3 Cara Raih Dukungan Emosional di Kantor

KOMPASfemale
KOMPASfemale
3 Cara Raih Dukungan Emosional di Kantor
Oct 14th 2011, 03:29

KOMPAS.com - Siapa yang tidak ingin bekerja di lingkungan kantor yang bersahabat? Ternyata, hal ini juga punya dampak positif bagi kesehatan jangka panjang Anda, lho! Menurut Dr Sharon Toker dari Department of Organizational Behavior, TAU's Leon Recanati Graduate School of Business Administration, karyawan yang menganggap dirinya mendapat dukungan personal dari teman-teman kerjanya punya kesempatan untuk hidup lebih lama.

"Perlu diingat, kita menghabiskan kebanyakan waktu di tempat kerja. Seringkali, kita malah tidak punya waktu untuk bertemu teman-teman lainnya selama hari kerja," jelas Dr Toker.

Untuk mendapatkan manfaat ini secara maksimal, Anda perlu ikut berusaha menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Bagaimana caranya? Berikut hal-hal yang menurut Dr Toker dapat Anda lakukan bersama dengan rekan-rekan kerja:

1. Lebih banyak bertatap muka daripada berkomunikasi melalui e-mail. Bila ada hal-hal yang bisa dibicarakan dengan rekan kerja, mengapa tidak mendatangi mejanya ketimbang menggunakan e-mail? Misalnya, saat mengajak makan siang bersama atau sekadar menanyakan kapan waktu kosong mereka untuk mengadakan rapat. Anda juga bisa juga mengajak teman kerja untuk bertemu secara berkala, sebelum jam kantor dimulai. Tujuannya untuk membicarakan pekerjaan dan masalah emosional yang terlibat di dalamnya.

"Apa pun yang bisa membuat Anda dan teman-teman merasa mendapat dukungan emosional dari yang lain," kata Dr Toker.

2. Adakan acara outing informal bersama teman-teman satu divisi. Misalnya, menghabiskan akhir minggu bersama-sama dengan menginap di vila yang terletak di luar kota. Bisa juga dengan menyertakan anggota keluarga masing-masing, sehingga dapat saling mengenal dan menjadi lebih akrab.

3. Menciptakan program asistensi, yang memungkinkan Anda membantu pekerjaan rekan lainnya dan sebaliknya. Dengan menyelesaikan pekerjaan bersama-sama, tentunya Anda akan lebih terhindar dari deraan stres.

Sumber: Medical News Today

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...