Atraksi ala Thailand Sambut Tahun Naga

KOMPASfemale
KOMPASfemale
Atraksi ala Thailand Sambut Tahun Naga
Jan 20th 2012, 05:19

KOMPAS.com - Kemeriahan Tahun Baru Imlek 2563 makin terasa di mal ternama jelang pergantian tahun Kelinci ke tahun Naga. Mal di Jakarta Barat, Central Park, tak ketinggalan menghadirkan rangkaian acara perayaan Imlek, Spring In The City 2012 Celebrating Year of The Dragon. Pertunjukkan Barongsai, Liong dan The Dragon of Nezha yang menegangkan menjadi andalannya.

Pertunjukkan Barongsai dan Liong Dance kian mudah ditemui di sejumlah mal di Jakarta untuk merayakan Imlek. Namun jika ingin pertunjukkan berbeda dari biasanya, Anda bisa berkunjung ke Central Park. Mal ini mendatangkan Taepadumtung, komunitas pemelihara tradisi pertunjukkan Barongsai dan Liong, juga pertunjukkan melegenda dari China, The Dragon of Nezha, yang dikemas lebih atraktif bahkan memasukkan unsur akrobatik.

Tarian Barongsai dan Liong diperagakan dengan lebih atraktif oleh komunitas yang merupakan generasi ketiga dari Taepadumtung ini. Secara keseluruhan, pertunjukkan ini dibawakan 35 orang, lima di antaranya anak-anak, dengan usia termuda 1 tahun lima bulan

"Kami sengaja mendatangkan dari Thailand, karena setelah melakukan riset, atraksi pertunjukkan mereka berbeda dari biasanya. Bisa dibilang pertunjukkan Barongsai dan Liong juga Dragon of Nezha ini belum ada sebelumnya dan yang pertama ada di Indonesia," jelas Silviyanti Dwi Aryati, Senior Marketing Communication Manager Central Park saat temu media di Jakarta, Kamis (19/1/2012) lalu.

Mal yang dipenuhi hiasan Naga, dan lampion yang ditata bak Naga melayang di udara ini, menghadirkan pertunjukkan atraktif di dua area (Laguna dan Tribeca) sebanyak tiga kali sehari, pukul 15:00, 17:00, dan 19:00, pada 19-22 Januari 2012.

Atraksi indoor Saat komunitas ini memeragakan pertunjukkan Barongsai pertama kalinya di Laguna Atrium Central Park, decak kagum dan riuh tepuk tangan menutup atraksi. "Mereka kali pertama tampil di Indonesia. Sebelumnya pernah ke Kamboja, Malaysia," kata Cary Andrae kepada Kompas Female di sela kegiatan.

Andrae melihat potensi komunitas asal Thailand ini, dan dibawah payung Khremlar Consultancy sebagai Talent Management, ia mengenalkan komunitas ini ke berbagai negara. Pengunjung mal tak berkedip saat komunitas ini membuat undakan manusia setinggi lima meter dengan batita di posisi teratasnya.

Adrenalin juga terpacu saat komunitas ini beratraksi dengan bambu setinggi 12 meter sejajar dengan lantai tiga mal. Dengan sekitar enam orang berkolaborasi menahan beban di bawah, satu orang lagi memanjat bambu mencapai posisi teratas memeragakan tari Barongsai di ujung bambu. Tak berhenti sampai disitu, pengunjung menahan nafas ketika si pemeran Barongsai menggoyangkan tubuhnya ke depan dan ke belakang, membuat bambu bergoyang namun tetap stabil dengan penahan beban yang menjamin rekannya takkan jatuh dan sukses beratraksi menghibur pengunjung mal. Atraksi diakhiri dengan si Barongsai membentangkan kain bertuliskan Gong Xi Fa Cai. Atraksi outdoor Pukul 17:00, area taman Tribeca yang selalu ramai semakin meriah dengan Liong Dance. Kali ini berupa atraksi Naga sepanjang 30 meter dengan berat 20 gram menggunakan dua tiang, salah satunya bambu 12 meter tadi. Sejumlah pemeran mengikat tubuhnya di satu tiang dengan karakter Naga melilitnya. Satu lagi, seorang pemeran diikatkan ke bambu lalu didorong ke atas, sejajar dengan Naga. Pertempuran manusia dan Naga pun dimulai dan menjadi pemandangan yang menghibur pengunjung Tribeca Park.

Pertunjukkan belum berakhir. Jeda dua jam, pertunjukkan The Dragon of Nezha menutup hari. Menggunakan pyhro technic effects, pertunjukkan Naga yang melegenda ini tak kalah atraktifnya dengan dua pertunjukkan sebelumnya. Kembang api dan diskon belanja Perayaan Imlek juga dimeriahkan dengan Lunar Fireworks Show pada 23 Januari 2012 pukul 19:00 di Tribeca Park. Central Park merayakan Tahun Baru China sesuai tradisi hingga dua minggu setelah pergantian tahun. Karenanya, ragam acara dihadirkan hingga 5 Februari seperti Lantern Festival, juga Kids Cheongsam Competition dan Ghu Zeng Music yang berlangsung pada 4 Februari 2012.

Satu lagi, Fortune Fountain, air mancur di Laguna Atrium juga menambah kemeriahan melambangkan keberuntungan. Pengunjung mal yang berbelanja minimal Rp 500.000, dapat menggabungkan tiga struk berbeda di hari yang sama, berkesempatan memenangkan sejumlah hadiah mulai voucher, LCD TV hingga perjalanan ke Macau, Shanghai, Hong Kong Disneyland. Anda pun dimudahkan berbelanja karena berbagai toko di mal menggelar diskon hingga 80 persen sampai 29 Januari 2012.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...