Tidur Bisa Buat Perasaan Buruk, Makin Buruk

VIVAnews - KOSMO
VIVAnews - KOSMO
Tidur Bisa Buat Perasaan Buruk, Makin Buruk
Jan 19th 2012, 09:37

VIVAnews - Setelah seharian bekerja keras, kita sering disarankan untuk tidur dengan nyenyak. Tapi, pada beberapa situasi mungkin tidur tak ingin Anda lakukan. Itu karena, tidur dapat mempertahankan kenangan pahit dan membuat perasaan jadi lebih buruk.

Seseorang yang mengalami peristiwa traumatis dan menyedihkan, menurut penelitian, perasaan emosionalnya akan berkurang jika tetap terjaga.  Ini merupakan hasil penelitian para ahli saraf dari University of Massachusetts, Amerika Serikat.

Mereka mengungkap, hal ini merupakan proses evolusi. Seperti, nenek moyang yang menjaga kenangan jelas tentang situasi yang membahayakan, sehingga mereka bisa menghindarinya di masa depan.

Penelitian dilakukan dengan meminta 106 pria dan wanita untuk melihat gambar di layar komputer. Beberapa foto menunjukan situasi negatif, seperti kekerasan, perang dan kecelakaan mobil, dan kondisi yang netral. Mereka lalu diminta untuk menilai respons emosi antara satu hingga sembilan.

Dua belas jam kemudian, mereka kembali ditunjukkan gambar kembali, yang beberapa merupakan gambar baru. Mereka lalu diajukan pertanyaan apakah pernah melihat gambar tersebut sebelumnya untuk menilai respons mereka lagi.

Responden lalu dibagi dua kelompok. Pertama, yang tidur setelah melihat foto dan kedua yang tetap terjaga setelah pada malam hari. Mereka yang tidur menganggap gambar dengan situasi negatif sama menyedihkannya ketika pertama kali dilihat.

Sementara, mereka yang tetap terjaga mengungkap, kalau kesedihannya berkurang ketika melihat gambar dengan situasi negatif. Hal ini menunjukkan, orang yang tidur setelah peristiwa traumatis akan merasa kenangan atau kilas balik lebih mengganggu. Ini dibandingkan, mereka yang berhasil untuk tetap terjaga.

"Terlihat kalau tidur tidak hanya melindungi memori tapi juga mempertahankan respon emosi dalam kondisi tertentu," kata  Dr. Rebecca Spencer, salah satu peneliti, seperti dikutip dari Daily Mail. (adi)

• VIVAnews

Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Kirim Komentar

Anda harus Login untuk mengirimkan komentar

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...