelakaan kerja
      • Kekurangan yodium mengganggu metabolisme, menurunkan kemampuan dan kecepatan kerja
    1. Kebutuhan kalori
Kebutuhan kalori tergantung dari aktivitas tubuh. Apabila kalori yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan dari bahan makanan yang masuk tidak mencukupi, maka kalori akan dipenuhi dengan memecah sumber cadangan energi yang ada dalam tubuh sendiri.
    1. Faktor lingkungan kerja
Beberapa faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi kesehatan dan gizi pekerja antara lain :
    1. Tekanan panas
Pekerja yang bekerja di tempat dengan suhu yang tinggi, kebutuhan air dan garam sebagai pengganti cairan yang hilang/ keringat perlu mendapat perhatian. Pada lingkungan yang panas dengan jenis pekerjaan berat sekurang-kurangnya 2,8 lt air minum, untuk kerja ringan 1,9 lt. Bagi pekerja di tempat dingin dibutuhkan makanan dan minuman hangat.
    1. Bahan kimia
Bahan kimia dapat menyebabkan keracunan kronis dengan akibat penurunan berat badan. Beberapa zat kimia lain dapat mengganggu metabolisme tubuh, mengganggu selera makan dan berpengaruh terhadap pencernaan.
Timah hitam dapat mempengaruhi pembentukan sel darah merah yang berakibat pekerja menjadi pucat dan kurus. Keracunan Berillium selalu disertai penurunan berat badan. Zat kimia yang bersifat asam akan merangsang lambung dan merusak selaput lendir.
    1. Faktor biologi
Pekerja yang bekerja di pertambangan, perkebunan, peternakan berisiko terinfeksi cacing, bakteri pada saluran pencernaan dll.
    1. Faktor psikologis
Stress kerja akibat ketidak serasian emosi, hubungan antar manusia dalam pekerjaan, hambatan psikologis sangat berpengaruh pada penurunan berat badan, intake makanan dan produktivitas kerja.
    1. Gaya hidup dan kebiasaan
Terlalu banyak bekerja, aktivitas olahraga kurang sering kali tidak memperhatikan gizi seimbang dan cenderung mengkonsumsi lemak tinggi , dapat menimbulkan kegemukan, hiperkolesterol, hipertensi, penyakit jantung dll.
9.Pekerja wanita yang hamil akibat terpapar zat radiasi, obat-obatan seperti obat anestesi dan bahan kimia tertentu dapat menyebabkan kelainan janin. \
PELAYANAN KESEHATAN BAGI PEKERJA WANITA
A. Pelayanan Kesehatan
  1. Upaya peningkatan (promotif)
      • Bertujuan untuk meningkatkan status kesehatan dan kapasitas kerja.
      • Meliputi pendidikan dan penyuluhan kesehatan kerja, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), norma sehat di tempat kerja a.l tidak merokok, tidak mengkonsumsi napza, peningkatan perilaku dan cara kerja yang baik dan benar, konsultasi gizi, kesehatan jiwa, masalah perkawinan, penerapan gizi seimbang, penyediaan tempat untuk memeras ASI, pemeliharaan kebugaran, pemeliharaan Berat Badan ideal, KB dll.
  1. Upaya pencegahan (preventif)
      • Bertujuan untuk memberikan perlindungan pada pekerja sebelum adanya proses gangguan akibat kerja.
      • Meliputi kegiatan :
        • Pemeriksaan kesehatan awal, berkala dan khusus
        • Imunisasi
        • Penerapan ergonomi
        • Hygiene lingkungan kerja
        • Perlindungan diri tehadap bahaya-bahaya dari pekerjaan
        • Pengendalian lingkungan kerja
        • Latihan fisik (relaksasi) secara rutin
        • Pemberian suplemen gizi sesuai kebutuhan pekerja wanita
        • Rotasi kerja
  1. Upaya penyembuhan (kuratif)
      • Diberikan kepada pekerja yang sudah memperlihatkan gangguan kesehatn / gejala dini dengan mengobati penyakit, mencegah komplikasi dan penularan terhadap keluarganya ataupun teman sekerja.
      • Bertujuan untuk menghentikan proses penyakit, mempercepat masa istirahat, mencegah terjadinya cacat atau kematian.
  1. Upaya pemulihan (rehabiIitatif)
      • Pelayanan diberikan kepada pekerja yang karena penyakit atau kecelakaan telah mengakibatkan cacat sehingga menyebabkan ketidakmampuan bekerja secara permanen.
      • Meliputi :
  • Latihan dan pendidikan pekerja untuk dapat menggunakan kemampuan yang masih ada secara maksimal.
  • Penempatan kembali pekerja yang cacat secara selektif sesuai kemampuan
  • Penyuluhan kepada masyarakat dan pengusaha agar mau menggunakan pekerja yang cacat.

B. Pelayanan Lingkungan Kerja
Bertujuan untuk terciptanya lingkungan yang sehat dan aman dalam rangka meningkatkan produktivitas pekerja yang optimal melalui pengendalian lingkungan kerja (pengenalan, pengukuran dan evaluasi lingkungan kerja).
PENUTUP
Wanita pekerja dari beberapa segi berbeda dengan laki-laki, sehingga dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap pekerja wanta perlu memperhatikan adanya perbedaan-perbedaan tersebut.
Suatu program promosi kesehatan di tempat kerja harus dipusatkan pada permasalahan dan isu kesehatan wanita yang ditunjukan dan kepekaan sesuai integritas yang mempunyai dampak positip tidak hanya untuk wanita pekerja tersebut tetapi juga untuk keluarganya, masyarakat dan terutama untuk organisasinya / perusahaannya.
Baca selengkapnya - Materi Kesehatan: Kesehatan bagi Wanita Pekerja

Materi Kesehatan: Manfaat Kacang Kedelai Lainnya

Hingga detik ini masyarakat cuma mengenal susu sapi. Dari susu murni, susu kaleng, hingga susu sapi bentuk bubuk. Pada hal di luar itu, banyak produk susu lain yang tidak kalah hebatnya dengan susu sapi, seperti susu kambing juga memiliki kelebihan. Contoh susu produk lain yang tidak kalah kualitasnya di banding susu sapi yaitu susu kedelai. Bagi mereka yang alergi susu sapi, susu kedelai merupakan alternative untuk di konsumsi.
Komposisi susu kedelai hampir sama dengan susu sapi. Karena itu susu kedelai dapat di gunakan sebagai pengganti susu sapi. Susu kedelai baik di konsumsi oleh mereka yang alergi susu sapi, yaitu orang – orang yang tidak punya atau kurang enzim laktosa dalam saluran pencernaannya, sehingga tidak mampu mencerna laktosa dalam susu sapi.
Laktosa susu sapi yang lolos usus besar akan di cerna oleh jasad renik yang ada di sana. Akibatnya, orang yang tidak toleran terhadap laktosa akan menderita diare tiap kali minum susu sapi.
Wawasan, tanggal 13 Juli 2001


MANFAAT SUSU KEDELAI

Berdasarkan penelitian dan berbagai sumber yang salah satunya dari “Buku Sehat dan Bugar dengan Kacang Kedelai” oleh Dr. Paul E, Matulessy, dkk. Susu jenis ini bisa di manfaatkan sebagai alternative untuk anak – anak yang sakit lactose intolerance (tidak tahan terhadap susu sapi akibatnya diare dan bisa menurunkan kadar kolesterol.
Kacang kedelai mengandung antara lain, vitamin A, B, B1, B2, Vitamin D, mineral hidrokarbon, zat besi, nicotinic acid, lecitin, lineloic, niacin, kalsium, sodium, pospor, asam asparat, asam glutamate, fatty acid dll.
Menurut Hembing, ketua umum Himpunan Pengobatan Tradisional dan Akupuntur se-Indonesia susu kedelai selain menyehatkan juga dapat mencegah penyakit jantung, kanker, lever, radang lambung kronis, Hipertensi, Anemia, Rematoid Artritis, Arteriosklerosis, mencegah kerusakan gigi, meningkatkan stamina, dll. Bahkan kedelai ini dapat di konsumsi oleh berbagai kalangan usia, dari anak - anak hingga orang tua lanjut usia.

