Cengkeh, Redakan Stres Hingga Batuk

VIVAnews - KOSMO
VIVAnews - KOSMO
Cengkeh, Redakan Stres Hingga Batuk
Jan 24th 2012, 05:51

Selasa, 24 Januari 2012, 12:51 WIB

Pipiet Tri Noorastuti

VIVAnews - Di balik fungsinya sebagai bumbu dapur, cengkeh menyimpan manfaat kesehatan. Tangkai bunga kering beraroma dengan nama latin Eugenia aromaticum ini memiliki banyak sifat penyembuhan.

Seperti dikutip Times of India, cengkeh membantu merangsang sirkulasi enzim yang berhubungan dengan pencernaan dan metabolisme. Dalam terapi pengobatan China, rempah yang tumbuh di daerah tropis ini dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan lambung, seperti muntah.

Studi Miguel HernĂ¡ndez University, Spanyol, mengidentifikasi cengkeh sebagai rempah dengan kandungan zat antioksidan terbaik, dibandingkan rempah lain seperti oregano (Origanum vulgare), thyme (Thymus vulgaris), rosemary (Rosmarinus funcionarios cinalis) dan sage (Salvia funcionarios cinalis).

Dengan kandungan senyawa phenolic yang tinggi, cengkeh masih menyimpan sejumlah manfaat kesehatan. Coba gunakan ramuan cengkeh untuk mengatasi gangguan kesehatan berikut:

Stres Didihkan air bersama cengkeh, daun kemangi, dan daun mint. Saat stres mendera, gunakan racikan ini sebagai minuman hangat. Agar rasanya lebih nikmat, campurkan sedikit madu ke dalamnya. Ramuan ini cukup membantu meredakan ketegangan.

Sakit gigi Minyak cengkeh bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit. Sifat antiseptiknya juga membantu mencegah infeksi pada gigi. Terapkan minyak cengkeh pada area gigi yang bermasalah.

Gangguan pencernaan Cengkeh meningkatkan aliran enzimatik yang berperan meningkatkan fungsi pencernaan. Rempah ini membantu meredakan iritasi lambung dan organ pencernaan lainnya. Campur bubuk cengkeng kering dengan madu. Sifat anestesinya membuat ramuan ini cukup efektif mengendalikan nyeri perut dan muntah.

Batuk Campur cengkeh dengan sedikit garam. Kunyah ramuan ini untuk mengatasi batuk berdahak dan mencegah iritasi pada tenggorokan. Mengunyah cengkeh yang dibakar juga memberikan manfaat serupa. (umi)

• VIVAnews

Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Kirim Komentar

Anda harus Login untuk mengirimkan komentar

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...