Alasan Tersembunyi Makan Berlebihan di Pesta

VIVAnews - KOSMO
VIVAnews - KOSMO
Alasan Tersembunyi Makan Berlebihan di Pesta
Feb 3rd 2012, 01:01

Jum'at, 3 Februari 2012, 08:01 WIB

Mutia Nugraheni

VIVAnews - Saat Anda diundang makan malam atau menghadiri pesta yang diadakan kerabat dekat, pasti akan tersaji berbagai hidangan lezat. Ada kecenderungan, Anda akan makan lebih banyak dari biasanya

Hal ini bukan hanya dipicu 'lapar mata', tapi juga alasan perasaan tidak enak. Seseorang yang sensitif, ternyata cenderung makan lebih banyak dalam pesta yang diadakan kerabatnya, padahal sudah kenyang. Itu karena mereka ingin menyenangkan sang tuan rumah.

"Mereka (orang yang sensitif) tak ingin mengecewakan kerabat dan merusak harmoni sosial yang sudah tercipta. Saat ia diminta untuk makan banyak, maka akan melakukannya," kata Julie Exline, peneliti dan psikolog dari Case Western Reserve University, seperti dikutip dari Telegraph.co.uk.

Ini merupakan hasil penelitian yang melibatkan 101 mahasiswa. Mereka diberikan kuesioner untuk mengidentifikasi kecenderungan sikap menyenangkan orang lain.

Orang yang selalu ingin menyenangkan orang lain ini, juga akan merasa sangat bersalah atau gelisah jika tak berhasil menyelesaikan tugas lebih baik dibandingkan teman-temannya.

Penelitian juga menunjukkan kalau mereka, sebenarnya akan menyesal. Kondisi ini semacam tekanan sosial yang membuat mereka akhirnya melakukan hal yang tak diinginkan, hanya untuk menyenangkan orang lain. (ren)

• VIVAnews

Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Kirim Komentar

Anda harus Login untuk mengirimkan komentar

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...