Sesmenko: air masalah serius

ANTARA News - Nasional - Kesehatan
ANTARA News - Nasional - Kesehatan
Sesmenko: air masalah serius
Jan 18th 2012, 11:46

Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Indroyono Soesilo mengatakan, pemenuhan kebutuhan air bersih merupakan masalah yang serius selain masalah makanan dan energi.

"Air sangat penting bagi kita dan pada 2020, dua pertiga dari tujuh miliar penduduk dunia akan mengalami masalah pemenuhan air bersih," kata Indroyono  yang mewakili Menko Kesra pada penganugerahan lomba karya tulis dan foto jurnalistik Aqua di Jakarta, Rabu.

Indroyono mengatakan, karena kebutuhan air semakin besar dengan bertambahnya jumlah penduduk maka kelestarian sumberdaya air harus terus dijaga sehingga generasi yang akan datang bisa terus mendapatkan air bersih.

"Kalau di hulu tidak dipelihara, hutan ditebang maka resapan air akan berkurang pada musim kemarau dan jika musim hujan akan terjadi banjir karena air tidak diserap oleh tanah," katanya.

Karena itu konservasi hutan sebagai paru-paru dunia sangat penting dijaga untuk keberlanjutan ketersediaan air, tambah Indroyono.

Begitu pentingnya masalah air bagi kehidupan manusia, sehingga pada 22 Maret 2012 juga akan ditetapkan sebagai Hari Air Dunia.

Dia mengatakan, untuk menggugah kesadaran masyarakat agar menjaga kelestarian sumberdaya air salah satunya dengan mengabadikan lewat foto dan tulisan tentang air seperti yang diselenggarakan Aqua dan ANTARA.

D016/D009

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...