5 Manfaat Latihan Bagi Kesehatan Mental dan Pikiran

KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
5 Manfaat Latihan Bagi Kesehatan Mental dan Pikiran
Jan 13th 2012, 02:00

KapanLagi.com - Anda tentu setuju jika latihan fisik dan olahraga teratur memiliki segudang manfaat bagi kesehatan Anda. Anda akan merasa tubuh Anda menjadi lebih segar dan bugar ketika Anda berlatih dengan rutin. Namun demikian, bagaimana latihan dapat mempengaruhi kesehatan mental dan pikiran Anda? Simak kelima manfaat latihan untuk mental dan pikiran yang lebih fresh berikut ini:

1. Mengurangi efek merusak dari stres

Latihan ringan seperti berlari atau berjalan cepat di atas treadmill selama 30 menit pun dapat menjadi cara instan untuk melepaskan ketegangan dengan meningkatkan kadar zat kimia otak yang bersifat "menenangkan" seperti serotonin, dopamin, dan norepinefrin. Menurut sebuah studi di University of California, San Francisco, olahraga dapat bekerja pada tingkat sel untuk membalikkan efek buruk stres pada proses penuaan. Para peneliti menemukan bahwa wanita yang melakukan aktivitas fisik rata-rata 45 menit selama tiga hari memiliki lebih sedikit sel-sel yang mengalami tanda-tanda penuaan dibandingkan dengan wanita dengan tingkat stres yang sama tapi tidak aktif atau tidak berolahraga teratur. Latihan juga membantu mengubah aliran darah ke daerah-daerah di otak yang terlibat dalam meringankan stres.

2. Mengurangi depresi

Penelitian menunjukkan bahwa latihan rutin dan aktivitas fisik lain yang merangsang munculnya keringat selama 3 kali seminggu dapat mengurangi gejala depresi seefektif antidepresan. Itu mungkin karena olahraga diyakini dapat merangsang pertumbuhan neuron di daerah otak tertentu yang rusak selama depresi. Penelitian pada hewan juga menemukan bahwa meningkatkan latihan akan meningkatkan produksi molekul otak yang dapat meningkatkan hubungan antara sel saraf, sehingga bertindak sebagai antidepresan alami.

3. Meningkatkan kemampuan dalam mempelajari sesuatu.

Latihan akan meningkatkan faktor pertumbuhan dalam otak yang membantu membuat sel-sel otak baru dan menjalin koneksi baru di antara sel-sel otak untuk membantu Anda belajar. Menariknya, kegiatan yang kompleks, seperti bermain tenis atau mengikuti kelas dance, memberikan dorongan otak terbesar. Seperti halnya otot, Anda harus menekan sel-sel otak Anda untuk membuat mereka tumbuh. Kegiatan yang kompleks juga meningkatkan kapasitas untuk belajar dengan meningkatkan perhatian dan kemampuan konsentrasi. Menurut para peneliti Jerman, siswa SMA menunjukkan hasil yang lebih baik pada tugas-tugas yang butuh konsentrasi tinggi setelah melakukan 10 menit aktivitas kebugaran kompleks dibandingkan dengan 10 menit kegiatan rutin.

4. Meningkatkan rasa percaya diri dan penghargaan terhadap diri.

Anda tidak perlu membuat mengubah bentuk tubuh Anda secara drastis terlebih dahulu untuk mendapatkannya. Studi menunjukkan bahwa hanya dengan melihat peningkatan kebugaran tubuh, seperti berlari lebih cepat atau mengangkat beban lebih berat dari sebelumnya, dapat meningkatkan percaya diri dan penghargaan Anda terhadap diri Anda sendiri.

5. Membuat Anda merasa gembira.

Dengan melakukan latihan, Anda akan merasa lebih fresh, fit dan Anda akan merasa lebih baik dan gembira sepanjang hari.

Nah, dengan mengetahui berbagai manfaat latihan teratur bagi kesehatan mental dan pikiran Anda, maka mulailah masukkan latihan sebagai prioritas dalam jadwal harian Anda. Selamat berlatih! (df/miw)

Source: http://duniafitnes.com

Provided by:

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...