Waspada Bakteri E Coli di Ponsel

VIVAnews - KOSMO
VIVAnews - KOSMO
Waspada Bakteri E Coli di Ponsel
Oct 17th 2011, 09:43

Senin, 17 Oktober 2011, 16:43 WIB

Pipiet Tri Noorastuti

VIVAnews - Telepon seluler atau ponsel sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Tak jarang banyak yang menggenggamnya di tangan setiap waktu, tanpa menyadari potensinya menyimpan bakteri penyebab sakit.

Studi yang dilakukan di Inggris mengungkap bahwa satu dari enam ponsel yang digunakan di negara itu terkontaminasi bakteri E Coli, seperti dikutip dari metro.co.uk. Kontaminasi bakteri tersebut diyakini akibat kebiasaan buruk pengguna ponsel yang tak mencuci tangannya dengan bersih selepas dari toilet.

Meski hampir semua responden mengaku telah mencuci tangan dengan sabun usai beraktivitas di toilet, hasil pemeriksaan menunjukkan sembilan dari 10 telepon seluler mereka tercemar E Coli. Demikian juga delapan dari 10 tangan mereka.

"Studi ini membuktikan bahwa banyak pengguna ponsel yang tidak mencuci tangan dengan benar, terutama setelah pergi ke toilet," kata Dr Val Curtis, dari London School of Hygiene and Tropical Medicine.

Bakteri E coli memiliki nama panjang Escherichia coli. Bakteri ini adalah salah satu spesies utama bakteri gram negatif. Bakteri yang ditemukan oleh Theodor Escherich ini biasanya hidup pada tinja, dan dapat menyebabkan masalah kesehatan pada manusia, seperti diare, muntaber, dan masalah pencernaan lainnya.

Memang, tak semua bakteri E Coli berbahaya bagi tubuh manusia. Hanya jenis-jenis tertentu yang dapat mengakibatkan penyakit serius, seperti E Coli strain O104:H4 yang mewabah di Jerman beberapa wakyu lalu, dan E Coli strain O157:H7 yang mewabah di Amerika Serikat tahun 1982.

Jenis O104:H4 masuk kategori Enterohaemorrhagic E Coli (EHEC), yang bisa menyebabkan pengidapnya mengalami diare berdarah. Bahkan seringkali kasus ini berkembang menjadi haemolytic uraemic syndrome (HUS), penyakit yang bisa menyebabkan kegagalan fungsi ginjal dan berbagai komplikasi infeksi lain.

• VIVAnews

Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

' ); $.ajax({ type: "POST", url: "/comment/load/", data: "valIndex=" + a + "&articleId=" + b + "&defaultValue=" + c, success: function(msg){ $("#loadkomen").html(msg); //$(".balasan").hide(); } }) }

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...