Studi: Diabetes Perburuk Gangguan Pendengaran

VIVAnews - KOSMO
VIVAnews - KOSMO
Studi: Diabetes Perburuk Gangguan Pendengaran
Jan 30th 2012, 09:19

Senin, 30 Januari 2012, 16:19 WIB

Pipiet Tri Noorastuti

VIVAnews - Hampir semua orang mengalami penurunan kepekaan pendengaran seiring pertambahan usia. Hanya, mereka dengan diabetes tak terkontrol memiliki risiko mengalami gangguan pendengaran lebih buruk dibandingkan mereka yang sehat.

Studi Henry Ford Hospital di Detroit, terhadap wanita usia antara 60 dan 75 menunjukkan, mereka dengan diabetes terkontrol memiliki kualitas pendengaran lebih baik daripada mereka dengan diabetes yang kurang terkontrol.

Mereka dengan diabetes terkontrol memiliki tingkat pendengaran mirip dengan mereka yang non-diabetes di usia sama. Sementara studi terhadap wanita usia lebih muda menunjukkan, mereka yang mengidap diabetes memiliki kualitas pendengaran lebih buruk, meski glukosa darah telah dikontrol dengan baik.

"Gangguan pendengaran adalah bagian normal dari proses penuaan, tapi sering terjadi lebih cepat pada pasien dengan diabetes, terutama jika tingkat glukosa darah tak dikendalikan dengan obat-obatan atau diet," kata J Derek Handzo dari Departemen Bedah THT Henry Ford, seperti dikutip Times of India.

Lewat studi itu, Handzo hendak mengingatkan pasien diabetes mengenai pentingnya mengontrol diabetes. Terutama, seiring pertambahan usia.

Studi yang dipresentasikan di pertemuan ilmiah tahunan akhir pekan lalu di Miami Beach ini menyebut tanda-tanda gangguan pendengaran yang paling jamak adalah kesulitan mendengar suara latar belakang atau mendengar percakapan dalam kelompok besar. (eh)

• VIVAnews

Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Kirim Komentar

Anda harus Login untuk mengirimkan komentar

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...