6 Tips Makan Sehat Cegah Masalah Pencernaan

KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
6 Tips Makan Sehat Cegah Masalah Pencernaan
Jan 24th 2012, 00:00

Beberapa tips ini akan membuat proses pencernaan makanan lebih baik dan menghindari berbagai masalah pencernaan.

KapanLagi.com - Makan tak hanya soal rasa yang lezat, karena yang lebih penting adalah.. bagaimana agar nutrisi dalam makanan tersebut dapat menutrisi tubuh Anda. Untuk mendapatkan nutrisi itu, Anda harus memiliki sistem pencernaan yang baik.

1. Makanan Yang Mengandung Probiotik

Makanan yang mengandung bakteri baik dapat menambah jumlah pasukan bakteri baik yang secara normal hidup di saluran pencernaan Anda. Makanan yang mengandung probiotik akan membantu menjaga kesehatan pencernaan Anda. Makanan-makanan yang mengandung probiotik biasanya terdapat dalam produk makanan olahan susu ataupun jus buah/sayur yang menyertakan komposisi Lactobacillus acidophilus.

2. Tidak Berbaring Setelah Makan

Tubuh kita dirancang untuk mencerna makanan dalam posisi tegak. Berbaring setelah makan akan mengganggu proses pencernaan makanan. Tinggalkan juga kebiasaan makan makanan ringan sambil berbaring (bahkan bila Anda dirawat di rumah sakit, Anda harus makan dalam posisi duduk). Jika Anda ingin tidur, tunggu hingga 2-3 jam setelah makan.

3. Makan Perlahan-Lahan

Kunyah makanan Anda secara perlahan. Mengunyah makanan hingga halus akan mempermudah proses pencernaan selanjutnya dan tidak memberatkan kerja lambung. Mengunyah perlahan juga akan menghasilkan lebih banyak saliva (air liur). Saliva yang dihasilkan saat memproses makanan di mulut adalah zat yang akan membantu proses pencernaan.

4. Pastikan Anda Mendapat Serat

Tidak hanya mereka yang sedang dalam proses penurunan berat badan yang membutuhkan serat, tubuh semua orang baik tua maupun muda membutuhkan serat yang cukup. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat akan membantu proses pencernaan makanan dan proses buang air besar. Serat alami paling banyak terdapat pada buah dan sayur. Jika Anda tak terlalu suka keduanya, Anda bisa mencoba agar-agar.

5. Hindari Pencetus Masalah Pencernaan

Setiap orang memiliki ketahanan yang berbeda dalam proses pencernaan makanan. Ada beberapa orang yang mengalami kembung bahkan diare bila sedikit saja mengonsumsi makanan dengan rasa asam, pedas dan lain sebagainya. Ketahui sampai di mana ketahanan pencernaan Anda dan sebisa mungkin hindari makanan tersebut. Walaupun pencernaan Anda kuat, mengonsumsi makanan asam, mengandung kafein dan pedas secara berlebihan tidak baik untuk pencernaan Anda.

6. Pakai Pakaian Longgar

Beberapa orang yang dalam proses penurunan berat badan atau takut gemuk melakukan strategi yang salah saat makan, mereka memakai pakaian atau celana yang sangat ketat agar tidak makan berlebih. Cara tersebut bisa membuat perut tertekan dan membuat perut mengalami rasa terbakar. Batasi makanan yang ada di piring Anda, bukan menekan paksa perut Anda. (wo/wsw)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...