Tangkis Rasa Nyeri

KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Tangkis Rasa Nyeri
Dec 22nd 2011, 05:00

Nyeri kecil atau keluhan 'aduh' selama latihan adalah biasa. Inilah cara cepat sembuh dari tiga jenis nyeri yang paling umum.

KapanLagi.com -

Nyeri Sesaat

Caranya: Segera hentikan latihan. Tangkis rasa sakit dengan beberapa aksi ekspresif, misalnya: berteriak atau kalau perlu mengumpat. Penelitian membuktikan, aksi ini bisa mengurangi rasa nyeri. Lalu lakukan stretching. Bila hanya karena otot kaku, bisa segera hilang, urai Windee Weiss, Ph.D., dari University of Northern Iowa di Cedar Falls. "Bila stretching membuat otot makin nyeri, itu pertanda kram otot. Anda harus mengubah pola latihan untuk menghilangkan rasa nyeri atau berhenti latihan. Untuk menyembuhkan, taruh es selama 20 menit beberapa kali sehari.

Nyeri atau Kram di Awal Latihan

Caranya: Tetaplah berlatih selama 2-3 menit, bisa jadi rasa nyeri akan hilang. Saat melenturkan tubuh di awal latihan, rasa nyeri memang sering terjadi. Bila nyerinya masih terasa lebih dari lima menit, berhentilah dan istirahatkan persendian atau otot hingga Anda tak merasa nyeri lagi saat berlatih, ujar Maria Urso, Ph.D., peneliti dari US Army Research Institute of Environtmental Medicine di Natick, Massachussets, AS. Untuk menghindari kram, lakukan pemanasan selama 10 menit. Bila rasa nyeri sudah menyerang sejak awal latihan dan tetap sakit selama 2 minggu, segera ke dokter.

Nyeri Luar Biasa di Akhir Latihan

Caranya: Nyeri timbul saat tubuh mengeluarkan lactic acid dan carbon monoxide yang terbentuk sewaktu latihan, padahal saat itu Anda mengalami kelelahan fisik. "Bila latihan Anda sudah sampai pada taraf maksimum, berhentilah," kata Weiss. Lain kali, minumlah secangkir kopi sebelum latihan atau bertanding lebih bisa mengendalikan sakit dibanding yang meminum placebo (sugesti obat). Kafein bisa menghalau adenosine, zat kimia di dalam otak yang bisa memproses rasa sakit. (fitness/wsw)

Source: Fitness Magazine, Edisi November 2011, Halaman 79

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...