Bocah Sembilan Tahun Jalani Transplantasi Enam Organ

Liputan6 Kesehatan
Liputan6 Kesehatan
Bocah Sembilan Tahun Jalani Transplantasi Enam Organ
Feb 6th 2012, 03:35

Liputan6.com, Boston: Seorang bocah perempuan (9) berhasil memulihkan diri dengan baik, Ahad (5/2) setelah berhari-hari menjalani masa penyembuhan usai operasi transplantasi enam organ tubuhnya. Sejumlah media juga menyebut operasi ini merupakan terobosan terbaru dari prosedur medis yang berisiko tinggi.

Kantor berita AFP, Ahad (5/1) menulis operasi ini dilakukan Selasa (31/1) lalu terhadap gadis bernama Alannah Shevenell. Operasi ini bertujuan untuk menghapus pertumbuhan kanker agresif bernanah yang tumbuh sejak 2008 silam. Kanker ganas tersebut telah menyerang perut, hati, pankreas, esofagus, usus kecil, dan limpanya.

Operasi itu dilakukan di Boston, Massachusetts, di Rumah Sakit Anak, salah satu fasilitas kesehatan ternama AS.

"Dalam waktu di bawah 100 hari Alannah dan neneknya menginap di rumah tersebut, ketika ia menerima pengobatan untuk kanker langka dan agresif yang mengorbankan beberapa organ internal," kata rumah sakit itu dalam sebuah pernyataan.

"Bila semua pengobatan lain gagal, Heung Bae Kim, MD, direktur Pusat Transplantasi Anak, menyarankan transplantasi multivisceral yang akan mengangkat tumor Alannah dan mengganti enam organ rusak," tambah pernyataan itu.

Bocah yang berasal dari timur laut negara bagian Maine itu beruntung telah mendapatkan organ tubuh dari seorang anak yang baru saja meninggal dunia dengan ukuran dan jenis darah yang sama, dan juga mampu dipindahkan pada waktu yang bertepatan.

Kim mengatakan kepada surat kabar Boston Globe, pihaknya mengantisipasi Alannah akan membuat pemulihan secara keseluruhan segera.

"Ia tidak akan memiliki larangan-larangan tertentu dalam hal aktivitas tubuhnya," katanya. (Vin)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments:

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...