Makin Banyak Sarapan, Makin Banyak Kalori

KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Makin Banyak Sarapan, Makin Banyak Kalori
Sep 29th 2011, 00:00

Sarapan memang penting, tetapi jika kebanyakan, maka dalam waktu satu hari, asupan kalori Anda akan semakin meningkat.

KapanLagi.com - Seperti yang sudah sering kita dengar, sarapan adalah menu yang penting untuk menunjang berbagai aktivitas selama satu hari penuh. Dengan menu yang pas, maka sarapan akan menjadi penopang energi dan nutrisi. Tetapi segala yang berlebihan tidak pernah baik, demikian halnya dengan sarapan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Journal seperti dilansir Readers Digest menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi sarapan dalam jumlah yang besar memiliki kemungkinan untuk mengonsumsi lebih banyak kalori per hari dibandingkan orang-orang yang menyantap menu sarapan dalam porsi kecil atau melewatkannya.

Penelitian tersebut dilakukan pada Else-Kröner-Fresenius Center of Nutritional Medicine, Munich menanyakan pada 380 penderita obesitas dan pemilik berat badan normal untuk membuat jurnal tentang segala sesuatu yang mereka makan. Ternyata, seberapa banyak mereka mengonsumsi sejumlah kalori saat sarapan, sebanyak itu pula yang akan mereka makan pada saat makan siang dan makan malam. Yang berarti bahwa mereka yang menikmati sarapan dalam menu yang tinggi kalori akan mengonsumsi lebih banyak kalori per hari dibandingkan mereka yang menikmati sarapan dalam jumlah kalori yang lebih sedikit.

Makan sarapan dalam porsi besar memang dapat mengurangi kemungkinan seseorang untuk menikmati snack pada waktu antara pagi dan siang hari. Tetapi kurangnya asupan kalori yang didapat dari snack tidak cukup besar untuk mengimbangi kalori yang dikonsumsi sebelumnya (pada saat sarapan). Dengan banyaknya jumlah kalori yang diterima tubuh saat sarapan, sekaligus jumlah yang sama pada makan siang dan makan malam, otomatis akan membuat tumpukan kalori pada tubuh yang dapat mengakibatkan kegemukan, bahkan obesitas.

Sekalipun jumlah sarapan memengaruhi jumlah kalori perhari, tak ada alasan untuk melewatkan sarapan agar terhindar dari kegemukan. Para ahli gizi dalam penelitian tersebut menyarankan agar sarapan tetap menjadi menu wajib dan tidak dilewatkan. Hanya saja yang harus diperhatikan adalah menunya. Hindari telur, sosis, dan makanan yang dibuat atau diolah dengan mentega. Perbanyak porsi buah, yogurt, dan biji-bijian gandum sebagai menu sarapan Anda. Tetap bijak dalam pemilihan menu! Selamat menikmati sarapan sehat setiap hari! (wo/wsw)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...