6 Peregangan untuk Redakan Stres

KOMPASfemale
KOMPASfemale
6 Peregangan untuk Redakan Stres
Jan 17th 2012, 11:32

KOMPAS.com - Ketika bekerja di depan komputer seringkali rasa lelah melanda. Selain lelah, stres pun akan sering terasa dan bisa menyebabkan kehilangan konsentrasi saat bekerja.

Untuk meringankan gejala stres yang melanda, lakukan olahraga ringan dan simpel sembari bekerja di meja Anda. Misalnya, melakukan peregangan. Yang harus diperhatikan adalah mempertahankan posisi duduk Anda dengan tegak dan lurus. Artinya, leher dan tulang belakang dalam posisi tegak dan netral, bahu dan tubuh lurus, lutut ditekuk 90 derajat dengan kedua kaki rata di lantai.

Lakukan peregangan ini setidaknya 3-4 kali seminggu, tahan selama 15-30 detik, dan ulangi dua kali setiap sesinya.

1. Peregangan leher Miringkan kepala Anda, pegang bagian leher Anda dan tarik sedikit sampai telinga menyentuh bahu sambil berikan sedikit tekanan. Anda akan merasakan peregangan di sepanjang sisi kiri leher Anda. Lakukan bergantian di bagian kiri dan kanan leher.

2. Peregangan kepala Duduklah dalam posisi tegak, dengan tulang punggung dalam posisi lurus dan netral, santai, kepala ke arah kanan sehingga Anda bisa menatap melewati bahu kanan, seperti gerakan menengok. Lakukan hal ini di kedua arah, kanan dan kiri. Lakukan selama beberapa detik sehingga Anda merasa santai.

3. Peregangan bahu Jaga posisi bahu agar tetap santai, dan letakkan lengan kanan di atas lengan kiri di depan dada. Beri sedikit tekanan untuk meredakan rasa stres. Lakukan kebalikannya selama beberapa saat.

4. Peregangan punggung belakang Silangkan kedua lengan Anda di depan tubuh sambil bersandar di kursi. Kemudian sambil menyilangkan tangan, raihlah lengan kursi. Jika tidak ada, berpeganglah ke bagian bawah kursi. Peregangan sambil memengang lengan kursi ini bisa menjaga tulang belakang Anda dalam posisi yang lurus sehingga bagian punggung belakang Anda akan terasa lebih nyaman setelah melakukan peregangan.

5. Peregangan punggung depan Jagalah tulang punggung Anda dalam keadaan tegak, kemudian bungkukkan punggung Anda dari pinggul mencapai ke lantai. Buatlah gerakan seolah ingin menyentuh jari kaki, letakkan tangan pada pergelangan kaki atau tulang kering kaki Anda.

6. Peregangan jari tangan Pegang tangan kanan Anda, dan letakkan di atas meja. Kemudian gunakan jari telunjuk dan jari tengah Anda, lakukan peregangan dengan menjauhkan masing-masing bagian jari yang diregangkan. Lakukan pada kedua belah tangan.

Sumber: Readers Digest

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...