Couscous, Makanan Penuh Nutrisi

VIVAnews - KOSMO
VIVAnews - KOSMO
Couscous, Makanan Penuh Nutrisi
Feb 4th 2012, 07:14

Sabtu, 4 Februari 2012, 14:14 WIB

Mona Indriyani

VIVAnews - Couscous sangat populer di negara Afrika dan Timur Tengah. Seperti Libya, Maroko, Mesir, Lebanon, Tunisia, dan Arab. Di Indonesia, couscous juga dikenal dengan nama bulgur.

Couscous adalah gandum mentah yang dipecahkan, menyerupai semolina. Bahan pangan ini dibuat dengan cara mengambil semolina, yaitu zat tepung dan biji gandum. Bentuknya butiran kecil dengan ukuran 1 mm, hampir menyerupai beras. Namun, bentuknya pendek dan membulat.

Couscous bisa digunakan sebagai makanan pendamping beragam hidangan, terutama makanan yang tinggi karbohidrat, seperti nasi atau kentang. Di dunia kuliner, couscous juga diolah menjadi nasi kebuli, isian sup, atau sebagai campuran olahan daging.

Bahan pangan ini sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes, kolesterol, dan jantung. Tinggi serat, protein, dan zat besi. Tiap 98 mikrogram couscous mengandung lutein dan zeaxanthin yang penting bagi kesehatan mata.

Biasanya couscous dijual dalam bentuk mentah. Tapi, kini tersedia juga dalam kemasan precooked --hanya perlu dihangatkan atau diseduh. Tetapi, couscous bentuk precooked mengandung lebih sedikit nutrisi dibandingkan couscous mentah atau tradisional. (art)

• VIVAnews

Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Kirim Komentar

Anda harus Login untuk mengirimkan komentar

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments:

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...