Merebus Pasta agar Tetap "Al Dente"

KOMPASfemale
KOMPASfemale
Merebus Pasta agar Tetap "Al Dente"
Jan 17th 2012, 18:55

KOMPAS.com - Pasta memang paling enak disantap dalam tingkat al dente, atau tidak terlalu matang, sehingga masih memiliki tekstur yang kenyal dan tidak lembek. Namun, sulit untuk mengetahui apakah pasta tersebut sudah al dente atau belum.

"Agar tekstur pasta ini tetap ada dan rasanya juga tidak terlalu lembek, sebaiknya perhatikan tingkat kematangan pasta dengan cara memperhatikan waktu dan ciri khas dari pasta tersebut," ungkap Chef Eko dari Scusa restaurant, Intercontinental Midplaza Hotel, Jakarta Selatan, Minggu (15/1/2012) lalu.

Tingkat kematangan dan lamanya pemasakan pasta ini tergantung pada proses pembuatan pasta itu sendiri, yaitu pasta instan dalam bentuk kering, dan juga pasta homemade yang berbentuk basah seperti mie basah. "Pasta kering dan basah ini berpengaruh pada lamanya memasak," tambahnya.

Ketika memasak pasta dalam bentuk kering, sebaiknya pasta direbus dalam panci tinggi dan air yang banyak sehingga pasta akan tenggelam ketika direbus selama 5-6 menit. Namun, ketika merebus pasta dalam bentuk pasta basah, sebaiknya tidak merebus pasta dalam waktu yang lama agar tak terlalu lodoh. "Cukup rebus dalam waktu 3 menit saja," tukasnya.

Untuk mengetahui tingkat kematangan yang al dente sebaiknya lihat bagian tengah pasta yang dimasak. "Jika bagian tengahnya sudah putih, maka pasta ini sudah al dente dan harus langsung diangkat," pungkasnya.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...