FOTO: Pesona Batik Dua Sisi

VIVAnews - KOSMO
VIVAnews - KOSMO
FOTO: Pesona Batik Dua Sisi
Jan 14th 2012, 09:55

Sabtu, 14 Januari 2012, 16:55 WIB

Pipiet Tri Noorastuti

VIVAnews - Batik tak lagi sekedar jarik atau kemben yang identik dengan masyarakat tempo dulu atau pedesaan. Wujudnya pun tak melulu helaian kain panjang tanpa jahit. Kain yang dilukis dengan lilin atau malam itu telah menjadi bagian tren fashion.

Berbagai inovasi pun terus dilakukan demi memikat pasar dunia. Tanpa menerjang pakem batik tradisional, sejumlah industri mode di tanah air berkreasi mengawinkannya dengan sentuhan modern.

Mengusung tema 'Cipta Karya Cinta', pengusaha batik Hermawan Liem meluncurkan koleksi perdananya 'Batik 2 Sisi'. Di tengah produksi batik tradisional yang membutuhkan proses panjang, ia berinovasi menciptakan batik dengan dua sisi, luar dan dalam, yang tidak bisa dibuat secara tradisional dengan canting.

Lewat berbagai percobaan selama 25 tahun, ia menemukan teknik cetak untuk dua muka kain (duplex printing). Teknik ini menghasilkan batik dengan motif dua sisi yang presisi.

Dengan keunggulan proses produksi yang lebih cepat dari batik tulis tradisional, teknik kreasinya telah menghasilkan ragam motif batik dari berbagai daerah seperti Madura, Lasem, Pekalongan, Yogya, Cirebon, dan batik kombinasi lainnya.

Menandai peluncuran koleksi perdananya, ia menggelar serangkaian fashion show di Palalada, Alun-alun Grand Indonesia, 13-20 Januari 2012. Penasaran dengan kreasinya? Klik tautan ini.

(eh)

• VIVAnews

Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Kirim Komentar

Anda harus Login untuk mengirimkan komentar

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...