4 Langkah Atasi Konflik Keuangan Pasangan

KOMPASfemale
KOMPASfemale
4 Langkah Atasi Konflik Keuangan Pasangan
Jan 18th 2012, 03:28

KOMPAS.com - Perekonomian yang sedang menurun dapat mempengaruhi kondisi perekonomian rumah tangga dan menyebabkan stres. Hal ini diperparah dengan kondisi pasangan yang pada dasarnya kurang dapat bekerja sama dalam hal mengelola keuangan.

"Dengan ekonomi saat ini, tekanan keuangan adalah masalah besar dalam keluarga dan dengan mudah dapat membuat pasangan saling menyalahkan satu sama lain," ujar Jonathan Rich, PhD, psikolog dan penulis buku The Couple's Guide to Love & Money.

Seringkali permasalahan terjadi ketika pasangan memiliki pandangan yang berbeda tentang masalah keuangan. Rich mengungkapkan bahwa perbedaan pendapat ini berujung pada tiga masalah, yaitu gaya hidup pasangan, ketergantungan sumber uang (uang mandiri atau adanya suplai uang dari pasangan), pengambil resiko keuangan (bermain aman, atau berani ambil resiko dalam keuangan). Dari tiga hal ini, penyebab konflik yang paling besar antarpasangan adalah gaya hidup seputar belanja.

Dalam hubungan berpasangan, biasanya ada dua golongan yaitu kelompok "Spartan" yang lebih tertarik untuk menghemat uang dan menabung untuk masa depan. Lalu ada kelompok "Monarch" merupakan pasangan yang lebih memilih untuk bergaya hidup mewah dan cenderung boros. Kedua jenis pasangan yang berbeda inilah yang akhirnya menimbulkan berbagai masalah keuangan.

Untuk meminimalisasi berbagai konflik yang mungkin akan terjadi dalam mengelola keuangan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Mengidentifikasi tujuan bersama sebagai pasangan "Pertemuan secara teratur untuk melihat tujuan jangka pendek dan jangka panjang dapat membantu untuk memilah-milah prioritas dan menemukan kesamaan dalam mengelola keuangan. Hal ini bisa membantu Anda untuk bekerja lebih baik dan memotivasi Anda untuk menyimpan uang Anda.

Misalnya, Monarch dan Spartan setuju bahwa mereka akan membeli rumah di masa depan, namun harganya yang tinggi membuat Monarch harus bisa menahan keinginan untuk terlalu banyak berbelanja dan memotong pengeluaran per bulan. Adanya tujuan yang sama dan komunikasi yang lancar akan membuat Monarch lebih mengerti dan mampu untuk menekan keinginan berbelanja dan menyimpan uang muka untuk membeli rumah.

2. Melacak pengeluaran Dalam hal ini Rich menekankan pentingnya mencatat berbagai pendapatan dan pengeluaran Anda. "Jika biasanya Anda tidak mencatat keuangan, cobalah untuk melakukan sedikit perubahan yang memungkinkan Anda bisa mengatur keuangan lebih baik lagi dan bisa maju setiap bulan," tukas Rich.

3. Bekerja sama Masalah kerap muncul akibat kurangnya kerjasama antarpasangan. Anda cenderung untuk mengontrol pengeluaran pasangan dan sebaliknya, sehingga pasangan merasa tidak dipercaya. Cobalah untuk mulai percaya dan menghargai kebijaksanaan pasangan dalam berbagai hal termasuk keuangan.

"Dua orang yang bekerja sama dengan baik bisa menjadi kekuatan yang tangguh, dan dengan bekerjasama Anda bisa mendapatkan solusi yang mungkin belum pernah Anda temukan untuk mengatasi masalah keuangan," tukasnya.

4. Memiliki rekening terpisah Ketika menikah, semua hal memang menjadi milik bersama, termasuk keuangan. Tetapi tak ada salahnya jika Anda memiliki tabungan pribadi dalam rekening Anda sendiri. "Ini mirip seperti usaha patungan dimana Anda masing-masing harus memiliki kontribusi dan mendapatkan manfaat yang sama," tambahnya.

Sumber: Your Tango

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...