Kunci Tubuh Sehat: Berpikir Positif

VIVAnews - KOSMO
VIVAnews - KOSMO
Kunci Tubuh Sehat: Berpikir Positif
Jan 27th 2012, 07:32

Jum'at, 27 Januari 2012, 14:32 WIB

Anda Nurlaila

VIVAnews - Mau tahu cara sederhana memiliki kesehatan prima atau sembuh dari penyakit lebih cepat? Luangkan waktu setiap hari menikmati kehidupan dan berpikirlah sesuatu yang positif. Ilmuwan menemukan, berpikir positif secara nyata memiliki efek terapeutik.

Para peneliti menyatakan, pikiran positif yang paling sederhana sekalipun seperti membayangkan tingkah laku bayi yang lucu bisa membuat orang tersenyum. Pendekatan ini terbukti berhasil pada pasien yang menderita berbagai penyakit, termasuk penyakit arteri koroner, tekanan darah tinggi dan asma.

Studi Weill Cornell Medical College terhadap 756 pasien menemukan pasien berpikiran positif memiliki tingkat kesehatan lebih baik. Temuan yang dipublikasikan dalam Archives of Internal Medicine, meneliti pasien secara acak untuk menunjukkan apakah pasien yang berpikir positif dapat membantu perubahan perilaku pada tiga jenis penyakit.

Satu kelompok pasien didorong memikirkan hal sederhana yang membuat mereka merasa lebih baik, seperti menyaksikan matahari terbit atau terbenam saat bangun dari tidur. Pasien juga diminta mengingat hal-hal yang membanggakan yang pernah mereka alami seperti pernikahan. Sementara masing-masing kelompok kontrol hanya diberi panduan bagi kesehatan mereka. Kedua kelompok diberi panduan mengenai pengobatan mereka.

Di akhir pengobatan, ilmuwan menemukan, 52 persen persen pasien yang berpikir positif lebih aktif dan berolahraga lebih banyak dibandingkan 37 persen pada kelompok kontrol. Pada pasien tekanan darah tinggi, 42 persen dari kelompok berpikir positif patuh pada rencana pengobatan mereka dibandingkan 36 persen pada kelompok kontrol.

Dr Mary Charlson dari Weill Cornell Medical College mengatakan, "Pikiran positif memengaruhi cara seseorang menindaklanjuti perilaku demi kesehatan mereka," ucapnya.

Pendekatan sederhana, menurut Dr Charlson, memberikan pasien alat yang membantu mereka memenuhi janji kepada diri sendiri agar melakukan hal-hal bagi kesehatan mereka.

Dia menyarankan agar seseorang memerhatikan hal-hal kecil agar pikiran relaks. Dan pastikan meluangkan waktu untuk menikmatinya kembali setiap hari. "Pikirkan hal-hal menyenangkan setiap bangun tidur dan ingat-ingat kembali hal-hal kecil yang Anda sukai atau peristiwa yang membahagiakan," katanya. (hp).

• VIVAnews

Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Kirim Komentar

Anda harus Login untuk mengirimkan komentar

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...