Gisele: Anti Nasi Putih untuk Jaga Berat Badan

KOMPASfemale
KOMPASfemale
Gisele: Anti Nasi Putih untuk Jaga Berat Badan
Jan 13th 2012, 16:45

KOMPAS.com - Sadar bahwa penampilan dan bentuk tubuh menunjang kariernya, Gisella Anastasia atau yang akrab disapa Gisele ini pun selalu menjaga bentuk tubuhnya agar ideal. Meski tak pernah memiliki masalah dengan obesitas, namun ternyata penyanyi perempuan jebolan Indonesian Idol ini menjaga pola makannya dan juga melakukan diet.

"Sampai saat ini yang aku lakukan adalah diet nasi," ungkap Gisele kepada Kompas Female di sela acara pembukaan perayaan Imlek "The Art of Dragon Year" di Mal Ciputra, Jakarta Barat,  Jumat (13/1/2012).

Diet nasi yang dilakukan Gisele ini sebenarnya termasuk dalam jenis diet karbohidrat. Namun dalam diet karbohidrat sendiri masih dibagi lagi menjadi beberapa bagian diet gula, dan lainnya. Dalam menjalankan diet ini, Gisele memilih tak mengonsumsi nasi putih sama sekali.  Namun sebagai penggantinya, ia mengkonsumsi nasi merah. "Itu juga dalam porsi yang kecil. Tapi sebisa mungkin menghindari karbohidrat," tambahnya.

Diet yang dilakukannya ini memang hanya menghilangkan konsumsi karbohidrat dalam nasi putih. Namun asupan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh tetap dipenuhinya dari aneka makanan pengganti. Terdapat sejumlah jenis makanan utama dengan kandungan karbohidrat yang lebih rendah, misalnya kentang, ubi, gandum, atau nasi merah. Makanan pengganti lain yang biasanya disantap Gisele adalah pasta.

"Aku suka banget sama Aglio Olio, jadi sering makan pasta. Apalagi pasta juga katanya bagus untuk diet," ujarnya.

Pasta termasuk sumber karbohidrat kompleks yang baik untuk diet. Respons insulin karbohidrat kompleks terhadap tubuh berlangsung lambat dan berjalan sedikit demi sedikit. Karena dilepaskan secara bertahap, gula darah mengalir optimal, sehingga kemungkinan untuk ditimbun atau disimpan dalam sel lemak yang menyebabkan kegemukan akan berkurang. Tingkat energi yang dihasilkan karbohidrat kompleks juga tinggi.

Meski demikian perempuan berkulit putih ini ternyata mengaku sering curang ketika menjalankan diet ini. "Aku sering banget curang dan 'nyolong-nyolong' untuk makan nasi putih, terutama kalau lagi tidak ada makanan lainnya dan terasa lapar, jadi suka nggak tahan," bebernya sembari tertawa lebar.

Menyadari bahwa hal tersebut tak boleh dilakukannya, ia pun berusaha semaksimal mungkin meredam keinginan. Siasatnya, ia pun banyak mengonsumsi berbagai makanan lainnya yang rendah karbohidrat. "Kalau makanan yang lain tidak ada pantangan. Jadi perbanyak makan sayur, dan protein saja," tukasnya.

Gisele sendiri pada dasarnya termasuk perempuan yang doyan makan dan karena itulah ia pernah mengalami kelebihan berat badan. "Dulu beratnya pernah sampai 58 kg, namun untuk tuntutan tampil di televisi harus dikurangi. Dan sekarang beratnya sudah turun 8 kg," ujar perempuan yang memiliki berat tubuh ideal 48 kg ini.

Sebelum melakukan diet karbo ini, Gisele pernah mencoba jenis diet yang lain yaitu diet golongan darah. Perempuan bergolongan darah O ini ternyata tidak sanggup untuk menjalankannya karena terlalu banyak pantangan makanan yang harus dihindari. "Makanan yang dihindari banyak banget, mulai dari keju, susu, dan lainnya. Dan aku nggak bisa kalau kehilangan semua makanan enak itu," candanya.

Alhasil, diet golongan darah yang sempat dipelajarinya dari buku, bukan menjadi pilihannya. Pilihan diet yang dicobanya dan terbukti cocok dan ampuh menurunkan berat badannya adalah diet karbohidrat, hanya dengan tidak makan nasi putih, bukan menghentikan asupan karbohidrat sepenuhnya.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...