Atasi Radang Tenggorokan di Musim Hujan

VIVAnews - KOSMO
VIVAnews - KOSMO
Atasi Radang Tenggorokan di Musim Hujan
Jan 12th 2012, 03:49

VIVAnews - Radang tenggorokan menjadi ancaman menyiksa di tengah musim hujan. Selain rasa gatal dan sakit saat menelan, gejala flu ini biasanya juga disertai badan pegal-pegal, hidung berlendir, demam, dan nyeri otot.

Jangan buru-buru minum obat. Coba redakan dengan ramuan herbal yang bisa Anda racik sendiri di rumah.

Sup jamur Jamur adalah makanan yang cukup populer untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. "Penelitian menunjukkan bahwa jamur meningkatkan produksi dan aktivitas sel darah putih. Ini sangat baik bila tubuh mengalami infeksi," kata Douglas Schar, Direktur Institute of Herbal Medicine, di Washington DC, AS.

Salah satu jamur termahal, shiitake, adalah yang memiliki nutrisi paling baik untuk kekebalan tubuh. Jamur maitake juga memiliki manfaat yang sama. Anda bisa mengolahnya sesuai menu favorit, seperti sup. Santap selagi hangat untuk memberikan efek melegakan di tenggorokan.

Buah sitrus Tak hanya kaya vitamin C, buah sitrus, seperti jeruk atau lemon, juga kaya antioksidan yang bermanfaat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Buatlah jus lemon tanpa es atau jeruk peras hangat. Minuman sederhana ini cukup efektif melegakan tenggorokan yang tak nyaman dan mencegah serangan flu semakin kronis. Untuk efek terbaik, tambahkan satu sendok madu ke dalam minuman.

Teh hijau Kandungan polifenol dalam teh hijau yang terkenal ini memang ampuh untuk melindungi tenggorokan dari serangan virus flu. Sebuah penelitian di Kanada menunjukkan bahwa teh hijau bisa mendorong tubuh melawan perkembangan virus. Mengandung senyawa yang dapat menghentikan aktivitas penggandaan virus. Tapi ingat, jangan meminumnya terlalu panas sebab justru bisa memicu radang semakin parah.

Cuka apel Kandungan vitamin C dan antioksidan membuat cuka apel baik untuk mengenyahkan virus. Bila Anda tak tahan rasanya yang terlalu asam, bisa ditambahkan madu. Bisa juga Anda gunakan sebagai cairan kumur dengan tambahan air hangat untuk melegakan tenggorokan yang tak nyaman. Selain cuka apel, cairan kumur juga bisa Anda buat dari campuran air hangat dan teh raspberry, jahe, atau kunyit.

Uap rempah Selain minuman, Anda juga bisa membuat racikan rempah di air hangat untuk penguapan atau steam. Campur air hangat dengan ramuan rempah yang melegakan hidung dan tenggorokan seperti minyak eucalyptus, kunyit, dan jahe, di baskom. Dekatkan wajah sambil menutup area sekitar dengan handuk kering. Cara tradisional ini cukup diandalkan mencegah dan mengatasi flu.

• VIVAnews

Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Kirim Komentar

Anda harus Login untuk mengirimkan komentar

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...