Waspada Penyakit Pasca Lebaran

Merry Wahyuningsih - detikHealth


img
(Foto: thinkstocks)
Jakarta, Lebaran merupakan momen yang paling dinantikan oleh umat Muslim setelah bulan Ramadhan berakhir. Selain dapat berkumpul dengan keluarga, lebaran juga identik dengan jadwal kegiatan dan makan yang tidak biasa yang bisa memicu sakit.

Saat lebaran, biasanya banyak tersaji makanan dan minuman manis, bersantan dan berlemak. Dengan kondisi seperti ini, berbagai penyakit sudah siap menunggu bila Anda tidak dapat mengontrol pola makan.

"Kalau pola makannya tidak diperhatikan, ada tiga kategori penyakit yang sering menyerang pasca lebaran," tutur Dr. H. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB,FINASIM, dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Penyakit Lambung dan Pencernaan, FKUI-RSCM, saat dihubungi detikHealth, Sabtu (11/9/2010).

Dr Ari menjelaskan, tiga kategori penyakit yang sering terjadi pasca lebaran adalah sebagai berikut:

1. Penyakit kronis yang kambuh
Makanan manis, bersantan dan lemak merupakan musuh bagi banyak orang yang menderita penyakit kronis, seperti hipertensi (tekanan darah tinggi), kolesterol tinggi, diabetes, asam urat bahkan sampai serangan jantung dan stroke.

2. Penyakit karena kelelahan dan kecapekan
Kegiatan mudik dan lebaran biasanya akan membuat orang kurang tidur dan kelelahan. Akibatnya, bila tidak diimbangi dengan pola makan yang sehat, maka penyakit-penyakit seperti ISPA (Inspeksi Saluran Pernapasan Atas), batuk, pilek dan radang tenggorokan.

3. Penyakit karena kurangnya kebersihan makanan

Pada suasana lebaran, biasanya sampah makanan dan lalat ada dimana-mana, bila kondisi ini tidak dapat diatasi dengan benar maka akan sangat mempengaruhi kesehatan, terutama yang berkaitan dengan sistem pencernaan.

Hal lain adalah masalah yang dihadapi oleh masyarakat perkotaan yang biasanya bergantung pada pembantu rumah tangga (PRT). Saat banyak para PRT mudik, orang-orang kota biasanya sulit mencari makanan sehat dan bersih. Dengan kondisi demikian, penyakit-penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan seperti diare akan banyak terjadi.

"Biasanya penyakit-penyakit ini akan mulai menyerang pada minggu-minggu pertama setelah lebaran," tambah dokter sekaligus Ketua Bidang Advokasi PB PAPDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia).

Menurut Dr Ari, penyakit-penyakit tersebut seharusnya bisa dicegah bila orang tetap bisa menerapkan pola hidup sehat dan dan dapat mengontrol makanan yang akan dikonsumsinya.

Berikut beberapa cara pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit-penyakit pasca lebaran:
  1. Istirahat yang cukup. Setelah mudik dan berkumpul dengan keluarga, biasanya banyak orang yang mengalami kurang tidur. Hal ini bisa menurunkan stamina dan sistem kekebalan tubuh, yang akibatnya mudah terserang berbagai penyakit.
  2. Tetap perhatikan kebersihan makanana
  3. Bagi orang yang menderita penyakit kronis, harus tetap patuh mengonsumsi obat dan mengontrol pola makan.
  4. Hindari makanan yang mengandung kolesterol dan lemak tinggi, seperti jeroan, sea food, daging-dagingan dan kue-kue manis.
  5. Tetap konsumsi buah dan sayur untuk membantu menyerap dan mengimbangi kolesterol. Selain itu, juga untuk melancarkan sistem pencernaan
(mer/ir)

Sumber: http://health.detik.com/

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...