Wajib Tahu Sebelum Mengonsumsi Obat Batuk

VIVAnews - KOSMO
VIVAnews - KOSMO
Wajib Tahu Sebelum Mengonsumsi Obat Batuk
Jan 27th 2012, 06:10

VIVAnews - Hidung berair, sakit kepala, bersin tak henti-henti, hingga suara serak karena batuk. Gejala ini mungkin sedang Anda alami di musim hujan seperti sekarang. Untuk meredakannya, obat batuk biasanya jadi andalan.

Demi kesehatan Anda, pintar-pintarlah dalam memilih obat batuk yang akan dikonsumsi. Lalu, pertimbangkan juga empat hal berikut, sebelum mengonsumsinya.

1. Perhatikan kadar asetaminofen

"Asetaminofen merupakan pereda nyeri yang memiliki efek toksik (beracun) pada hati. Usahakan untuk membatasi asupannya maksimal 1.200 mg per hari," kata dr. Laura Knobel, MD, anggota American Academy of Family Physicians, dikutip dari Woman's Day.

Jangan sampai obat batuk yang Anda konsumsi berdampak buruk pada hati. Benar-benar perhatikan dosisnya dan sesuaikan dengan kebutuhan. 

2. Batuk awal memiliki manfaat

Ketika Anda pertama kali mengalami gejala flu, jangan langsung mengonsumsi obat pereda batuk. Itu karena, batuk sebagai gejala awal memiliki manfaat.

"Batuk awal bermanfaat karena menghilangkan lendir," kata dr Knobel.  Sebaiknya, konsumsi obat batuk ini setelah gejala flu mereda. Ini untuk membantu mengatasi batuk kering yang membandel.

3. Perhatikan detail petunjuk

Selalu baca petunjuk pada kemasan obat, sebelum Anda mengonsumsinya. Ada alasan di balik kalimat petunjuk seperti, 'jangan dihancurkan' atau 'minum dengan segelas penuh air putih'.

Itu karena jika pil yang dikonsumsi tersangkut di tenggorokan, bahan aktifnya bisa memicu iritasi atau maag. 4. Tempat penyimpanan

Selalu simpan obat batuk di area yang tak bersuhu ekstrim. Hindari dari paparan panas matahari atau ruangan yang lembab. Itu karena, susu panas dan lembab bisa merusak bahan-bahan aktif yang terkandung dalam obat. (umi)

• VIVAnews

Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Kirim Komentar

Anda harus Login untuk mengirimkan komentar

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...