Alergi Susu Sapi Bikin Anak Kurus?

KOMPASfemale
KOMPASfemale
Alergi Susu Sapi Bikin Anak Kurus?
Jan 25th 2012, 11:49

T: Dok, anak saya Faliq umur 4 tahun, berat badannya 15 kg. Masih kurus, ya. Saya sudah mencoba memberinya vitamin, makannya banyak tapi tetap saja timbangannya tidak bertambah. Kalau kurus sebenarnya memang karena turunan (keluarga saya juga kurus-kurus, adakah solusi atau obatnya biar bisa gemuk?). Anak saya alergi susu sapi sehingga saya kasih produk susu kedelai. Apakah itu berpengaruh? Makanan apa yang bisa cepat merangsang berat badannya? Terima kasih sebelumnya ya, Dok. (Risti, 31, via e-mail)

J: Ibu Risti, Jika dilihat dari grafik pertumbuhan CDC/Centers for Disease Control and Prevention (dapat diakses di www.cdc.gov/growthcharts), berat badan Faliq sebaiknya 16,5 kg. Memang faktor keturunan dapat mempengaruhi postur tubuh seorang anak, namun peranan faktor lingkungan seperti nutrisi juga sangat penting, terutama dalam kecukupan dan komposisi nutrisi yang diberikan. Kadang menurut orangtua, anak sudah makan banyak. Namun jika dianalisa, makanan yang dikonsumsi seringkali masih kurang dari kebutuhan anak. Oleh karena itu, tidaklah heran jika berat badan anak masih tidak meningkat.

Saran saya untuk Faliq, sebaiknya ibu berkonsultasi dengan dokter keluarga untuk menilai apakah Faliq sudah mendapatkan kecukupan nutrisi sesuai dengan usia dan aktivitasnya, sehingga dapat disusun menu yang tepat untuk Faliq dengan kondisi alergi yang dimilikinya. Mengenai penggunaan susu kedelai karena alergi terhadap susu sapi, seharusnya tidak memberikan imbas pertumbuhan jika Ibu dapat menggantikan nutrisi yang terkandung dalam susu sapi dengan bahan makanan lainnya.

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...