Berikut ini perbandingan susu kedelai dan susu sapi :
Energi
Susu kedelai : 37 kalori
Susu sapi : 61 kalori
Protein
Susu kedelai : 4,10 gr
Susu sapi : 3,50 gr
Lemak
Susu kedelai : 1,50 gr
Susu sapi : 3,50 gr
Karboidrat
Susu kedelai : 3,10 gr
Susu sapi : 4,90 gr
Air
Susu kedelai : 87,50 gr
Susu sapi : 87,40 gr
Kalsium
Susu kedelai : 154,00 mgr
Susu sapi : 144,00 mgr
Natrium
Susu kedelai : 74,00 mgr
Susu sapi : 50,00 mgr
Phospor
Susu kedelai : 66,00 mgr
Susu sapi : 93,00 mgr
Besi
Susu kedelai : 1,30 mgr
Susu sapi : 1,70 mgr
Vitamin A
Susu kedelai : 217,00 IU
Susu sapi : 140,00 IU
Vitamin B1
Susu kedelai : 0,30 mgr
Susu sapi : 0,40 mgr
Vitamin B3
Susu kedelai : 1,10 mgr
Susu sapi : 0,10 mgr
SUSU KEDELAI SEHATKAN BAYI
Mengandung phytoestrogen untuk atasi penyakit-penyakit hormonal.
Makanan terbaik bayi adalah ASI, itu disepakati para ahli makanan dan gizi. Dan hal itu tempaknya juga tetap berlaku. Namun sebuah study menemukan bayi yang di beri susu formula berdasar bahan kedelai di katakana memiliki phytoestrogen sejenis kimia mirip estrogen jauh lebih tinggi dalam darah mereka di bandingkan bayi yang di beri susu susu formula sapi maupun ASI. Begitu temuan para peneliti di Children”s Hospital Medical Center di Cicncinnati, Ohio, AS.
Kadar phytoestrogen ini 6 - 11 kali lebih tinggi dari pada kadar estrogen yang di ketahui memiliki efek hormonal pada orang dewasa, termasuk efek atas siklus menstruasi pada wanita. Phytoestrogen termasuksenyawa kimia kelas insoflavone yang diketahui memiliki aktifitas – aktifitas hormonal maupun nonhormonal di dalam tubuh. Bahkan, dengan mempertimbangkan aktivitas estrogenic mereka yang lemah, diet isoflavone pasti memiliki beberapa aktivitas biologis pada bayi.

KEDELAI UNTUK AWET MUDA DAN PANJANG UMUR
Beberapa hasi penelitian kedelai cukup kaya dengan berbagai zat gizi, kedelai mengandung banyak zat “LEZITIN” yang meremajakan kembali tubuh kita. Protein yang terkandung dalam kedelai terdiri dari unit-unit sederhana yang di sebut asam amino. Beberapa asam amino ini berfungsi untuk menunjang pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh.
Mengapa lesitin kedelai mengawetkan serta meningkatkan vitalitas ? Memang terdapat beberapa factor yang menjadi penyebab utamanya. Dan hal tersebut berkaitan dengan hasil-hasil penelitian tentang fungsi zat lesitin itu sendiri, yaitu :
1.Bekerja dalam motorik tubuh untuk menciptakan kesegaran dan keremajaan hingga tubuh menjadi fleksibel, kuat dan memiliki daya tahan.
2.Membuat proses metabolisme menjadi lebih baik, meningkatkan kemampuan distribusi asam amino dan meningkatkan daya tahan lignen terhadap kekakuan.
3.Menguatkan daya tahan tulang punggung, tulang bahu dan lutut yang merupakan organ tubuh yang vital dalam kehidupan sehari-hari.
4.Memperkuat kapasitas konsumsi oksigen untuk memungkinkan tubuh bekerja lebih baik dan memiliki energi yang besar. Membantu memperbaiki jaringan otot yang sedang bergenerasi dan menambah kekuatan otot.
5.Menguatkan cadangan pernafasan untuk membantu kapasitas pernafasan tubuh. Membantu mengatur system metabolisme yang normal melalui sirkulasi kelenjar buntu dan saraf.
6.Memperbaiki penyerapan mineral untuk membantu menguatkan tulang dan rangka tubuh dalam mencegah kerapuhan dan kerusakan tulang.
KACANG KEDELAI TURUNKAN KOLESTEROL
Kedelai tidak hanya kaya protein tapi juga isoflavones. Zat inilah yang membantu manusia menurunkan total kolesterol dan mencegah penyakit kanker.
Isoflavones juga mengatur produksi hormone estrogen tubuh. Itulah sebabnya mengapa wanita menopause yang makan kedelai lambat terkena tulang keropos. Mereka juga tidak mengalami sindroma pasca menopause yang hebat, seperti keluar keringat dingin terus-menerus dan perasaan berubah-ubah.

KEDELAI BISA SEMBUHKAN DIABETES
Zuheid Noor, seorang peneliti dan dosen Fakultas Teknologi Pertanian UGM mengindikasikan senyawa bioaktif anti-tripsin dalam biji kedelai ebagai obat karena komoditi ini mudah di dapat dimana-mana,” kata Zuheid Noor.
Menurut, senyawa anti-tripsin yang di kandung kedelai dapat menghambat metabolisme protein di dalam tubuh menghambat metabolisme protein di dalam tubuh sebagai akibat terbentuknya tripsin anti-tripsin kompleks. Terbentuknya komplek semacam ini dapat memacu pangkreas untuk memproduksi banyak enzim tripsin untuk memenuhi kebutuhan.

SUSU KEDELAI RINGANKAN MENOPOUSE
Kedelai rupanya tak hanya menawarkan makanan yang lezat dan murah, tetapi para ahli gizi sejak lama sudah menempatkan produk-produk yang di olah dari bahan kedelai itu dalam daftar A. Dengan kandungan lemak rendah tetapi tinggi protein nabati.
Bahkan kedelai ini tampaknya juga di sebut kabar gembira bagi wanita. Sebab ini di duga bisa membantu juga mengurangi bercak-bercak panas, salah satu gejala menopause yang mengganggu. Bercak-bercak ini yang di sebabkan pelebaran pembuluh darah terasa ruam-ruam merah kuat di seluruh tubuh.
KEDELAI MUJIKZAT PEMBEBAS BERBAGAI KANKER
Kedelai mengandung zat-zat oksigen yang melindungi sel dari kerusakan akibat molekul oksigen yang tidak stabil dikenal sebagai radikal bebas. Radikal bebas ini di anggap bertanggung jawab dalam memulai berbagai jenis kanker dan juga orang lebih cepat tua. Apabila kolesterol huruf yang di sebut LDL Teoksidasi, kolesterol ini menyulut pembentukan plak. Dan kedelai karena mempunyai anti-oksidan bisa mencegahnya.
Kita tahu, kedelai mengandung Isoflavones salah satunya yang tampaknya menggugah arus darah ke tumor. Menurut para ahli protein kedelai senjata sangat ampuh untuk membinasakan kolesterol zat lemak penyumbat arteri yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke.
Setelah kanker kulit, kanker prostate merupakan kanker yang paling banyak mengakibatkan kematian. Tapi ada anggapan bahwa kedelai bisa melindungi prian dari kanker prostate.


KEDELAI BANTU MELINDUNGI OTAK DARI SERANGAN KANKER
Banyak mengkonsumsi kedelai ternyata dapat membatu mengatasi gangguan Alzeimer (salah satu penyakit otak yang mematikan) yang telah menyerang lebih dari setengah penduduk Amerika usia di atas 85 tahun. Demikian di laporkan kata peneliti Helen Kim, professor dari University of Albama Birmingham, sekaligus pemimpin study tersebut.
Kedelai yang mengandung bahan phytoestrogen dan bisa menurunkan penyakit jantung dan osteoporosis, kemuingkinan membantu melindungi atau melawan Alzeimer. Kelainan fungsi pada protein tersebut juga terdapat pada otak manusia yang terkena Alzeimer dan dapat mengakibatkan struktur skeletal pada sel saraf otak menjadi kolap.
Wanita yang kehilangan estrogen setelah berhenti menopause sangat beresiko terkena Alzeimer, namun laki-laki juga tidak bebas begitu saja dari penyakit mematikan ini.



PROTEIN KEDELAI MENCEGAH KANKER PAYUDARA
Washington, peneliti ini di danai oleh Departemen Pertanian AS, berbagai uji coba terhadap tikus menunjukan protein kedelai dapat membantu mencegah kanker payudara.
Kedelai kaya akan protein isoflavon yang kadang berperan marangsang produksi hormone estrogen dan kadang mencampuri efeknya, sehingga zat anti kanker payudara yang terkenal tamoxijen dapat bekerja.
Sejumlah peneliti independent pada kelompok kecil wanita telah menunjukan, wanita yang meminum susu kedelai memiliki tingkat estrogen yang rendah dalam darah mereka.
Baca selengkapnya - Materi Kesehatan: Manfaat Kacang Kedelai Lainnya

Tips / Cara Menjaga Mata Tetap Sehat Bebas Rabun Jauh, Dekat Dan Katarak Menghindari Penyakit Mata Sat, 21/07/2007 - 5:38pm — godam64

