Mengapa perempuan lebih rentan terserang osteoporosis?

ANTARA News - Nasional - Kesehatan
ANTARA News - Nasional - Kesehatan
Mengapa perempuan lebih rentan terserang osteoporosis?
Feb 2nd 2012, 08:08

Jakarta (ANTARA News) - Perempuan lebih sering terserang osteoporosis dibanding laki-laki. Perbandingannya, 1 : 3 perempuan di dunia terserang osteoporosis, sedangkan 1 : 5 laki-laki di dunia yang terserang osteoporosis.

dokter pemerhati Osteoporosi Dr Tanya TM Rotikan, SpKO membenarkan fakta itu karena massa tulang laki-laki lebih besar dibanding perempuan semenjak lahir.

Kedua, karena faktor Menopause. Menopause menyebabkan berkurangnya hormon estrogen pada tubuh perempuan. Padahal, hormon estrogen membantu tubuh menyerap kalsium untuk pembentukan tulang. 

Karena itu, perempuan yang menginjak masa-masa menopause atau umur 40 tahun ke atas harus banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium. Makanan kaya kalsium antara lain udang kering 1209 mg, teri kering 1200 mg, tepung susu 904 mg, keju 777 mg, sarden 354 mg, susu kental manis 275 mg, dan Bayam 265 mg.

"Perempuan yang berusia produktif membutuhkan asupan kalsium sebanyak 800-1000 mg perhari sedangkan perempuan Menopause membutuhkan kalsium sebanyak 1200 mg setiap hari," kata ketika menggelar seminar "Kiat menghindari osteoporosis" di Jakarta pada Rabu (1/2).

Tanya juga menganjurkan perempuan yang memasuki masa menopause untuk sering melakukan olah raga seperti berjalan kaki, jogging dan senam aerobik. (adm)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...