Tips Untuk Pulih Lebih Cepat Setelah Latihan

KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Tips Untuk Pulih Lebih Cepat Setelah Latihan
Jan 29th 2012, 02:00

Apakah Anda masih merasakan nyeri otot dan pegal-pegal meskipun sudah beristirahat setelah latihan? Temukan tips untuk mempercepat pemulihan Anda setelah latihan di bawah ini.

KapanLagi.com - Oleh: Tim Dunia Fitnes

Banyak orang telah mengetahui tentang bahaya dari latihan berlebihan alias overtraining. Namun demikian, tak jarang kita merasakan gejala overtraining meskipun sebenarnya kita tidak melakukan latihan secara berlebihan. Yang ada hanyalah kurangnya pemulihan atau recovery yang optimal.

Berikut adalah beberapa saran untuk membantu memulihkan tubuh Anda lebih cepat sehingga Anda dapat terus berlatih dengan intensif.

Tidur Yang Cukup

Anda biasa mendengar bahwa orang perlu tidur 8 jam sehari. Itu mungkin tidak cukup untuk Anda. Cara terbaik untuk menilainya adalah dengan tidur sampai Anda terbangun sendiri, tanpa alarm.

Tidur Siang

Cobalah mencari tempat yang tenang untuk tidur siang selama sekitar 20 menit. Tidur siang telah terbukti dapat meningkatkan kewaspadaan dan kinerja. Cobalah untuk mencari tempat yang gelap dan hangat di mana Anda tidak akan terganggu. Jika perlu, gunakanlah selimut dan masker mata.

Meditasi

Meditasi memiliki banyak manfaat yang mirip dengan tidur siang. Meditasi membantu mengurangi stres dan dan dapat menenangkan pikiran. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa meditasi juga dapat menurunkan produksi laktat setelah latihan.

Mandi

Tepatnya mandi air panas selama 3-4 menit dan dilanjutkan dengan air dingin selama beberapa menit. Air hangat mendorong pembuluh darah untuk melebar dan air dingin membuat mereka kontraksi. Lakukan ini sebanyak 3-5 set akan mempercepat aliran darah Anda.

Makan Untuk Pemulihan

Pastikan diri Anda untuk makan yang cukup dan makan makanan yang sehat. Jika tubuh Anda tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan maka tubuh tidak bisa dipulihkan. Setelah latihan, sebaiknya Anda makan makanan yang tepat bagi tubuh Anda yaitu protein dan karbohidrat yang cepat serap.

Massage

Massage atau pijat dengan pijatan yang baik dan dilakukan secara teratur baik untuk relaksasi serta memperlancar peredaran darah Anda. Dengan peredaran darah yang lebih lancar, maka pasokan nutrisi dan oksigen dalam tubuh akan lancar, sehingga pemulihan pun akan lebih cepat dan optimal.

Pemulihan sama pentingnya dengan latihan. Ini adalah hal penting yang kadang terlupakan untuk dapat meningkatkan performa dan kesehatan, dan membuat Anda tetap dapat berlatih dengan baik. Selamat berlatih! (df/miw)

Source: http://duniafitnes.com

Provided by:

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...