Tips / Cara Menjaga Mata Tetap Sehat Bebas Rabun Jauh, Dekat Dan Katarak Menghindari Penyakit Mata Sat, 21/07/2007 - 5:38pm — godam64: "

imasges images1


Untuk membuat mata anda tetap sehat dan dapat melihat sesuatu dengan jelas dan jernih baik untuk jarak jauh maupun dekat sebaiknya melakukan hal-hal berikut ini : 1. Menonton Televisi Jangan Terlalu Dekat Jarak yang aman untuk menonton televisi kalau tidak salah 2 meter untuk tv ukuran 14 inchi. Untuk layar yang lebih lebar otomatis jaraknya lebih jauh. Nonton layar bioskop pun sebaiknya mengambil kursi yang paling belakang. 2. Bekerja / Bermain Komputer Jangan Terlalu Lama Biasakan memberi waktu dalam beraktivitas di depan layar komputer. Misalnya setiap 15 atau 30 menit sekali beristirahat melihat yang jauh-jauh selama lima sampai sepuluh menit agar mata tidak selalu dalam keadaan tegang karena melihat layar dengan jarak yang sangat dekat. 3. Bermain Video Game Jangan Terlalu Dekat Anak-anak jaman sekarang banyak yang cuek terhadap kesehatan mata. Ini dapat kita lihat dengan banyak yang main ps / playstation atau vido game sejenis lainnya dekat dengan layar tv. Sebaiknya biasakan marahi anak yang bermain game terlalu dekat. Jaraknya mirip dengan poin nomor 1 di atas. 4. Membaca Buku Jarak yang aman membaca buku adalah 30 cm. Bila terlalu dekat dapat membuat mata tegang dan mengakibatkan rabun jauh dalam jangka panjang. Membaca buku juga tidak boleh sambil tiduran. Penerangan pun juga harus cukup misalnya dengan lampu neon yang terang. Dengan demikian kesehatan mata akan tetap terjaga. 5. Hindari Debu Dan Polusi Bagi anda yang sering beraktivitas di jalan raya seperti tukang ojek, polisi, polisi cepek, preman, supir angkot, kurir, dan lain sebagainya sebaiknya menggunakan pelindung mata seperti kacamata dan helm yang berkaca. Hindari debu yang masuk ke mata karena bisa membuat mata jadi infeksi dan membuat mata menjadi katarak. 6. Makan Makanan Bergizi, Berserat dan Bervitamin A Mata butuh asupan zat-zat yang bergizi serta vitamin yang cukup agar dapat menjaga kondisi tetap fit. Biasakan memakan makanan yang berserat dan memiliki kandungan gizi yang cukup. Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen atau mekanan yang mengandung vitamin A eperti wortel, alpukat, tomat, pepaya, dan lain sebagainya. Jagalah kesehatan mata anda agar anda tidak tersiksa karena harus memakai kacamata terus-menerus. Dengan mata yang sehat anda punya banyak peluang untuk tembus tes-tes kesehatan yang mengharuskan mata anda sehat walafiat. Hubungi dokter setiap anda punya masalah dengan mata. Selamat mencoba.


http://askep-askeb-kita.blogspot.com/
Baca selengkapnya - Tips / Cara Menjaga Mata Tetap Sehat Bebas Rabun Jauh, Dekat Dan Katarak Menghindari Penyakit Mata Sat, 21/07/2007 - 5:38pm — godam64

5 Alasan Lari Wajib Dilakukan

5 Alasan Lari Wajib Dilakukan: "

lari-pagi_31


LARI dari masalah hanya akan membuat pikiran stres, sementara masalah tak kunjung usai. Tapi, lari yang satu ini membuat tubuh sehat dan bugar.


Banyak sekali orang malas olahraga, padahal olahraga membuat kita sehat, di samping pola hidup teratur dan makan makanan bergizi. Lari salah satu bentuk olahraga yang dapat membuat tubuh seseorang sehat, tanpa harus mengeluarkan banyak uang.


Seperti dilansir SheKnows, ada lima alasan mengapa kita harus menggiatkan olahraga lari.


Membentuk tubuh jadi indah


Lari adalah salah satu cara terbaik untuk membakar kalori dalam tubuh. Dengan lari, bentuk tubuh menjadi indah. Untuk para wanita, pamerkan keindahan tubuh saat lari dengan baju olahraga cantik. Tak ada salahnya, olahraga sambil mejeng? Namun, jangan sampai lupa minum cukup air sebelum dan sesudah lari. Karena saat lari, tubuh akan banyak mengeluarkan cairan lewat keringat. Menjaga kecukupan cairan dalam tubuh akan membuat otot tetap lentur.


Melancarkan peredaran darah


Lari dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Jika dilakukan secara rutin, lari menjaga jantung dari serangan penyakit, menyembuhkan dan mencegah stres menahun, serta mengatasi masalah kesehatan lainnya. Lari akan sangat efektif jika diawali dengan ritme perlahan, semakin cepat, dan memperlambat kecepatan saat hendak selesai.


Mencegah penuaan


Lari memiliki manfaat luar-dalam bagi tubuh. Selain melatih otot, menguatkan tulang, meningkatkan kerja otak, juga mencegah alzeimer (pikun) dan membuat wajah awet muda. Agar manfaat tersebut dirasakan lebih maksimal, sebelum lari ada baiknya pemanasan terlebih dahulu.


Menghirup udara segar


Dengan lari di luar ruangan, tubuh akan mendapat pasokan udara segar dan bertemu dengan hal-hal dan orang-orang baru sehingga hidup jadi lebih menyenangkan. Kita disibukkan dengan seabrek rutinitas harian hingga membuat pikiran penat. Lari membantu Anda melepaskan semua kepenatan agar hari-hari berikutnya bisa dilewati dengan lebih menyenangkan.


Membuat perasaan lebih baik


Pada saat lari, Anda bisa melihat pemandangan sekitar dan menghirup udara segar yang akan membuat mood lebih baik. Namun perlu diingat, jika Anda merasa kondisi tubuh sedang tidak fit, sebaiknya jangan olahraga lari dahulu. Setidaknya jika tetap ingin lari, lakukan sebentar saja


http://askep-askeb-kita.blogspot.com/
Baca selengkapnya - 5 Alasan Lari Wajib Dilakukan

