Es Krim untuk Yang Sedang Diet

KOMPASfemale
KOMPASfemale
Es Krim untuk Yang Sedang Diet
Jan 18th 2012, 15:48

KOMPAS.com - Es krim sering "disalahkan" sebagai biang keladi kegemukan. Mungkin saja, kalau Anda mengonsumsinya dalam ukuran yang berlebihan. Menurut Persatuan Ahli Gizi Indonesia dalam bukunya yang berjudul Tabel Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram es krim terdapat sekitar 201 kkal energi, 4 gram protein, 12,5 gram lemak, dan 123 gram kalsium.

"Bagi Anda yang sedang diet, kandungan lemak dalam 100 gram es krim ini termasuk cukup tinggi. Sebaiknya kurangi saja konsumsinya menjadi sekitar 25-30 gr per hari," tukas Chef Sandra Djohan kepada Kompas Female, dalam sebuah acara di Restoran Demang, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Selain mengurangi takaran es krim per hari, ada cara lain untuk mengurangi rasa bersalah karena makan es krim terlalu banyak. Salah satunya adalah memilih es krim yang terbuat dari susu rendah lemak. "Sekarang ini sudah banyak tersedia es krim dari susu low-fat yang memungkinkan Anda untuk makan es krim dalam jumlah yang sedikit lebih banyak namun rendah lemak," tambah pemilik restoran Epilogue di kawasan Cipete, Jakarta Selatan ini.

Es krim sendiri sebenarnya memiliki beberapa varian dengan kandungan lemak yang lebih sedikit, sementara kandungan vitamin dan seratnya lebih banyak, sehingga cocok digunakan sebagai "es krim diet". Ingin tahu jenis es krim yang bisa jadi pilihan ketika Anda sedang berdiet?

1. Gelato. Gelato sangat populer karena rasanya yang terkenal sangat lembut dan nikmat. Es krim ala Italia ini sangat disarankan untuk dikonsumsi saat diet karena kandungan lemak susunya yang sedikit. Jika es krim biasa mengandung sekitar 12,5 gr lemak, maka kandungan lemak di gelato hanya separuhnya saja. Gelato tidak dibuat dengan tambahan krim, sehingga lebih sehat dan rendah lemak. Selain itu, gelato juga mengandung banyak vitamin A, B, C, dan serat alami berkat adanya kandungan buah-buahan di dalamnya.

2. Sorbet. Sorbet juga termasuk jenis es krim yang sangat sehat karena tidak mengandung susu atau krim sama sekali. Sorbet terbuat dari buah-buahan yang dihaluskan dan dicampur dengan es serut. "Sorbet ini murni buah-buahan, sehingga termasuk jenis es krim yang paling sehat dan paling bagus untuk diet karena kandungan vitamin dan seratnya sangat tinggi," tambah Chef Sandra.

Karena sama sekali tidak mengandung susu atau krim, sorbet ini tidak memiliki kandungan lemak di dalamnya. Sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk menyantapnya. Dalam 80 gr sorbet terdapat sekitar 0,16 gr protein, dan 99,6 gr karbohidrat.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...