Cara Mudah Mengusir Stres

KLIK UNIC
www.klikunic.co.cc
Cara Mudah Mengusir Stres
Feb 15th 2012, 12:11

VIVAnews – Aktivitas yang padat kerap membuat Anda stres? Itu berarti Anda harus rehat sejenak dari kepungan aktivitas tersebut. Tidak sempat cuti? Tenang, untuk sementara, lakukan langkah-langkah berikut agar stres tak mengganggu hari-hari Anda.

1. Hipnotis diri

Lupakan semua beban pekerjaan yang ada selama ini. “Hipnotis adalah tingkat tertinggi dari perhatian yang fokus,” ujar David Spiegel, Direktur Pusat Kesehatan dan Stress Standford School. Jika dijalankan dengan benar, hipnotis dapat membersihkan pikiran Anda, mengurangi tekanan darah, dan tekanan pada otot. 

Bayangkan, sesuatu yang membuat Anda stres, kemacetan misalnya. Lalu, bayangkan pula sebuah solusi, seperti jalan besar tanpa kemacetan. ”Anda akan merasakan sebuah momen di mana Anda masuk di dalamnya.” Coba lakukan ini selama lima menit, tiga atau empat kali sehari.

2. Maafkan

Seberapa sakit rasa yang ditinggalkan seseorang, Anda harus dapat memaafkan. Melepaskan energi negatif sangat ampuh untuk menghapus stres. Anda harus dengan tulus menghapus kemarahan Anda agar mendapatkan energi positif. “Memaafkan dapat membantu Anda melihat kebenaran. Ketika Anda marah, indra Anda hanya berada dalam ruang lingkup yang terbatas,” ujar Charlotte Vanoyen, Psikolog dari Hope College.

3. Buka Jendela Ruangan

Siapa yang menyangka melihat ke luar jendela dapat memberikan efek relaksasi. Sebuah studi, mengatakan ketika tingkat stres meningkat, mereka yang melihat pemandangan alam akan mendapatkan pengembalian detak jantung normal lebih cepat. Studi dari Peter Khan, Psikolog Universitas Washington ini juga membuktikan bahwa mereka yang hanya melihat tampilan digital tidak akan lebih baik daripada mereka melihat sebuah dinding kosong, menunjukkan otak tidak mudah tertipu.

“Mental dan fisik akan membaik ketika kita terhubung dengan alam,” kata Kahn.

4. Menghalau dengan bunga

“Bukan rahasia lagi kalau stres dapat diatasi oleh alam,” ujar Mehmet C. Oz, penulis ‘You: Stress Less’. Sebuah penelitian dilakukan oleh Universitas Harvard dengan mengirim bunga pada sekelompok wanita dan lilin pada kelompok yang lain. Hasil menunjukkan bahwa kelompok pertama merasa tidak lelah dan tidak stres dibanding kelompok kedua.

Dr. Oz menyarankan untuk menaruh bunga-bunga di atas meja kerja agar terbebas dari stres pekerjaan.

5. Cari cahaya matahari

“Stres dapat dipicu ketika tubuh tidak mengetahui jam berapa saat ini. Kontak mata dengan matahari sangat penting untuk memberitahu otak mengenai jam biologis Anda,” ujar Julie Holland, Asistan Profesor Psikologi di Fakultas Kedokteran, Universitas New York.

Luangkan waktu 20 menit untuk jalan kaki di pagi hari. Cukup tiga kali seminggu, ini membantu Anda terhindar dari stres.

6. Memandang foto 

Mengagumi foto seorang model atau aktor tampan ternyata dapat menurunkan tekanan dalam hidup Anda. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Louisville, setengah kelompok pria yang memandang foto-foto wanita cantik mengaku tenang setelahnya. (hp).

• VIVAnews

Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Kirim Komentar

Anda harus Login untuk mengirimkan komentar

p 89EKCgBk8MZdE Cara Mudah Mengusir Stres

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments:

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...