Jahe Meredakan Morning Sickness

Kata Pengantar
Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahNya kepada kita semua sampai saat ini.
Salawat dan salam tak lupa kita hadiahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita ke zaman bertoknologi seperti ini.
Terima kasih penulis ucapkan kepada semua yang telah memberikan bimbingan dan dukungan kepada penulis sehingga dapat mnyelesaikan tugas Asuhan Kebidanan I yang berjudul ‘Jahe Dapat Meredakan Morning Sicness’.
Dan terutama kepada keluarga dan teman-teman yang telah membantu dalam memberikan saran dan kritik. Wassalam.
Padang, 2009
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Morning sickness adalah gejala umum yang terjadi pada ibu hamil pada TM I. Hal ini tentu mengkhawatirkan sebagian besar para ibu dan keluarga karena ibu menjadi sering tidak enak badan dan mengganggu aktifitas ibu apalagi disertai dengan mual dan muntah yang menyebabkan makanan yang sudah dimakan dikeluarkan kembali.
Banyak cara dilakukan untuk meredakan gejala ini. Dipercaya “jahe”menjadi salah satu alternative yang dapat meredakannya, setidaknya meminimalisasi gangguan tersebut. Aroma khas dan rasanya yang hangat mempunyai cara tersendiri untuk mengurangi gajala tersebut. Namun sampai saat ini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahi apa yang terkandung dalam jahe ini.
1.2 Permasalahan
Seperti yang kita ketahui bahwa selama ini morning sickness diredakan dengan mengkonsumsi placebo atau obat inaktif seperti vitamin B 6. Namun bahan-bahan ini dilaporkan adanya efek samping seperti sakit kepala, diare, rasa mengantuk. Apakah jahe juga akan menjadi salah satu bahan aman yang dapat dipakai untuk meredakan gejala ini.
1.3 Tujuan
Penulis membuat makalah ini bertujuan untuk:
  1. Menyelesaikan tugas komputer
  2. Mengetahui isu terkini mengenai kehamilan
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pembahasan tentang Jahe
Jahe sudah tak asing lagi terdengar bagi sebagian orang karena merupakan salah satu bahan rempah-rempah yang mempunyai multifungsi antara lain sebagai bumbu masak, penghangat badan, bahkan sampai pereda mual dan muntah bagi ibu hamil muda yang lebih dikenal sebagai morning sickness.
Jahe atau Zingiber officinale-rose merupakan anggota famili Zingiberacea. Di Sumatera dikenal dengan nama halia, beuing, bahing, pege, sipode, lahia, jahi. Di Jawa disebut jahe, jhai, jae,. Sementara di Nusa Tenggara disebut jahya, lahya, reja, jae. Di Kalimantan dikenal dengan halia, pedas, pemedas. Untuk di Sulawesi dengan luya, liya, melito, laia. Dan di Maluku disebut saya, pusu, siwei, dan goraka.
Bagian yang banyak dimanfaatkan serta paling bermanfaat dari tanaman ini adalah rimpannya karena mengandung minyak asiri 2-3 % (terdiri dari zingiberin , kemfari, limonen, borneol, sineol, zingiberol, ginggerol, dan shogaol). Minnyak dammar yang mengandung zingeron, pati, dammar, asam-asam organic, asam malat, asam oksalat, dan ginggerin. Rimpanng jahe mempunyai aktifitas sebagai anti peradangan.
Jahe banyak dibuat oleh masyarakat sebagai wedang atau bajigur yang bila diminum dapat menghangatkan serta menyehatkan badan. Dan dapat pula digunakan untuk mengobati sinusitis, penyakit kulit, batuk, gatal-gatal,obat kuat, bahkan untuk perut kembung dan dapat mengatasi mual seperti yang dialami ibu yang tengah hamil muda pada TM I yang pada umumnya sangat mengganggu aktifitas keseharian ibu.
Menurut sebuah ulasan oleh jurnal Obsteri dan Ginekologi, jahe dapat membantu para wanita hamil, ditemukan bahwa jahe berfungsi lebih baik daripada placebo dan vitamin B6, yang selama ini menunjuka fungsinya dalam mengurangi mual dan muntah pad beberapa wanita hamil.
Wanita hamil yang mengkonsumsi jahe tidak mengalami gangguan dalam kehamilannya. “Jahe dapat menjadi terapi yang efektif uuntuk mengatasi rasa mual dan muntah dalam kehamilan,” kata dr. Francesca Borelli dari Univercity of Naples Frederico di Italia. Namun perlu ditekankan bahwa data ini masih bersifat awal, dan masih dibutuhkan beberapa penelitian lebih lanjut untuk dikonfirmasikan bahwa jahe benar-benar aman bagi wanita hamil.
Dalam empat penelitian yang melibatkan 264 wanita, jahe selalu mengungguli placebo dalam mengatasi rasa mual dan muntah, bahkan pada wanita yang mengalami morning sickness yang berat yang disebut Hyperemesis gravidarum. Para partisipan secara acak diberikan kapsul yang mengandung 350 mg jahe, atau vitamin B6 sebanyak 3x sehari selama 3 minggu. Ditemukan bahwa jahe sama efektifnya dengan vitamin B6 dalam mengatasi rasa mual dan muntah. Gejala morning sickness dapat diatasi pada lebih dari separuh jumlah wanita dalm setiap kelompok tersebut. Beberapa penelitian melaporkan adnya efek samping seperti sakit kepala, diare, dan rasa mengantuk. Namun, tidak terdapat perbedaan mengenai hasil kehamilan antara wanita yang mengonsumsi placebo, vitamin B6, ataupun jahe. . Namun penggunaan jahe ini tidak boleh terlalu banyak karena dapat merangsang rahim.
2.2 Pembahasan tentang Morning Sickness
Mual (nausea) dan muntah (emesis gravidarum) adalah gejala yang wajar dan sering kedapatan pada ibu hamil TM I. Mual biasanya terjadi pada pagi hari (morning sickness) tetapi dapat pula timbul pada malam hari. Gejala ini kurang lebih terjadi 6 minggu setelah HPHT dan berlangsung selama kurang lebih 10 minggu. Mual dan muntah terjadi pada 60-80 % primi gravida dan 40-60 % pada multigravida.
Perasaan mual ini disebabkan oleh karena peningkatan kadar hormone esterogen dan HCG dalam serum. Pengaruh fisiolgis keneikan hormone ini belum jelas, mengkin karena system saraf pusat atau pengosongan lambung yang berkurang. Perubahan–perubahan anatomic pada otak, jantung hati, dan susunan saraf disebabkan oleh kekurangan vitamin- vitamin khususnya vitamin B6 serta zat-zat lain akibat inanisi.
2.2.1 Gejala yang ditimbulkan
Gejala yang ditunjukkan sama halnya seperti pada Hyperemesisi gravidarum tingkat I karena batasan antara mual yang masih bersifat fisiologis seperti morning sicknss dengan hyperemesis gravidarum tidak ada hanya tergantung dari pengaruhnya terhadap keadaan umum ibu yaitu muntah khususnya pagi hari, ibu merasa lemah, nafsu makan tidak ada, berat badan menurun, dan ras nyeri pada epigastrium. Nadi meningkat sekitar 100 per menit, tekanan turgor, tekanan darah sistolik menurun, turgor kulit mengurang, lidah mongering, dan mata cekung.
2.2.2 Penanganan
Sama halnya dengan penanganan pada hyperemesis ringan yaitu dengan:
  1. Memberikan informasi dam edukasi tentang kehamilan kepada ibu hamil dengan maksud menghilangkan factor psiki rasa takut. Juga tentang diet ibu hamil, makan jangan sekaligus banyak, tetapi dalam porsi sedikit – sedikit namun sering, jangan tiba-tiba berdiri karena akan terasa oyong, mual, dan muntah. Defekasi hendaknya diusahakan teratur.
  2. Terapi obat, menggunakan sedative (Luminal, Stesoloid); vitamin B1 dan B6; anti muntah (Mediamer B6, Drammamin, Avopreg, Avomin, Torecan); antasida dan anti mulas.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Jahe dipercaya selain untuk bahan masak dapat pula digunakan sebagai pereda morning sickness. Bahan yang dikandung oleh jahe diperkirakan sama dengan yang dikandung oleh placebo dan vitamin B6.
Salah satu penyebab morning sickness adalah kekurangan vitamin B6 selain dari peningkatan kada esterogen dan HCG, oleh karena itu jahe pun dapat dijadikan sebagai salah satu dari alternative untuk meredakan gejala- gejal morning sickness seperti mual, muntah, 6 L, kurang nafsu makan, berat badan turun, dan lain-lain.
3.2 Kritik dan Saran
Semoga pembuatan makalah ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca sehingga memberikan setidaknya sedikit pengetahuan yang dapat menjadi inspirasi bagi ibu-ibu hamil mengenai kehamilannya khususnya untuk meredakan gejala yang sering dialami pada TM I yaitu morning sickness.
Sebelumnya penulis meminta maaf apabila ada kata-kata dalam pembuatan makalah ini yang kurang berkenan. Dan apabila ada kritik dan saran di dalam makalah ini, penulis akan menerima kritik dan saran yang membangun guna memacu semangat penulis untuk memperbaiki kesalahan dan berusaha untuk lebih baik lagi di masa yang akan datang. Sebelum dan sesudahnya penulis menggucapkan terima kasih.
Wassalam wr.wb.
DAFTAR PUSTAKA
www.askep-askeb-kita.blogspot.com
Baca selengkapnya - Jahe Meredakan Morning Sickness

Pola Hidup Sehat Cegah Kanker

Pola Hidup Sehat Cegah Kanker: "
Selama ini, penyakit kanker dianggap sebagai salah satu penyebab kematian yang sangat membahayakan, selain penyakit jantung. Namun, berbagai penelitian masih belum mampu menemukan obat yang benar-benar manjur untuk penyakit tersebut. Karena itu, tak salah jika ada yang mengatakan, cara terbaik adalah dengan mencegahnya.

Mencegah dengan cara apa? Hal yang paling sering dianjurkan adalah dengan melakukan pola hidup sehat. Dan, ternyata memang hal ini terbukti. Setidaknya oleh penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Preventive Medicine Research Institute di Sausalito, California, Amerika Serikat (AS). Pola hidup sehat para relawan yang diteliti terbukti mampu mengubah gen mereka sehingga efektif untuk mencegah penyakit kanker.


Ilmuwan yang dipimpin Dr Dean Ornish dalam laporannya di Proceedings of the National Academy of Sciences mengungkapkan, terjadi sekitar 500 perubahan gen pada orang yang mempunyai pola hidup sehat. Perubahan itu termasuk 48 gen yang hidup dan 453 gen yang mati. Gen yang hidup adalah gen yang dapat mencegah penyakit. Sementara gen yang mati merupakan gen pemicu penyakit, termasuk penyakit kanker payudara dan kanker prostate.


Dalam penelitian ini, para ilmuwan tersebut melakukan penelitian terhadap 30 pria. Mereka mendapat perlakukan pola hidup sehat yang berbeda dari kesehariannya. Selama tiga bulan, para pria itu hanya memakan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Mereka juga melakukan berbagai aktivitas olahraga tingkat menengah seperti jalan kaki selama setengah jam per hari. Sebagai penyempurna, para pria itu diminta melakukan satu jam relaksasi seperti meditasi.


Hasilnya, para pria itu mengalami penurunan berat badan ke tingkat yang ideal, penurunan tekanan darah, serta menunjukkan tanda-tanda tubuh sehat lainnya. Dr Dean menegaskan bahwa temuannya adalah bukti nyata bahwa penyakit kanker memang berhubungan dengan gen dan hal itu berhubungan dengan pola hidup sehat.


Jadi, sudah seberapa sehatkah pola hidup Anda?


http://askep-askeb-kita.blogspot.com/
Baca selengkapnya - Pola Hidup Sehat Cegah Kanker

Air Susu Ibu cegah Infeksi Neonatus

Air Susu Ibu cegah Infeksi Neonatus: "

Berdasarkan laporan WHO tahun 2000, hanya15% bayi diberi ASI eksklusif selama 4 bulan, dan pemberian makanan pendamping ASI seringkali tidak sesuai dan tidak aman.

Sejak tahun 1982 literatur medis telah mendata bahwa air susu tiap mamalia termasuk manusia punya daya proteksi terhadap turunannya karena mengandung antibodi terhadap berbagai antigen. Bayi yang tidak pernah mendapat ASI dua kali lebih sering masuk rumah sakit dibanding yang dapat ASI. Banyak penelitian memperlihatkan ASI mengandung antibodi terhadap berbagai bakteri, virus, dan protozoa.


Faktor Protektif ASI


Sistem imunologi neonatus belum terbentuk sempurna, hingga pemberian ASI memegang peranan penting untuk mencegah infeksi. Immunoglobulin utama dalam ASI adalah IgA sebagai respon dari limfosit usus hingga mencerminkan antigen enterik dan respiratorik ibu.


