Tip Agar Beribadah Haji dengan Nikmat dan Manfaat  

Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tip Agar Beribadah Haji dengan Nikmat dan Manfaat  
Sep 29th 2011, 10:37

foto

Jemaah berdoa di puncak Gunung Noor saat musim haji di Mekah, (9/11). Ibadah haji merupakan pengabdian umat untuk mentaati agama dan kewajiban bagi umat Islam untuk melakukannya. Salem REUTERS / Mohammed

TEMPO Interaktif, Jakarta - Menjelang musim haji tentunya para jemaah haji akan bertemu dengan jutaan jemaah dari seluruh dunia di Mekah dan Madinah. Sebagai warga yang berbeda budaya, ada baiknya memperhatikan adab selama beribadah di Arab Saudi.

1. Jangan membuang sampah sembarangan, merokok dengan bebas dan meludah di tempat publik (termasuk jalan dan trotoar). Setiap desah napas dan gerak Anda adalah ibadah. Menahan diri untuk tidak mengotori tempat juga ibadah.

2. Gunakan masker untuk menutupi hidung dan mulut selama di tempat-tempat keramaian. Ini adalah cara lumayan ampuh untuk mencegah kita ketularan flu. Walaupun ada pepatah, di Arab Saudi hanya tiang dan unta yang tidak kena flu.

3. Jangan mendorong orang lain ketika tawaf, sa'i, ataupun saat melempar jumrah. Allah akan membalas setiap kebaikan Anda sekecil apa pun.

4. Jangan membeli barang bajakan. Hormatilah pencipta aslinya. Anggap saja ini bagian dari ibadah.

5. Jangan duduk dan menghalangi jalan ke masjid. Nabi SAW memakruhkan duduk di tempat seperti ini.

6. Persiapankanlah aktivitas berhaji sejak di dalam negeri, mulai dari spiritual, fisik, dan logistik. Persiapkan pula hal kecil-kecil seperti obat, peniti, gantungan baju, dan lain-lain.

7. Meminta petunjuk dari orang yang pernah berhaji agar mengetahui kemungkinan kesulitan selama di Tanah Suci. Pengalaman adalah guru terbaik.

8 Jangan kehilangan fokus terhadap ibadah. Jangan kalahkan ibadah dengan aktivitas memburu oleh-oleh. Hal-hal remeh-temeh sebaiknya dikembalikan untuk urusan ibadah. Memohon ampun kepada Allah dan meminta berkah-Nya agar menemukan jalan yang lurus sepanjang hidup.

HAJTIPS.COM|DIANING SARI

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...