Umami, Rasa Dasar Ke-5

VIVAnews - KOSMO
VIVAnews - KOSMO
Umami, Rasa Dasar Ke-5
Jan 28th 2012, 01:45

Sabtu, 28 Januari 2012, 08:45 WIB

Mona Indriyani

VIVAnews - Umami adalah rasa dasar ke-5, setelah manis, pahit, asam dan asin. Berasal dari kata "umai" yang artinya gurih. Bahasa ini diambil dari bahasa Jepang oleh Dr. Ikeda.

Ilmuwan Jepang ini juga menemukan sumber rasa unik glutamat, sebagai sumber rasa umami yang berasal dari rumpul laut (konbu), yang kemudian disenyawakan dengan sodium sehingga menjadi Monosodium Glutamat (MSG).

Umami ditemukan pada berbagai bahan pangan, antara lain kacang, tomat, jamur shiitake, dan produk fermentasi laut lainnya. Bahkan sejak lahir, manusia telah mengenal umami melalu ASI. Sebanyak 50% glutamat bebas terdapat di dalam ASI.

Dalam tubuh, glutamat bebas banyak terdapat pada otak dan otot. Dalam jumlah kecil. terdapat pada hati, ginjal, dan darah. Glutamat berfungsi mengaktifkan neurotransmiter di otak dan membantu metabolisme tubuh dalam menghasilkan energi dan asam amino.

Menurut penelitian yang dilakukan Yamaguchi S, dan Takahashi C pada tahun 1984, penggunaan MSG justru akan mengurangi penggunaan garam dalam masakan. Satu sendok makan MSG hanya mengandung sodium sepertiga dari jumlah sodium yang dikandung dalam satu sendok teh garam.

Rasa umami dalam dunia kuliner sudah menjadi bagian penting. Rasa gurihnya, dapat menggantikan cita rasa dari kaldu tulang. (hp).

• VIVAnews

Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Kirim Komentar

Anda harus Login untuk mengirimkan komentar

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...