Lima Makanan dengan Kekuatan Penyembuh

Liputan6 Kesehatan
Liputan6 Kesehatan
Lima Makanan dengan Kekuatan Penyembuh
Feb 3rd 2012, 08:23

Liputan6.com, Jakarta: Anda mungkin tahu tentang makanan yang kaya nutrisi, tapi apakah Anda tahu manfaat dari suatu makanan. Ada beberapa makanan yang memiliki efek penyembuhan beberapa macam penyakit, seperti melawan kanker, mengurangi kadar kolesterol, dan melawan penyakit jantung. Berikut lima makanan yang bisa menyembuhkan beberapa macam penyakit tersebut:

Kiwi Dengan bentuknya yang lonjong dan berwarna cokelat dan tekstur berbulu membuat kiwi kalah menarik dengan buah lain, seperti apel maupun jeruk. Tapi, jangan remehkan soal kandungan buah ini. Beragam manfaat buah berasa asam manis ini antara lain sebagai sumber vitamin, mineral, hingga sumber energi. Kiwi sangat baik untuk orang yang memiliki penyakit jantung, kanker atau penyakit pernapasan.

Selain itu, kiwi juga sarat phytonutrient, yakni nutrisi yang berfungsi mengaktifkan proses pembakaran lemak dalam tubuh, memperlambat proses penuaan dini, serta mengandung antioxidan. Phytonutrient akan menghasilkan polyphenols sebagai antioksidan bagi tubuh, enzim untuk pencernaan, serta karotenoids yang bermanfaat sebagai antioksidan dan kesehatan mata.

Ceri Ceri mengandung substansi yang dapat membersihkan sisa metabolisme yang mengganggu tubuh. Untuk membuang lemak, kandungan gula alami memberikan energi untuk melepaskan debris atau sisa metabolisme yang tidak diharapkan dari sel tubuh.

Ceri merupakan sumber vitamin C yang baik dan juga memiliki sifat antibakteri kuat dalam mencegah kerusakan gigi. Penelitian telah membuktikan jus ceri hitam menghambat 89 persen aktivitas enzim yang menyebabkan pembentukan plak pada gigi. Buah ini juga sangat kaya akan zat besi serta merupakan laksatif, pembangun sel darah, dan pembersih kandung empedu dan hati yang baik. Buah ceri yang baik dicirikan dengan teksturnya yang kenyal.

Kacang Panjang Selain serat, kacang juga kaya akan vitamin, mineral, serta nutrisi, Karena itu, baik dikonsumsi oleh penderita diabet. Manfaatnya: mengandung betakaroten, klorofil, vitamin B1 dan B2, serat serta pektin. Sayuran ini berguna untuk mengendalikan kadar gula darah, mengatasi hipertensi, memperkecil resiko stroke, dan serangan jantung, meningkatkan fungsi organ pencernaan, menurunkan risiko kanker, serta membantu mengatasi sembelit. Kacang panjang juga merupakan sumber omega-3 asam lemak.

Bayam Bayam merupakan sumber yang kaya serat, Viamin A dan C, bersama dengan asam folat. Bayam mempunyai manfaat yang berurusan dengan usus, seperti sembelit karena sifat seratnya. Bayam juga bagus untuk menjaga mata Anda dan saluran pencernaan yang sehat. Terlepas dari ini, bayak diketahui untuk melindungi terhadap penyakit jantung, penyakit mata, kanker prostat dan payudara, karena anti-inflamasi. Sementara adanya Vitamin K membantu dalam membangun tulang yang kuat.

Wortel Wortel kaya antioksidan. Kandungan Vitamin A membuat buah ini dikenal untuk memperbaiki penglihatan dan membantu dalam mempertahankan tekanan darah normal. Wortel juga kaya karotenoid. Wortel telah dikenal untuk mengurangi resiko penyakit mata dan kanker payudara pascamenopause.

Anda harus mengonsumsi satu wortel per hari. Sebab, akan membantu dalam merangsang sistem kekebalan tubuh dengan mempromosikan kesehatan usus besar, dan mendukung telinga, serta kesehatan mata. Wortel baik untuk dikonsumsi secara mentah atau dimasak sebentar.(Healthmeup/BOG)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments:

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...