Air susu ibu juga mengandung faktor non imunologik, ,yang berperan sebagai faktor protektif serta menunjang pertumbuhan dan pematangan sistem imun dan metabolik. ASI juga mengandung berbagai komponen anti inflamasi, hormon (insulin, tiroksin, dan faktor pertumbuhan saraf) yang tak terdapat dalam susu formula.


Berbagai penelitian epidemiologik menunjukkan ASI pada bayi punya keuntungan terhadap kesehatan pada umumnya, pertumbuhan, perkembangan, dan pengurangan risiko terkena penyakit akut dan kronik. ASI mengurangi kejadian dan atau beratnya diare, infeksi paru bagian bawah, otitis media, sepsis, meningitis bakterialis, botulismus, infeksi saluran urogenitalis, dan enterokolitis nekrotikans. Seperti dilaporkan, hampir 90% kematian balita terjadi di negara berkembang dan lebih dari 40% kematian disebabkan diare dan ISPA, penyakit yang dapat dicegah dengan pemberian ASI eksklusif.



Zat protektif ASI


Komponen Selular


Sel dalam ASI misalnya makrofag, limfosit, neutrofil, dan sel epitel, berjumlah sekitar 4000/mm3. Jumlah ini akan cepat menurun setelah 2-3 bulan. Leukosit ASI terutama terdiri dari makrofag (90%) dibandingkan dengan neutrofil dan limfosit


Makrofag


Makrofag adalah sel fagosit besar yang mengandung lisosom, mitokondria, pinosom, dan aparat Golgi. Fungsi makrofag adalah memfagositosis mikroorganisme bakteri dan jamur, membuat C3 dan C4, lisosom, dan laktoferin, membantu pelepasan IgA intraselular ke jaringan, membentuk sel raksasa, meningkatkan aktivitas limfosit, membantu pengangkutan dan penyimpanan imunoglobulin, dan berpartisipasi dalam pembentukan laktoperidase; suatu faktor pertumbuhan sel epitel usus dan maturasi enzim dalam brush border usus


Leukosit polimorfonuklear (PMN)


Kolostrum (hari 1-4 postpartum) mengandung 5 juta leukosit/mm3 dan 40-60% diantaranya adalah PMN yang makin menurun seiring maturnya ASI. Fungsi PMN terutama proteksi jaringan kelenjar mama dan bukan untuk proteksi neonatus.


Limfosit


Limfosit T dan B merupakan bagian sistem imun ASI yang terdapat dalam kolostrum dan ASI matur. Fungsi limfosit antara lain Mensintesis IgA, merespon mitogen dengan cara berproliferasi, meningkatkan interaksi makrofag-limfosit, dan melepaskan mediator-mediator,


Di dalam ASI, sel B termasuk sel yang mengandung IgA, IgG, dan IgM Surface immunoglobulin. Orga dan Orga dalam penelitiannya melaporkan limfosit ASI akan berespon terhadap antigen rubela, sitomegalovirus, dan mumps. Kolostrum ibu juga berespon terhadap E.coli.


Komponen humoral


Komposisi imunoglobulin dalam ASI berbeda degan serum. ASI mengandung IgA jauh lebih tinggi daripada serum. IgA dan IgG dalam ASI sebagian berasal dari IgA dan IgG serum, sebagian lagi dari kelenjar payudara.


Imunoglobulin A dalam ASI terutama IgA sekretori yang stabil dalam pH rendah dan tahan terhadap enzim proteolitik. Fungsi sIgA ini adalah memproteksi mukosa usus terhadap virus dan bakteri, dan tetap ditemukan dalam ASI setelah satu tahun. Selain itu, faktor antibakterial dalam kolostrum dan ASI sama antara wanita dengan gizi baik maupun buruk.


Komponen non imunoglobulin


Faktor bifidus


Telah diketahui bahwa usus bayi mengandung laktobasilus bifidus yang merupakan bakteri baik usus, juga mengandung faktor bifidus yang menunjang pertumbuhan kuman baik ini yang tak ada dalam susu sapi.



Antistaphylococcal factor


Pada percobaan binatang dengan tikus yang diberi infeksi Staphylococcus dibuktikan ASI mengandung substansi yang dapat mencegah bayi dari infeksi Staphylococcus.



Lisozim


Lisozim adalah enzim yang memiliki sifat bakteriolitik, berada dalam konsentrasi tinggi dalam ASI tapi sangat rendah dalam susu sapi.Enzim ini bersifat bakteriolitik terhadap enterobaktericeae dan bakteri gram positif.


Nukleotid


Nukleotid adalah senyawa yang berasal dari hidrolisis asam nukleat. Nukleotid bekerja sebagai pertahanan terhadap berbagai bakteri, virus, dan parasit. Carver pada penelitiannya membuktikan bahwa aktivitas sel NK dan produksi IL 2 lebih tinggi pada bayi usia 2-4 bulan yang diberi ASI dan susu formula ditambahkan nukleotid dibandingkan formula tanpa tambahan nukleotid


Laktoferin


Laktoferin adalah protein yang dapat mengikat zat besi, mirip dengan transferin dalam serum. Laktoferin bersifat bakteriostatik terhadap berbagai bakteri gram positif, bakteri gram negatif baik aerob maupun anaerob , dan jamur, kecuali Helicobakcter pylori dan spesies Neisseria, Treponema, dan Shigella.


Laktoferin mengikat zat besi hingga bakteri tidak memperoleh zat besi untuk pertumbuhannya. Afinitas terhadap zat besi adalah 300 kali transferin. Laktoferin juga meningkatkan pelepasan sitokinin dari sel dan menekan pelepasan IL1, IL2 dan TNF alpha.


Interferon


Secara in vitro, diketahui interferon diproduksi oleh sel T dalam ASI. Fungsinya memang belum diketahui pasti, tapi interferon dapat meningkatkan fungsi makrofag dan menekan produksi IgE dan IL-10.


Komplemen


ASI mengandung komponen C3 dan C4 walau dalam jumlah sedikit. C3 teraktivasi oleh IgA dan IgE yang diketahui dapat merusak bakteri yang terikat pada antibodi spesifik.


Protein pengikat vitamin B12


ASI mengandung sejenis protein bermolekul besar yang mengikat vitamin B12. Secara tak langsung, protein ini menghambat pertumbuhan E.coli yang memerlukan vitamin B12.


Gangliosid


Gangliosid adalah glikolipid yang terdapat dalam plasma sel membran terutama di substansi kelabu otak. Gangliosid memblokir aktivitas enterotoksin E.coli dan Vibrio cholerae dan Campylobacter jejuni di usus dengan cara mengikat toksin dan membentuk kompleks stabil yang mencegah toksin terikat pada sel usus.


Interleukin


Interleukin berefek terhadap aktifasi dan diferensiasi limfosit, serta terhadap produksi berbagai sel lainnya.


Sitokin


Sitokin adalah salah satu substansi yang banyak diteliti akhir-akhir ini. Meski sudah lama diduga keberadaannya dan perannya terhadap imunologi serta proteksi ASI.


Simpulan


Bayi mendapat perlindungan dari ibu sejak kandungan. Saat janin, plasenta yang mengambil peran ini, tetapi setelah lahir ASI sudah siap menggantikannya. ASI mengandung banyak zat protektif berupa komponen selular, imunoglobulin dan non imunoglobulin yang memberikan proteksi terhadap bakteri, virus, jamur, dan protozoa. Sudah seharusnya semua bayi baru lahir diberikan ASI.



Referensi



  1. WHO 2000. Dalam: Kramer MS, Kakuma R, penyunting. The Optimal Duration of Exclusive Breast feeding a systematic Review. WHO/HHD/01.08

  2. Hanson LA. The Mammary Gland as an immunological organ. Immunol Today 1982; 3: 168

  3. Hamosh M. Bioactive Factors In Human Milk. Mammary Gland Biol Lactation Newslett. 2001; 48:69-86

  4. Aarifen S, Black RE, Antelman G, et al. Exclusive Breast feeding Reducves Acute Respiratory Infection and Diarhea Deaths among infants in Dhaka Slums. Pediatrics 2001; 108-67.

  5. Heine W, Braun OH, Mohr C. Enhancement of LysozymTrypsin mediated decay of intestinal bifidobacteria and lactolbacilli. J. Pediatr Gastroenterol Nutr 1995; 21: 54


sumber:


http://www.anakku.net

http://askep-askeb-kita.blogspot.com/
Baca selengkapnya - Air Susu Ibu cegah Infeksi Neonatus

Jantung Sehat karena Makan Cokelat?

Jantung Sehat karena Makan Cokelat?: "



Foto: Live Science

ITALIA - Sebentuk kecil cokelat murni dikabarkan bisa melindungi jantung dari peradangan dan penyakit jantungan lanjutan. Kabar baik bagi pencinta cokelat itu disampaikan melalui sebuah penelitian yang dilakukan beberapa peneliti Italia.


