Raja Ampat Destinasi Terfavorit Indonesia Tourisme Award 2011

Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Raja Ampat Destinasi Terfavorit Indonesia Tourisme Award 2011
Dec 9th 2011, 15:06

Jum'at, 09 Desember 2011 | 21:01 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Indonesia Tourism Award (ITA 2011) memberi penghargaan pariwisata kepada 25 kota dan kabupaten di Indonesia dalam acara Anugerah Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Awards (ITA) 2011. Penghargaan dari kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama majalah SWA, Kamis lalu, di Grand Studio Metro TV.

Dalam sambutannya, DR. Mari Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengatakan, ini sebuah momen penganugerahan bersejarah, sekaligus pengakuan kehandalan para kepala daerah dan pelaku industri pariwisata di Indonesia.

Menurut Mari, industri pariwisata maupun pemerintah daerah memegang peranan penting dalam pelayanan kepada wisatawan. "Wisman semakin banyak datang ke Indonesia. Wisatawan harus end to end. Dari mereka datang, jalan-jalan, sampai pulang lagi, dia harus sangat happy. Karena itu, industri penunjang pariwisata penting sekali," ungkapnya dalam jumpa pers ITA 2011.

ITA sudah berlangsung sejak 2008 ini bertujuan untuk mendorong para pemimpin daerah (provinsi, kota, dan kabupaten) serta pelaku industri pariwisata agar terus berbenah dan meningkatkan kreativitas dalam memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan domestik (wisnus) dan mancanegara (wisman).

Penghargaan ini didapat dari hasil survey terhadap 1.500 wisatawan (1.350 wisatawan nusantara dan 150 mancanegara). Serta dari kategori industri pendukung juga melibatkan 100 responden dari kalangan profesional dan eksekutif. Di tiap kota, jumlah responden berkisar 60-90 wisatawan.

Kategori survei meliputi kabupaten atau kota terbaik dalam layanan wisata, kota tujuan wisata favorit, obyek wisata favorit, dan industri penunjang pariwisata terbaik. Penunjang pariwisata terbaik ini dibagi 9 sub kategori yaitu, hotel Berbintang (3-5), maskapai penerbangan, biro perjalanan wisata, taksi, restoran, golf, spa dan mal.

Selain itu, juga akan dipilih berdasarkan kompetisi program, yaitu pemerintah provinsi yang paling berkomitmen terhadap pengembangan pariwisata. Para juri terdiri dari professional dan ahli bidang pariwisata di Indonesia, antara lain: Drs. Imam Hudaya, Daniel Surya, Ir Budi Karya Sumadi, Gatot Sumarsono dan Wuryastuti Sunario.

Kabupaten dan kota terpilih dan meraih penghargaan ITA 2011 adalah, Belitung, Batam, Badung (Bali), Bandung, Bogor,Cirebon, Denpasar, Jakarta, Malang, Makassar, Manado, Padang, Palembang, Pekanbaru, Tanah Toraja, Lombok Barat, Raja Ampat, Sawahlunto, Surakarta, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Tangerang Selatan, Samarinda dan Medan.

Metodologi survei dilakukan dengan mengombinasikan dua model analisa, yakni analisa kepuasan dan net promoter score (NPS) untuk penentuan peringkat kota atau kabupaten paling memuaskan dan direkomendasikan.

"Harapannya ke depan, Indonesia yang sangat kaya akan obyek-obyek wisata menarik akan bisa mengungguli negara-negara lain, terutama di kawasan ASEAN, " ungkap Kemal E. Gani, Pemimpin Umum & Pemimpin Redaksi SWA.

EVIETA FADJAR PUSPORINI

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...