Kampanye Penyakit Lupus Terkendala Obat

VIVAnews - KOSMO
VIVAnews - KOSMO
Kampanye Penyakit Lupus Terkendala Obat
Jan 19th 2012, 08:53

Kamis, 19 Januari 2012, 15:53 WIB

Anda Nurlaila, Amal Nur Ngazis

VIVAnews - Penyakit Lupus kini sudah mulai dikampanyekan oleh beberapa elemen masyarakat. Namun sayangnya sampai saat ini kampanye penyakit kurang didukung dengan ketersediaan obat perawatan dan data penderita penyakit lupus. Sampai saat ini obat khusus untuk penderita lupus belum ditemukan, bahkan di tingkat dunia sekalipun.

"Para peneliti dunia berlomba untuk temukan obat untuk Lupus, dunia saat ini juga berusaha menemukan itu," ujar Eko P Pratomo, Pendiri Yayasan untuk penderita Lupus, Syamsi Dhuha dalam kampanye Care for Lupus di Kantor LIPI, Jakarta, Kamis, 19 Januari 2012.

Untuk penderita lupus (Odapus), selama ini, ditangani dengan berbagai obat-obatan lain yang sifatnya hanya untuk perawatan. Misalnya biasanya dokter memberikan resep dengan obat malaria. Yang disayangkan, menurut Eko, dari tahun 2006, obat-obat untuk perawatan kepada penderita Lupus belum masuk program obat Jamkesmas. Ia mengharapkan, obat perawatan untuk odapus harusnya terjangkau dan ketersediaan untuk masyarakat luas.

"Karena penderita Lupus harus berobat seumur hidup," kata Rachmat Gunadi, dokter pemerhati Lupus.

Hal lain yang menjadi kendala kampanye Lupus, menurut Rachmat yaitu sampai saat ini belum didukung dengan data real jumlah Odapus di Indonesia. "Data lupus di Indonesia masih bersifat asumsi, biasanya saya hanya sampaikan data komparasi dari luar negeri saja," katanya yang juga Kepala Divisi Reumatologi RS Hasan Sadikin Bandung. Ia mengaku sudah menangani odapus sekitar 500 orang.

Ia juga mengaku mengalami kesulitan saat mendata odapus karena antar dokter yang menangani odapus belum terorganisir dengan baik. Pengetahuan penyakit lupus sampai saat ini masih terbatas pada kalangan tertentu.

• VIVAnews

Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Kirim Komentar

Anda harus Login untuk mengirimkan komentar

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...