Namun kabar baik tersebut perlu ditelaah lebih lanjut, karena bila berlebihan mengonsumsi cokelat malah bukan manfaat yang didapat. Idealnya setiap hari konsumsi cokelat hanya sebanyak 6,7 gram atau sekitar 0,23 ons, berdasarkan hasil yang ditetapkan dari penelitian yang dilakukan Moli-sani Project, salah satu penelitian tentang kesehatan terbesar yang pernah ada di Eropa.


Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nutrition ini dilakukan dengan membandingkan kedua jenis cokelat, yaitu cokelat susu dan cokelat murni dari merek Hershey.


Hubungan baik antara mengonsumsi cokelat murni atau dark chocolate dengan kesehatan manusia ditentukan dari kandungan protein dalam darah dan termasuk dalam 4.849 hal yang bagus untuk kesehatan dan bebas faktor-faktor risiko. Faktor risiko yang dimaksud seperti kolesterol tinggi atau tekanan darah tinggi.


“Penelitian dimulai dari hipotesa bahwa kadar antioksidan yang tinggi dalam biji kokoa seperti flavonoid dan jenis lain polifenol, kemungkinan berefek bagus untuk seseorang yang mengalami peradangan,” papar pemimpin penelitian Romina di Giuseppe, seperti yang dikutip Live Science, Rabu (24/9/2008).


“Hasil dari penelitian ini meyakinkan bahwa mengonsumsi cokelat murni dengan kadar normal berefek signifikan mengurangi risiko peradangan dalam darah,” tambahnya.


Hasil penelitian ini mendukung hasil sebelumnya yang sudah memberi lampu hijau untuk mengonsumsi cokelat, walaupun para dokter mewanti-wanti terhadap hal itu. Penelitian lain juga mengabarkan bahwa kombinasi pengonsumsian cokelat dan olahraga teratur dapat melawan berbagai penyebab kematian tak wajar.


Sebenarnya bukan cokelat itu yang membahayakan, namun bagaimana seseorang mengonsumsinya secara wajar dan tak berlebihan. Dari berbagai penelitian yang telah dilakukakan tak ada garansi pasti untuk bisa panjang umur.


“Untuk mendapatkan efek baik dari cokelat adalah dengan mengonsumsinya tak lebih dari 6,7 gram per hari, dengan asumsi seseorang mengonsumsi sepotong kecil cokelat murni sebanyak dua atau tiga kali sepekan. Di luar batas ini, cokelat malah menjadi bumerang untuk tubuh,” jelas Giuseppe.


Penelitian ini disambut baik pula oleh kepala Laboratory of Genetic and Environmental Epidemiology dari Catholic University of Campobasso yang juga bertanggung jawab dalam setiap penelitian yang dilakukan Moli-sani Project. Sebagai informasi, Moli-sani Project merupakan bagian dari Pfizer Foundation.

http://askep-askeb-kita.blogspot.com/
Baca selengkapnya - Jantung Sehat karena Makan Cokelat?

Memelihara Hewan Unik, Berpotensi Sebarkan Penyakit

Memelihara Hewan Unik, Berpotensi Sebarkan Penyakit: "



MEMELIHARA binatang bisa menjadi pembelajaran bagi anak untuk mengungkapkan kasih sayang. Namun, pastikan hewan tersebut tidak terjangkit penyakit.

Kini, binatang unik seperti binatang melata, berbisa, pengerat, hingga binatang liar menjadi favorit anak-anak untuk menjadi hewan peliharaan. Hal tersebut memang sah-sah saja, tapi sebaiknya jangan abaikan kondisi kesehatan mereka yang takutnya malah menularkan penyakit ke anak Anda. Sebuah penelitian di Washington menunjukkan adanya indikasi binatang- binatang peliharaan seperti kadal, hamster, landak dan aneka binatang unik lainnya memiliki risiko kesehatan yang buruk terhadap anak-anak dan orangtua.


Hasil penelitian tersebut menyatakan, sebaiknya teliti dulu kondisi kesehatannya. Beberapa kura-kura diduga dapat menularkan sejumlah penyakit seperti rabies dan salmonella. Hewan lain yang patut diwaspadai adalah iguana dan monyet yang dapat menyebabkan infeksi atau alergi akibat gigitan dan cakarannya.


Umumnya, tubuh anak-anak memang mudah tertular penyakit. Sebab, jaringan imun yang masih belum sempurna. Sebaiknya, anak di bawah usia lima tahun tidak memelihara binatang yang terbilang unik seperti iguana atau monyet. Disarankan pula, untuk tidak melakukan kontak langsung terhadap hewan yang berada di kebun binatang ataupun tempat umum lainnya.


Penelitian tersebut juga mengambil contoh sejumlah keluarga di Amerika yang memiliki seekor atau lebih binatang peliharaan.


Kepala penelitian Larry Pickering mengatakan bahwa berdasarkan laporan yang diperoleh, terdapat 11 persen dari kasus salmonella yang terjadi pada anak-anak ditularkan oleh kadal, kura-kura, dan hewan reptil lainnya. Selain itu, hamster dapat pula menularkan kuman yang menyebabkan diare, demam, dan kram perut.


“Banyak orangtua yang tidak mengerti akan aneka infeksi yang dapat diderita oleh anak-anak. Karena, mereka tidak mengecek kondisi kesehatan hewan pemeliharaan yang terbilang unik,” ujarnya.


Dokter asal Chicago ini menyatakan, hewan peliharaan yang unik berpotensi menyebabkan kematian. Rata-rata serangan atau gigitan binatang tersebut jauh lebih berbahaya daripada anjing atau kucing. Cakaran maupun goresan yang ditimbulkan mampu membuat risiko negatif lima kali lebih besar pada tubuh anak-anak.


Lebih dari empat juta anak-anak di Amerika Serikat memelihara reptil dan landak sebagai hewan peliharaan. Dan ternyata, setelah dideteksi beberapa anggota keluarga terdapat dua atau lebih jenis bakteri salmonella pada tulang punggung mereka.


Landak dapat menjadi binatang yang berbahaya karena duri pada kulitnya dapat membawa bakteri yang menyebabkan demam dan sejumlah penyakit perut.


Penelitian yang dilakukan Dr Joseph Bocchini ini memperlihatkan penyakit yang berasal dari infeksi tertular kepada anak balita tersebut akibat bakteri salmonella yang tertular dari iguana sebagai hewan peliharaan mereka. Anak tersebut harus mendapat perawatan lebih dari empat minggu di rumah sakit, sebelum akhirnya dapat kembali pulang ke rumahnya.


“Dengan perhatian yang cukup dari orangtua seperti selalu mencuci tangan anakanaknya sesudah memegang hewan peliharaannya maka itu menjadi pencegahan awal terhindar dari penyakit. Namun, sebaiknya, anak-anak setelah berusia lima diperbolehkan memelihara binatang,” ujar Bocchini.


Contoh lainnya seperti yang pernah terjadi di Amerika Serikat pada 2003, saat satu keluarga tertular penyakit cacar monyet setelah mereka memelihara seekor anjing yang terinfeksi kuman tersebut.


Karena itu, jelas Bocchini, sebaiknya hindari memelihara hewan jika salah satu anggota keluarga masih bayi atau belum berusia lima tahun ke atas.

http://askep-askeb-kita.blogspot.com/
Baca selengkapnya - Memelihara Hewan Unik, Berpotensi Sebarkan Penyakit

Stres , Hipertensi dan Terapi Musik

Stres , Hipertensi dan Terapi Musik: "

Banyak penelitian telah diketahui hubungan antara stress dan hipertensi. Seperti misalnya pasien yang mengalami stress kecemasan sebelum dilakukan operasi dapat mengalami peningkatan tekanan darah secara mendadak. Tidak heran pula bila kita pernah mendengar seseorang mengalami serangan jantung maupun stroke pada saat orang tersebut tidak dapat mengontrol emosi negatif , seperti amarah.


Dalam kehidupan sehari-hari , emosi negatif seperti : amarah, cemas dan depresi terkadang, tanpa disadari timbul sedikit demi sedikit dan stimulus emosi negatif ini diterima oleh bagian otak kita , yang disebut sistem Limbik. Sistem Limbik yang terdiri dari Amigdala, Thalamus dan Hipothalamus ini berperanan sangat penting dan berhubungan langsung dengan sistem otonom maupun bagian otak penting lainnya. Karena hubungan langsung sistem Limbik dengan sistem otonom, jadinya bila ada stimulus emosi negatif yang langsung masuk dan diterima oleh sistem Limbik dapat menyebabkan berbagai gangguan seperti : gangguan jantung , hipertensi maupun gangguan saluran cerna. Tidak heran saat seseorang marah , maka jantung akan berdetak lebih cepat dan lebih keras dan tekanan darah dapat meninggi .


