Semua Pasti Bisa II

KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Semua Pasti Bisa II
Oct 17th 2011, 08:04

KapanLagi.com - Bila Anda sudah bisa girly push-up dengan benar, ayo coba tantangan baru pull-up. "Gerakan pull-up sangat menantang bagi pria maupun wanita. Latihan ini banyak menggunakan telapak tangan dan lengan bagian bawah Anda, dibanding dengan otot lengan atas," kata Sue Fleming ahli dari Gold's Gym Fitness Institute dan pencipta seri DVD Buff Fitness. Selesaikan langkah di bawah ini dua atau tiga kali seminggu hingga terasa mudah. Lalu boleh tingkatkan saat latihan berikutnya. Mengasyikan! Ini caranya:

1. Semi-hang. Cukup menggantungkan lengan Anda lurus dari tiang pull-up dengan jarak tangan selebar bahu, telapak tangan menghadap ke depan dan kaki di atas lantai. Usahakan bisa bertahan 30 detik lalu istirahat 60-90 detik. Lakukan 3 kali.

2. Flexed-armed hang. Berdiri di atas bangku hingga dagu tepat berada di atas tiang pull-up dengan tangan menghadap ke depan, jarak tangan lebih lebar dari bahu, tekuk siku. Lepas pijakan bangku, tahan hingga 30 detik, istirahat 60-90 detik. Lakukan 3 kali. Mudahnya: genggam tiang pull-up, dagu naik, ambil jarak tangan dengan posisi telapak tangan ke depan.

3. Negative pull up. Awali posisi start yang sama dengan posisi kedua, lepaskan pijakan bangku dan perlahan turunkan badan hingga hitungan keenam sampai posisi tangan lurus. Lalu pijak lagi bangku: ulangi. Lakukan hingga 6 kali.

4. Baby pull-up. Sama dengan posisi kedua, kali ini lepaskan pijakan bangku dan turunkan dagu 3cm dari tiang pull-up, lalu naik ke atas. Ulangi sekali lagi, lalu kembali pijak bangku untuk istirahat. Ulangi 4 kali.

5. Assisted pull-up. Berdiri di atas lantai, minta bantuan teman sampai Anda dapat memegang tiang pull-up di posisi awal lalu tingkatkan tarikan setiap naik. Alternatifnya: gunakan bantuan mesin pull-up atur hingga posisi setengah dari berat badan Anda. Bila sudah mengulang 3 atau 4 kali semua terasa lebih gampang. Anda bisa mencobanya tanpa bantuan.

Cara Jitu: Memakai topi renang tanpa menarik rambut

Swim cup atau topi renang bagaikan pedang bermata dua: di satu sisi bisa melindungi rambut Anda dari klorin, tapi di sisi lain justru mencabut satu atau dua lembar rambut Anda setiap kali menggunakannya. Nah, ada cara untuk menjaga rambut Anda tetap utuh, tidak terlihat kuyu dan pertumbuhannya tidak terganggu akibat tertutup topi, kata Kathleen Donoghue, product manager Speedo swim caps. Pertama, ikat rambut panjang Anda, longgarkan bagian dekat leher. Rambut Anda bisa saja basah, kering atau sudah diolesi conditioner- tapi ingat topi renang harus selalu kering. Saran Donoghue, saat memakai topi masukkan kedua tangan Anda lalu, arahkan topi sampai ke wajah Anda hingga menutupi tepi depan dahi – tepat di atas alis. Lantas tarik hingga menutup kepala. Geser tangan dan sesuaikan sampai Anda merasa nyaman. Pastikan swim cap menutupi seluruh kepala Anda dari depan hingga belakang. Bila Anda berponi pisahkan menjadi dua, rapikan rambut agar terlindungi. Voila! Ingat ya, ketika membuka topi angkat dari kedua sisi kuping dengan kedua tangan bersamaan.

Cara Jitu: Menumpas nyeri perut saat berlari

Mengapa perut saya tiba-tiba sakit seperti ditusuk-tusuk ketika sedang berlari? "Hampir 99% saya yakin penyebabnya adalah gesekan antara tubuh dan selaput yang memisahkan otot-otot perut," kata Darren Morton, Ph.D., fisiologis dari Avondale College, Australia yang aktif meneliti topik ini. "Para ahli baru akhir-akhir ini saja memikirkan pemicu nyeri perut ini. Penelitian sebelumnya hanya fokus pada penyembuhan bukan untuk pencegahan." Dehidrasi atau perut yang penuh bisa menyebabkan gesekan. Ayo minum banyak beberapa jam sebelum latihan! Lalu kurangi saat mau mulai berlari dan minumlah secara berkala pada saat latihan panjang. Morton menasehati jika tiba-tiba perut Anda terasa nyeri saat sedang berlari, jangan panik, coba atasi dengan trik sederhana ini:

1. Perlahan, bungkukkan badan ke depan dan tekan ke dalam dan ke atas pada bagian yang sakit.

2. Hembuskan napas dengan mulut mengerut.

3. Kencangkan perut seperti menahan pukulan.

4. Ganti pola pernapasan. Ini berarti ketika Anda menarik dan membuang napas sambil menggerakkan kaki dengan pola berbeda dari sebelumnya.

5. Bila perut masih terasa nyeri, berhenti lalu lenturkan sebagian perut Anda dengan menekuknya ke arah yang berbeda.

Cara Jitu: Mengobati kaki melepuh karena berlari jauh

Tubuh terasa panas saat berolahraga adalah hal yang baik. Tapi, kalau panasnya di kaki, lain lagi. "Menambah jarak lari atau jalan bisa membuat kaki melepuh," kata Megan Leahy, podiatrist dari Illinois Bone & Joint Institute di Chicago, AS. "Bila hal itu tidak mengganggu acara jalan dan lari Anda, biarkan saja. Asalkan Anda tidak punya masalah kesehatan, cukup dibersihkan." Caranya sterilkan jarum yang telah dibasuh alkohol; lalu tahan secara horisontal di sisi yang melepuh. Buat dua atau tiga lubang di kulit. "Bila dilakukan dari sisi, kecil kemungkinan melukai jaringan di bawahnya. Jaga agar wilayah atasnya tetep utuh dan ini mempermudah penyembuhan," saran Leahy. Selanjutnya buang cairan dari dalam kulit kaki yang melepuh, tekan perlahan dan bersihkan dengan cairan antiseptik. Luka melepuh Anda akan lebih cepat kering. Jangan lupa, oleskan antibiotik dan pakai perban kain bukan dari plastik agar luka bisa bernapas. Jangan biarkan perban mengenai luka yang terbuka terutama daerah yang melepuh. Akhirnya, biarkan luka itu mengering. (Fitness/miw)

Source: Fitness Magazine, Edisi September 2011, Halaman 57

Provided by:

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...