Atasi Sembelit Dengan Diet Sehat

KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Atasi Sembelit Dengan Diet Sehat
Jan 21st 2012, 02:00

Sembelit atau konstipasi atau dikenal juga dengan susah buang air besar merupakan masalah yang sangat umum kita alami.

KapanLagi.com -

Oleh: Team DuniaFitnes

Namun, tahukah Anda bahwa melalui pengaturan pola diet yang sehat akan membantu Anda mengatasi gangguan ini secara tepat dan efektif?

Atasi Penyebabnya

Sebagian besar kasus sembelit terjadi akibat kurangnya konsumsi serat dalam diet sehari-hari kita. Faktor lainnya bisa jadi karena asupan cairan yang tidak memadai, kurangnya olahraga, stres ataupun akibat penyakit tertentu serta penyalahgunaan obat-obatan tertentu. Oleh karena itu, sangat kurang bijak jika Anda mengatasi sembelit dengan obat pencahar, bukan dengan mengatasi penyebab utamanya.

Masukkan Makanan Ini Dalam Diet Anda

Serat merupakan nutrisi yang penting untuk membantu melancarkan buang air besar. Karena tidak dapat dicerna, maka serat akan meningkatkan volume feses sehingga melancarkan proses pembuangan feses. Sebagian besar makanan kaya serat dapat Anda dapatkan dari biji-bijian, seperti roti gandum, beras merah, jagung, pasta gandum, dan lain-lain, juga sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan. Dan untuk buah-buahan dan sayuran sebaiknya Anda konsumsi dalam keadaan mentah.

Tips Sehat Atasi Sembelit

Dan berikut ini adalah beberapa tips untuk menghindari dan mengatasi sembelit:

1. Tingkatkan konsumsi gandum dan olahannya seperti roti gandum utuh, juga nasi merah, oat, ubi jalar dan lain-lain

2. Konsumsi 2-3 porsi buah dan sayuran per hari. Pilih buah dan sayuran yang kaya serat seperti apel, berry, jeruk, tomat, pear, plum, bayam, kubis, lettuce, wortel, brokoli, dan sebagainya.

3. Pilih sumber lemak dan minyak dari jenis lemak tak jenuh seperti minyak nabati berkualitas tinggi (misalnya minyak canola, bunga matahari, jagung, zaitun) dan sebaiknya tidak dipanaskan, misalnya untuk salad dressing.

4. Batasi konsumsi makanan manis. Selain mengandung gula dan kalori yang tinggi, yang akan membuat Anda lebih banyak menyimpan lemak dalam tubuh, makanan manis juga sering mengandung lemak tinggi.

5. Tambahkan juga konsumsi kacang-kacangan, seperti kedelai, lentil, buncis, kacang merah, tempe, tahu, dan lain-lain.

6. Konsumsi air dalam jumlah cukup per hari, sebaiknya tanpa gula dan batasi alkohol. Faktanya, minuman yang mengandung alkohol memiliki efek diuretik, yang dapat membuat Anda lebih banyak membuang air dari tubuh sehingga tubuh pun bisa kekurangan cairan.

Untuk mencegah dan mengatasi sembelit, ada beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan dalam diet Anda, yang semuanya bisa Anda temukan pada tips di atas. Selain mengatur makanan yang dikonsumsi dengan baik, pastikan Anda berolahraga teratur. Selamat mengikuti tips di atas! (df/bee)

Source: http://duniafitnes.com/

Provided by:

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...