Stimulus emosi dari luar ini dapat langsung potong jalur masuk ke sistem Limbik tanpa dikontrol oleh bagian otak yang mengatur fungsi intelektual yang mampu melihat stimulus tadi secara lebih obyektif dan rasional. Hal ini menjelaskan kenapa seseorang yang sedang mengalami emosi kadang perilakunya tidak rasional. Permasalahan lain adalah pada beberapa keadaan seringkali emosi negatif seperti cemas dan depresi timbul secara perlahan tanpa disadari dan individu tersebut baru menyadari saat setelah timbul gejala fisik , seperti misalnya hipertensi. Jadinya dari uraian di atas, jelaslah bahwa pengobatan hipertensi tidak hanya mengandalkan obat-obat dari dokter maupun mengatur diet semata, namun penting pula untuk membuat tubuh kita selalu dalam keadaan rileks dengan memberikan stimulus emosi positif ke otak kita. Berbagai terapi telah diketahui dapat memberikan stimulus positif pada otak kita, seperti misalnya meditasi, yoga , maupun terapi musik. Berbeda dengan Yoga dan meditasi ,terapi musik lebih mudah diaplikasikan tanpa batasan apapun.


Terapi musik telah banyak dibahas pada berbagai literatur medis. Penggunaan terapi musik sendiri sudah dimulai setelah Perang Dunia I, ketika itu para pelaku terapi hanya sekelompok pemusik dan digunakan untuk mengobati para veteran yang memiliki trauma perang baik mental maupun fisik dari perang tersebut. Setelah Perang Dunia II, terapi musik dikembangkan secara intensif pada rumah sakit di Amerika kemudian di daratan Eropa .


Musik merupakan sebuah rangsangan pendengaran yang terorganisir yang terdiri dari melodi, ritme, harmoni, timbre, bentuk dan gaya. Musik memiliki kekuatan untuk mengobati penyakit dan ketidakmampuan yang dialami oleh tiap orang. Ketika musik diaplikasikan menjadi sebuah terapi, musik dapat meningkatkan, memulihkan, dan memelihara kesehatan fisik, mental, emosional, sosial, dan spiritual dari setiap individu. Hal ini dikarenakan, musik memiliki beberapa kelebihan, seperti musik bersifat universal, Nyaman dan menyenangkan, berstruktur. Perlu diingat bahwa banyak dari proses dalam hidup kita berakar dari irama. Sebagai contoh, nafas kita, detak jantung, dan pulsasi semuanya berulang dan berirama.


Intervensi dengan terapi musik dapat mengubah secara efektif ambang otak kita yang dalam keadaan stress menjadi secara fisiologis lebih adaptif. Musik tidak membutuhkan otak untuk berpikir maupun menginterpretasi, tidak pula dibatasi oleh fungsi intelektual maupun pikiran mental. Musik tidak pula memiliki batasan-batasan sehingga begitu mudah diterima organ pendengaran kita dan melalui saraf pendengaran diterima dan diartikan di otak dan musik dapat masuk langsung ke otak emosi kita atau sistem limbik . Musik dapat pula beresonansi dan bersifat naluriah , sehingga musik masuk otak kita tanpa jalur kognitif. Lebih jauh lagi yang terpenting adalah terapi musik tidak membutuhkan panduan fungsi intelektual tinggi untuk berjalan efektif.


Semua jenis musik sebenarnya dapat digunakan sebagai terapi musik. Seperti lagu-lagu relaksasi , lagu popular maupun lagu / musik klasik. Namun anjurannya adalah memilih lagu dengan tempo sekitar 60 ketukan / menit yang bersifat rileks , karena apabila terlalu cepat maka secara tidak sadar stimulus yang masuk akan membuat kita mengikuti irama tersebut , sehingga keadaan istirahat yang optimal tidak tercapai.

Musik klasik seringkali menjadi acuan untuk terapi musik ini. Di antara musik klasik yang sering menjadi acuan adalah : karya Mozart , karena hampir semua karya Mozart memiliki nada-nada dengan frekuensi tinggi, rentang nada begitu luas dan tempo yang dinamis.


Terapi musik dan Hipertensi

Belakangan ini pembelajaran dari neuroimaging menemukan korelasi saraf dari proses dan persepsi akan musik. Rangsangan musik tampak mengaktivasi jalur-jalur spesifik di dalam beberapa area otak, seperti sistem Limbik yang berhubungan dengan perilaku emosional. Dengan mendengarkan musik , sistem Limbik ini teraktivasi dan individu tersebut pun menjadi rileks. Saat keadaan rileks inilah tekanan darah menurun. Jadinya tidak hanya obat Prozac ( antidepresi) saja, yang dapat bekerja di sistem Limbik, namun juga terapi musik. Selain itu pula alunan musik dapat menstimulasi tubuh untuk memproduksi molekul yang disebut nitric oxide (NO). Molekul ini bekerja pada tonus pembuluh darah sehingga dapat mengurangi tekanan darah.


Berbagai penelitian yang dilakukan di India maupun Italia menunjukkan efektivitas terapi musik untuk mengurangi nyeri, kecemasan maupun hipertensi. Pada penelitian di Italia menunjukkan kelompok penderita hipertensi yang sedang minum obat antihipertensi bila diikuti dengan mendengarkan musik klasik 30 menit / hari disertai dengan latihan nafas perut selama satu bulan menunjukkan penurunan tekanan darah yang bermakna dibandingkan dengan kelompok pasien yang hanya mengandalkan obat antihipertensi.

Selain itu pula Penelitian lain pada pasien yang akan menjalani tindakan endoskopi atau peneropongan organ pencernaan , terbukti dengan terapi musik dapat mengurangi kecemasan dan terapi musik dapat membuat pasien lebih rileks dengan hasil akhir memberikan efek positif terhadap detak jantung maupun laju nafas.


Jelaslah pada penderita hipertensi tidak hanya cukup mengandalkan obat dokter maupun diet saja, tidak ada salahnya pula memberi kesempatan tubuh anda untuk rileks dengan mendengarkan lagu-lagu klasik maupun lagu-lagu favorit anda. Biarkan musik mengalun dan memberikan efek emosi positif pada otak anda.


dr. Yuda Turana, SpS

RS Pantai Indah Kapuk

Staf Pengajar Departemen Neurologi FK Atma Jaya

Kepala Pusat Penelitian kesehatan Atma Jaya


http://askep-askeb-kita.blogspot.com/
Baca selengkapnya - Stres , Hipertensi dan Terapi Musik

Khasiat Dan Manfaat Buah-Buahan Alami Bagi Tubuh Manusia - Ilmu Kesehatan Masyarakat

Khasiat Dan Manfaat Buah-Buahan Alami Bagi Tubuh Manusia - Ilmu Kesehatan Masyarakat: "


Buah adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan gizi, vitamin dan mineral yang pada umumnya sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Dibandingkan dengan suplemen obat-obatan kimia yang dijual di toko-toko, buah jauh lebih aman tanpa efek samping yang berbahaya serta dari sisi harga umumnya jauh lebih murah dibanding suplemen yang memiliki fungsi yang sama.


Di bawah ini kita dapat melihat kandungan, khasiat dan manfaat sehat dari beberapa jenis buah yang ada di bumi :


1. BUAH TOMAT (TOMATO)

- tomat mengandung vitamin A, B1 dan C.

- tomat dapat membantu membersihkan hati hati dan darah kita.

- tomat dapat mencegah beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti :

a. gusi berdarah.

b. rabun senja / kotok ayam.

c. penggumpalan darah.

d. usus buntu.

e. kanker prostat dan kanker payudara.


2. BUAH PEPAYA (PAPAYA)

- pepaya mengandung vitamin C dan provitamin A.

- pepaya dapat membantu memecah serat makanan dalam sistem pencernaan.

- pepaya dapat mebuat lancar saluran pencernaan makanan.

- pepaya dapat menanggulangi atau mengobati beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti :

a. menyembuhkan luka.

b. menghilangkan infeksi.

c. menghilangkan alergi


3. BUAH PISANG (BANANA)

- pisang mengandung vitamin A, B1, B2 dan C.

- pisang dapat membantu mengurangi asam lambung.

- pisang bisa membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh.

- pisang dapat menanggulangi atau mengobati beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti :

a. gangguan pada lambung.

b. penyakit jantung dan stroke

c. stress

d. menurunkan kadar koleterol dalam darah.


4. BUAH MANGGA (MANGO)

- mangga mengandung vitamin A, E dan C.

- mangga dapat bertindak sebagai disinfektan.

- mangga dapat membersihkan darah.

- mangga dapat menanggulangi atau mengobati beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti :

a. bau badan / bb / bau tubuh yang tidak enak.

b. menurunkan panas tubuh saat demam.


5. BUAH STRAWBERRY (STRAWBERRY)

- stoberi mengandung provitamin A, vitamin B1, B dan C.

- stobery mengandung antioksidan untuk melawan zat radikal bebas.

- strawbery memiliki kegunaan / fungsi kesehatan lain seperti :

a. mengobati gangguan kesehatan pada kandung kemih.

b. menjadi anti virus

c. menjadi anti kanker


6. BUAH APEL (APPLE)

- apel mengandung vitamin A, B dan C.

- aple dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

- apel mempunyai kegunaan / fungsi kesehatan lain seperti :

a. menjadi zat anti kanker.

b. mengurangi nafsu makan yang terlalu besar.


7. BUAH JERUK (ORANGE)

- jeruk mengandung vitamin A, B1, B2 dan C.

- jeruk mengandung antikanker bagi tubuh.

- jeruk dapat mencegah dan mengobati beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti :

a. mengobati sariawan.

b. menurunkan resiko terkena kardiovaskuler, kanker, dan katarak.


