Aturan Waktu Bagi Wanita Sibuk

KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Aturan Waktu Bagi Wanita Sibuk
Jan 25th 2012, 00:00

Coba pikirkan kembali perjalanan karier Anda sepanjang tahun 2011. Terlalu sering lembur, merasa tak punya cukup waktu untuk menyelesaikan pekerjaan, tapi masih saja tak dapat promosi atau naik gaji? Uh oh, Anda perlu belajar

KapanLagi.com - Bicara soal pergantian tahun, coba singkirkan dulu resolusi ingin langsing, ingin menikah, atau ingin punya dua puluh pasang Jimmy Choo. Apa resolusi karier Anda di tahun depan? Mengerjakan proyek baru? Mendapat peningkatan gaji atau jabatan? Atau mungkin... Mencari pekerjaan baru yang lebih baik? Apapun itu, salah satu 'alat' yang paling Anda perlukan untuk sukses mencapai resolusi karier Anda adalah: time-management.

Sebenarnya, apakah skill ini ada hubungannya dengan karier Anda atau tidak, Cosmo ingin agar Anda para fun fearless female untuk mempelajari dan menguasai time management. Karena banyak orang (terutama wanita) belum benar-benar menyadari pentingnya mengatur waktu. Semua career coach yang Cosmo temui berpendapat kalau time management adalah sebuah sistem untuk mencapai goal dengan lebih cepat, dan bisa melakukan lebih banyak hal dalam waktu yang lebih singkat. Maka, Cosmo akan mengungkap rahasia bagaimana menentukan waktu yang tepat untuk mencapai karier yang gemilang. It's all about picking the right time, honey.

HOW TO: HANDLE TIME AT WORK

Oke, jadi jadwal Anda padat setiap harinya, mulai dari meeting, conference call, follow up sejumlah email, membuat laporan hingga lunch dengan klien. Ketika pagi-pagi Anda sudah merencanakan apa saja yang akan Anda lakukan hari ini, semua bisa buyar begitu saja karena begitu banyak pekerjaan lain yang menunggu. Belum lagi si Bos yang mendadak minta dibuatkan laporan A, dokumen B....GAAAAH!

Kepala terasa mau pecah? Tarik napas. Berhenti menjeduk-jedukkan kepala ke dinding kubikal, apalagi memutuskan untuk mencelupkan kepala Anda ke dalam toilet karena stres. Cara elegan untuk menyelesaikan ini semua adalah dengan menemukan strategi mengatur waktu. Kata orang, "Success is tons of disciplines". Maka inilah langkah disiplin yang perlu Anda ambil:

1. Work From A List, Always!

Jika Anda selalu merasa, "So little time, so much to do", mungkin Anda tidak pernah bekerja berdasarkan sebuah daftar. Menulis daftar pekerjaan bisa melatih Anda untuk menentukan prioritas "apa yang perlu Anda lakukan segera" dan "mana yang lebih penting dari yang lainnya". Jika Anda tak paham prioritas, yang terjadi adalah Anda selalu diganggu oleh telepon, email, dan unexpected emergency lainnya. Bekerja berdasarkan to-do list yang sudah tertulis rapi bisa memacu Anda untuk jadi lebih produktif, karena daftar ini ibarat peta yang menuntun Anda sejak pagi hingga sore untuk bekerja efektif dan efisien. Saran Cosmo: tempelkan to-do list ini di dinding kubikal, tepat di hadapan Anda. Maka kalau ada 'godaan-godaan' datang, seperti kolega yang mengajak bergosip soal pria tampan di lantai atas, Anda kontan diingatkan dengan apa yang mesti dilakukan terlebih dahulu.

2. Email Yourself

Cosmo mengerti kalau sudah terlalu banyak planner atau agenda yang Anda beli setiap pergantian tahun. Warna merah? Ada. Hitam? Sudah pasti ada. Terbuat dari kulit berkilap? Ada dua! Niatnya diisi dengan jadwal Anda setiap hari, dari bangun tidur sampai pulang ke rumah. Awal-awalnya sih semangat untuk mengisi, tapi beberapa bulan berselang... You just stop doing it. Suze Orman, seorang financial expert populer pernah berkata, "Saya selalu mengatur supaya ada reminder/email yang masuk ke Blackberry pada jam-jam tertentu. Misalnya jam 3 saya akan terima reminder yang berisi, 'Sudah finansialisasi projek A, belum?' Jadi di mana pun saya berada, apa pun yang saya lakukan, my BlackBerry keeps the track for me. Ini bekerja lebih efektif daripada buku agenda!"

3. "Time Block" Your Day

Anda tahu kalau ada banyak sekali gangguan yang datang saat Anda berniat untuk menyelesaikan pekerjaan. Maka dari itu, ketika Anda sudah memiliki 'list' dan mengorganisasinya berdasarkan prioritas, langkah penting selanjutnya adalah melakukan 'time block' pada hari Anda. 'Booking' beberapa jam dari hari Anda untuk fokus pada satu hal. Sebagai contoh, Anda memiliki energi yang paling baik pada pagi hari, maka jadwalkanlah waktu tersebut untuk pekerjaan yang menurut Anda perlu prioritas. Tutup pintu, sign out Facebook dan Twitter, bahkan mungkin matikan ponsel untuk menunjang konsentrasi. Percaya pada Cosmo, jika tiga langkah ini dilakukan dengan disiplin, Anda bahkan akan menemukan waktu ekstra sebelum bel pulang berdentang. Ketenangan pikiran dan perasaan bahwa 'everything is under control' pun Anda dapatkan. Good luck, ladies! (cosmo/wsw)

Source: Cosmopolitan Edisi Desember 2011, Halaman 241

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...