5 Kebiasaan Makan Penyebab Kegemukan

KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
5 Kebiasaan Makan Penyebab Kegemukan
Jan 13th 2012, 00:00

Kebiasaan buruk yang tampak wajar ini bila dilakukan terus menerus bisa membuat lonjakan pada berat badan seseorang.

KapanLagi.com - Kebiasaan makan yang buruk dapat menyebabkan timbulnya masalah kesehatan dan masalah kenaikan berat badan. Kadang, seseorang tidak sadar bahwa dirinya sering melakukan kebiasaan makan yang buruk. Apakah Anda memiliki kebiasaan makan yang buruk, temukan faktanya!

1. Mengunyah Terlalu Cepat

Mengunyah makanan yang terburu-buru adalah kebiasaan makan yang buruk. Makanan yang dikunyah dengan cepat belum hancur dengan sempurna dan memberatkan kerja lambung dan sistem pencernaan setelah makanan ditelan. Terlalu cepat mengunyah juga membuat Anda cepat menyelesaikan makan, padahal tubuh baru bisa memberi sinyal kenyang setelah 20 menit. Akibatnya, Anda cenderung sering tergoda untuk menambah asupan makanan akibat makan terlalu cepat.

2. Makan Sambil Melakukan Aktivitas Lain

Seharusnya, makan adalah kegiatan yang harus dilakukan dengan serius dan tidak sekedar memasukkan makanan ke dalam mulut. Seringkali acara makan dilakukan sambil menonton televisi, bekerja di depan komputer atau sambil melakukan aktivitas lain. Saat Anda tidak fokus pada makanan Anda, Anda tidak akan sadar telah berapa banyak makanan yang Anda konsumsi. Karena itu, biasakan makan di meja makan dan menikmati setiap suapan sekaligus fokus mengunyah.

3. Terlalu Banyak Kandungan Gula

Perhatikan asupan makanan Anda, terlebih lagi kandungan gula. Anda mungkin tidak merasa kenyang setelah mengonsumsi sekaleng soft drink, padahal jumlah gula sangat tinggi. Kandungan gula yang tinggi berarti Anda juga telah memasukkan banyak kalori dalam tubuh.

4. Makan Saat Emosi

Saat pikiran penat atau emosi meledak-ledak, salah satu cara menyalurkannya melalui makanan. Cara ini merupakan kebiasaan yang buruk, karena seseorang cenderung makan berlebih saat dilingkupi emosi. Terlebih lagi jika makanan yang Anda konsumsi mengandung banyak kalori, misalnya donat, keripik kentang, burger, dan lain sebagainya. Alihkan emosi dengan cara lain, misalnya olahraga atau mendengarkan musik yang menenangkan.

5. Makan Sesaat Sebelum Tidur

Ada baiknya Anda makan 3 - 4 jam sebelum tidur. Makan sesaat sebelum tidur akan membuat pencernaan bekerja lebih berat dan membuat tidur Anda tak nyaman. Selain itu, kebiasaan buruk ini hanya akan menumpuk kalori yang tak banyak diperlukan saat tidur. Jangan heran bila berat badan Anda cepat melambung jika terus-terusan makan sesaat sebelum tidur. (wo/wsw)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...