8. BUAH PEAR / PIR (PEAR)

- pear mengandung vitamin C dan provitamin A.

- pear mengandung anti oksidan yang baik untuk menjaga kesehatan.

- pear dapat mencegah beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti :

a. menurunkan demam / panas tubuh.

b. mengencerkan dan menhilangkan dahak pada batuk berdahak.


9. BUAH JAMBU BIJI MERAH / JAMBU MERAH (GUAVA)

- jambu merah mengandung vitamin C yang sangat banyak.

- jambu merah mengandung zat antioxidan dan antikanker.

- jambu merah mempunyai kegunaan / fungsi kesehatan lain seperti :

a. menurunkan kadar kolesterol darah

b. mengobati infeksi.

c. menjaga mengobati sariawan.

d. memperlancar peredaran darah.

e. melancarkan saluran pencernaan.

f. mencegah konstipasi.


10. BUAH SEMANGKA (WATERMELON)

- semangka mengandung vitamin C dan provitamin A.

- semangka dapat menjadi antialergi.

- semangka mempunyai kegunaan / fungsi kesehatan lain seperti :

seperti :

a. menurunkan kadar kolesterol.

b. mencegah dan menahan serangan jantung.


11. BUAH MELON (HONEYDEW)

- melon mengandung vitamin C dan provitamin A.

- melon mengandung zat anti kanker dan anti oksidan.

- melon mempunyai kegunaan / fungsi kesehatan lain seperti :

a. mencegah darah menggumpal.

b. membersihkan kulit.

c. menlancarkan saluran pencernaan.

d. menurunkan kadar kolestrerol.


12. BUAH WORTEL (CARROT)

- wortel kaya akan vitamin A.

- wortel baik untuk menjaga kesehatan mata.

- wortel mempunyai kegunaan / fungsi kesehatan lain seperti :

a. meningkatkan kekebalan dan ketahanan tubuh jasmani.

b. menjaga hati tetap sehat.


13. BUAH BELIMBING (STAR FRUIT)

- belimbing mengandung vitamin C dan provitamin A.

- belimbing dapat membantu memperlancar pencernaan makanan.

- belimbing mempunyai kegunaan / fungsi kesehatan lain seperti :

a. menurunkan tekanan darah.

b. menurunkan kadar / tingkat kolesterol dalam tubuh.


14. BUAH NANAS (PINEAPPLE)

- nanas mengandung vitamin B dan C.

- nanas dapat mencegah terkena serangan jantung dan stroke / struk.

- nenas dapat mengobati beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti :

a. menyembuhkan luka.

b. menyembuhkan infeksi pada saluran pencernaan.


Untuk menjadi sehat alami tanpa bahan kimia makanlah berbagai buah secukupnya setiap hari demi kesehatan badan kita yang sangat berharga.

http://askep-askeb-kita.blogspot.com/
Baca selengkapnya - Khasiat Dan Manfaat Buah-Buahan Alami Bagi Tubuh Manusia - Ilmu Kesehatan Masyarakat

Wortel Dapat Kurangi Resiko Kanker

Wortel Dapat Kurangi Resiko Kanker: "














Wortel (Daucus Carota) merupakan jenis sayuran terpopuler kedua di dunia setelah kentang, selain mempunyai kandungan vitamin A yang tinggi (12.000 Satuan Internasional/SI) wortel juga berkhasiat menyembuhkan beberapa jenis penyakit.
Seperti yang dilansir dari situs BBC News baru-baru ini Dr Kirsten Brandt dan beberapa peneliti dari University of New Castle menemukan adanya senyawa yang bisa menurunkan resiko perkembangan kanker dalam sayuran berwarna oranye itu.

Hasil penelitian mereka yang dipublikasikan dalam the Journal of Agricultural and Food Chemistry edisi 5 Februari 2005 menyebutkan, umbi akar yang tumbuh baik di daerah pegunungan dengan ketinggian sekitar 1.200 di atas permukaan laut itu mengandung komponen pestisida alami yang disebut falcarinol (C17H24O).

Dari penelitian tim Dr Brandt terhadap 24 tikus dengan tumor pra-kanker itu diperoleh kesimpulan bahwa falcarinol dapat mengurangi resiko perkembangan kanker hingga sepertiga dari biasanya.

Kesimpulan itu dibuat karena setelah 18 minggu tikus-tikus yang mengkonsumsi wortel dan suplemen falcarinol dalam pakan mereka perkembangan tumornya sepertiga lebih kecil jika dibandingkan dengan tikus yang hanya mendapatkan pakan biasa.


Falcarinol bukan senyawa kimia yang berbahaya dan dalam jumlah tertentu punya kemampuan merangsang mekanisme tubuh untuk melawan kanker.

Akibat fatal dari mengkonsumsi falcarinol hanya akan terjadi kalau seseorang memakan 400 kilogram wortel sekali makan.


Dr Brandt menjelaskan, penelitian tentang falcarinol dalam wortel dilakukan setelah dipublikasikannya berbagai studi terkini mengenai senyawa tersebut.

Selama ini para peneliti mengetahui bahwa wortel merupakan bahan makanan yang sangat bagus untuk kesehatan dan dapat menurunkan resiko kanker tetapi kita belum tahu unsur mana yang memiliki efek khusus itu.


Ia menyebutkan, setelah mengetahui keberadaan dan pengaruh falcarinol pada perkembangan kanker, para ilmuwan akan melakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui kuantitas falcarinol yang tepat untuk mengurangi resiko perkembangan kanker secara optimal.

Mengingat varietas, bentuk, warna dan ukuran wortel yang beragam kata Dr Brandt, peneliti juga masih harus melakukan penelitian untuk menemukan jenis wortel yang memiliki efek paling baik untuk mengurangi resiko kanker.


Sebentar lagi mungkin tidak ada lagi yang menyarankan orang untuk mengkonsumsi lima porsi buah dan sayur setiap hari, tetapi menyarankannya untuk mengkonsumsi wortel dengan jumlah tertentu.


Namun karena penelitian itu menggunakan wortel mentah, peneliti belum bisa merekomendasikan apakah mengkonsumsi wortel matang dan jus wortel juga akan memberikan efek yang sama.

Dr Brandt hanya menyarankan agar konsumen memakan sebuah wortel kecil bersama aneka sayur dan buah yang lain setiap hari.


Untuk mengurangi resiko kanker dan penyakit serius lainnya dia juga menyarankan agar orang setidaknya mengkonsumsi lima porsi sayur dan buah berbeda setiap hari sebagai bagian dari makanan yang sehat dan berimbang.


Tapi orang seharusnya tidak berfikir bahwa makan wortel sehari dapat meniadakan efek coklat dan burger.

Ke depan katanya penelitian itu diharapkan bisa menjadi jalan bagi penemuan obat anti kanker generasi baru sekaligus memberikan tip pada produsen wortel tentang metode terbaik menanam wortel.


Dr Brandt juga mengatakan bahwa pihaknya akan memperluas spektrum penelitian serupa pada jenis sayuran yang lain.

Pemanfaatan aneka bahan makanan alami dalam pengobatan sudah dilakukan sejak dulu dan tidak sedikit yang berhasil sehingga bapak kedokteran Hippocrates pun mengatakan “biarkan makanan menjadi obat bagimu.”


Info Keluarga Sehat.com

http://askep-askeb-kita.blogspot.com/
Baca selengkapnya - Wortel Dapat Kurangi Resiko Kanker

Keindahan Dalam Tubuh Kita

Keindahan Dalam Tubuh Kita: "

1. Ini adalah image / foto kumpulan sel darah merah kita yg ada dibawah permukaan kulit



2. Foto gumpalan Sel darah merah yg sedang mengalir disepanjang urat menuju liver



3. Ini adalah foto urat saraf yg mengirimkan sinyal dan perintah dari dan ke otak.



4. Permukaan yg seolah nampak jorok ini sebenarnya adalah sebuah image dari gigi yg sehat.Sel-sel dalam lapisan yg berwarna hijau ini gunanya untuk produksi enamel, yg melindungi gigi dari keropos.



5. Apa anda sedang melihat ini adalah seperti potongan karpet atau busa ??

Sebenarnya ini adalah bentuk makanan yg sedang dihancurkan oleh lambung



6. Ini adalah image dari permukaan lidah manusia,yg mengandung indra perasa untuk mengirim informasi ke otak



7. Ini adalah foto atau image dari lapisan dalam lambung pada saat keracunan makanan



8. Kristal-kristal ini seolah2 indah ,tapi ini adalah batu yg menyebabkan sakit

pada saat pipis [atau dikenal dgn istilah dng kencing batu



9. Ini adalah struktur2 urat seperti karet yg ditemukan dalam otak

yang berfungsi untuk melindungi otak terhadap shock dan benturan2 keras

10. Apa anda melihat seolah2 setangkai bunga mawar yg sedang berkembang?

sebenarnya ini adalah bentuk lapisan dalam anus / dubur manusia.

info : forum Sebelah



http://askep-askeb-kita.blogspot.com/
Baca selengkapnya - Keindahan Dalam Tubuh Kita

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...