Penyebab Insomnia: Teknologi dan Internet

KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Penyebab Insomnia: Teknologi dan Internet
Jan 26th 2012, 00:00

Saat ini, insomnia atau tidur yang tak nyenyak tidak hanya terjadi karena banyak pikiran, tetapi juga karena perkembangan teknologi dan internet.

KapanLagi.com - Bayangkan kehidupan Anda 15 tahun yang lalu. Saat akan pergi tidur, hal yang Anda lakukan mungkin menulis jadwal pada sebuah buku catatan, atau menulis di atas diary. Saat bangun tidur, benda yang pertama Anda cari bisa jadi adalah sisir. Tetapi sekarang.. benda yang pertama Anda cari saat bangun tidur adalah handphone, iPad, notebook dan teman-temannya. Bahkan saat terbangun tengah malam, tangan tergoda melihat notification Facebook, mention Twitter atau email yang masuk.

Anda tidak sendiri jika sering mengalaminya, karena masyarakat dunia tak lagi dapat hidup 'tenang'. Mereka tak hanya kesulitan mendapat tidur karena hal-hal yang telah disebutkan, hampir semua orang tak dapat menonton film dengan tenang di bioskop karena sibuk mengecek Facebook, lebih memilih lupa membawa botol sunblock dibandingkan ketinggalan handphone, berkutat dengan laptop saat makan siang dan masih banyak lagi jeratan teknologi yang membuat tubuh lelah.

Fenomena tersebut memicu banyaknya orang yang mengeluhkan kelelahan, masalah pencernaan, gangguan tidur, gugup, dan stress. John Wass, seorang Profesor Endokrinologi di Universitas Oxford mengatakan bahwa banyak pasien yang datang ke rumah sakit untuk mengetahui apakah mereka benar-benar menghadapi kelelahan karena fisik atau kelelahan yang disebabkan epidemi teknologi.

Jika kelelahan terjadi bukan karena aktivitas fisik, maka penggunaan obat-obatan steroid yang menekan sistem adrenal otak dapat membahayakan kesehatan hati, jantung, menurunkan libido dan perubahan suasana hati. Hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mencegah insomnia, stres dan kelelahan yang disebabkan oleh teknologi dan aktivitas internet adalah mematikan handphone dan semua perangkat elektronik sebelum tidur.

Saat Anda berlibur, maka fokus pada kegiatan bersenang-senang, tinggalkan dahulu laptop dan iPad sehingga Anda dapat membebaskan pikiran dan beristirahat tanpa gangguan online. (wo/wsw)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...