Olahraga Dapat Merusak Kulit

KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Olahraga Dapat Merusak Kulit
Feb 3rd 2012, 00:00

Selain memberi manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit, olahraga ternyata memiliki dampak buruk pada kulit.

KapanLagi.com - Olahraga terbukti menyehatkan dan membuat kulit lebih bersinar, tetapi untuk sebagian orang, olahraga dapat menyiksa kulit.

PLUS:

- Olahraga membuat kulit mendapat pasokan nutrisi. Seperti yang kita tahu, olahraga dapat membuat peredaran darah lebih lancar sehingga pasokan nutrisi yang diperlukan kulit tidak mengalami hambatan. Selain itu, olahraga membuat kulit mengeluarkan keringat, keringat adalah media mengeluarkan racun.

- Olahraga menurunkan risiko jerawat. Salah satu penyebab jerawat adalah stres, dan olahraga adalah media yang terbukti ampuh meredakan stres. Stres hilang, jerawat enggan datang.

- Olahraga jadikan kulit lebih bersinar. Pasokan oksigen yang lebih banyak saat kita berolahraga membuat kulit lebih bersinar, perhatikan saja sesaat setelah Anda selesai berolahraga, pipi Anda akan merona dengan alami.

MINUS:

- Gesekan kencang yang terjadi antara pakaian olahraga dan kulit dapat menyebabkan ruam dan noda kehitaman, terlebih lagi saat suhu tubuh panas. Ruam ini sering terjadi di daerah ketiak, leher dan pangkal paha. Selain itu gesekan dapat menyebabkan miliaria, yaitu kondisi di mana kelenjar keringat tersumbat sel kulit mati sehingga menyebabkan jerawat yang melepuh dan gatal.

- Peningkatan suhu tubuh pada saat olahraga dapat memperburuk kondisi seseorang yang mengalami rosacea (peradangan pada kulit atau pembuluh darah, biasanya berbentuk ruam kemerahan). Pada beberapa kasus, peningkatan suhu tubuh saat olahraga dapat menyebabkan rasa gatal pada kulit.

- Jika seseorang gemar berolahraga di luar ruangan, maka kulit yang tidak dilindungi sunscreen atau sunblock dapat meningkatkan risiko kerusakan kulit akibat terpaan sinar UV A dan UV B. Tak hanya menghasilkan kulit gosong terbakar, tetapi juga menaikkan risiko terkena kanker kulit.

- Keringat yang banyak keluar pada kulit bisa menyebabkan eczema (radang pada kulit), termasuk terpaan klorin yang banyak terkandung dalam air kolam renang.

MENGURANGI DAMPAK NEGATIF OLAHRAGA PADA KULIT

Dengan beberapa dampak yang dapat terjadi pada kulit saat Anda berolahraga, Anda tak perlu takut untuk tetap meneruskan kebiasaan sehat tersebut. Yang harus Anda perhatikan adalah beberapa hal berikut, sehingga Anda tak perlu mencemaskan dampak buruk yang terjadi pada kulit selama Anda berolahraga.

Gunakan Pakaian Yang Nyaman

Saat berolahraga, pakaian yang paling tepat adalah pakaian yang memang khusus dirancang untuk olahraga. Pakaian ini dapat mengikuti gerak tubuh tanpa menimbulkan banyak gesekan. Selain itu, pilih pakaian olahraga yang dapat menyerap keringat dengan baik.

Pakai Sunscreen/Sunblock

Tidak mau kan jika Anda berolahraga agar sehat tetapi malas memakai pelindung kulit yang pada akhirnya meningkatkan risiko terkena kanker kulit? Pakai sunscreen atau sublock pada kulit wajah dan tubuh 10 hingga 15 menit sebelum Anda keluar rumah. Ulangi pemakaian setelah dua jam dan berkeringat/terkena air.

Tetap Bersih Dan Segar

Sebelum Anda berolahraga, bersihkan wajah dari makeup dan apapun yang dapat membuat pori-pori tertutup, kemudian aplikasikan sunscreen atau sunblock. Setelah berolahraga, bersihkan tubuh Anda dengan mandi dan keramas. Jangan lupa oleskan pelembab setelah mandi untuk meminimalkan kulit kering dan iritasi yang terjadi saat olahraga.

Jaga Suhu Tubuh

Olahraga dapat meningkatkan suhu tubuh, tetapi jangan biarkan hal ini membuat Anda sembarangan memilih jam olahraga yang dapat makin meningkatkan suhu tubuh. Anda bisa memilih berenang sebagai olahraga yang menyehatkan dan tetap menjaga suhu tubuh. Anda juga bisa memilih gym yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Jika di luar ruangan, pilih waktu yang sejuk yaitu sebelum pukul 8 pagi atau selepas pukul 4 sore. (wo/wsw)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments:

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...