Kencan Ganda Bikin Bahagia  

Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Kencan Ganda Bikin Bahagia  
Jan 26th 2012, 06:41

Kamis, 26 Januari 2012 | 10:31 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Temuan terbaru mengungkapkan bahwa pasangan yang melakukan kencan ganda atau double date akan lebih bahagia dalam hubungan mereka. Kesimpulan tersebut diungkapkan para ahli karena persahabatan yang sehat antarpasangan membuat pernikahan lebih berarti dan menyenangkan untuk beberapa alasan, seperti meningkatnya perhatian pasangan antara satu sama lain membuat pengertian lebih mendalam terhadap lawan jenis sekaligus membiarkan pasangan mengobservasi cara pasangan lain berinteraksi dan menegosiasikan perbedaan.

"Dengan persahabatan pasangan yang hebat, Anda bisa melihat pasangan Anda dari sisi terbaiknya," kata Geoffrey Greif, peneliti dari University of Maryland, seperti dikutip oleh LiveScience edisi 25 januari 2012. "Pasangan Anda bersenang-senang, berinteraksi dengan cara yang menyenangkan, dan suportif dengan pasangan lain serta pasangannya sendiri."

Hasil penelitian ini dipublikasikan sebagai bagian dari buku Two Plus Two: Couples dan Their Couple Friendships dengan penerbit Routledge (2012) dan ditulis oleh Greif dan Kathleen Holtz Deal dari University of Maryland.

Penelitian ini mewawancarai 123 pasangan serta 122 orang individual yang mempunyai pasangan, tetapi diwawancarai sendiri serta 58 orang yang bercerai. Rata-rata pasangan mempunyai sekitar lima teman berpasangan dan sering bertemu. Ketika ditanya seberapa penting persahabatan tersebut, sebanyak 40 persen responden mengatakan "sangat penting" dan 39 persen mengatakan "agak penting".

Ketika pasangan mengatakan bahwa mereka setuju untuk membagi waktu antara mereka sendiri dengan orang lain, pasangan tersebut cenderung untuk mengatakan bahwa mereka mempunyai pernikahan atau hubungan yang berbahagia, ungkap para peneliti.

Bagi orang yang lain, hubungan antarpasangan ini mempunyai arti yang berbeda. "Pasangan-pasangan mencari hal-hal yang berbeda dalam persahabatan mereka, yakni pasangan fun-sharing dan emotion sharing," Greif mengungkapkan.

Yang dimaksud dengan pasangan emotion-sharing adalah pasangan yang terbuka mengenai perasaan, emosi, dan kesulitan-kesulitan mereka terhadap pasangan lain. Sekalipun demikian, para peneliti menemukan bahwa topik mengenai seks dan uang masih dianggap tabu. Sedangkan pasangan fun-sharing melewatkan waku mereka bersama untuk bersenang-senang dan menghindari stres yang dialami setiap hari.

Sebagian persahabatan antarpasangan dimulai dari sahabat individual yang kemudian berkembang menjadi berempat. Bagi sebagian yang lain, menemukan pasangan untuk bersahabat terasa sulit karena kehidupan yang sibuk dengan pekerjaan dan keluarga.

LIVESCIENCE | ARBA'IYAH SATRIANI

Berita Terkait Agar Tak Stress Saat Bekerja   Yang Diprediksi Paling Beruntung di Tahun Naga Air 6 Tanda Atasan Tak Menyukai Anda  

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...