Bahaya Memakai Cat Alis Mata

KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Bahaya Memakai Cat Alis Mata
Jan 14th 2012, 00:00

Ada bahaya yang sangat besar jika Anda mengubah warna alis mata dengan cat alis mata layaknya cat rambut.

KapanLagi.com - Mengganti warna rambut dengan bantuan cat rambut adalah hal yang biasa. Semua orang bisa mengganti warna rambut secara permanen dengan bantuan cat rambut. Sayangnya, ada yang akan terasa janggal jika Anda memiliki warna rambut burgundy (hasil cat rambut) tetapi alis mata Anda hitam.

Untuk warna yang serasi antara rambut dan alis mata, cara yang sering dilakukan wanita akhir-akhir ini adalah memakai cat khusus untuk alis mata. Dengan proses yang hampir sama dengan cat rambut, voila.. Anda akan mendapat warna yang serasi. Tetapi ada bahaya yang sangat besar jika Anda melakukan cara ini.

Bagaimana Cara Kerja Cat Alis?

Sebelum mengetahui bahayanya, Anda harus tahu bagaimana cat ini bekerja hingga mengubah warna alis mata. Pada dasarnya, cat alis mata memakai tekhnologi yang sama dengan cat rambut, terdapat proses yang disebut pewarna oksidasi karena mengandung bahan oksidasi, biasanya hydrogen peroxide. Zat inilah yang akan menyebabkan perubahan molekul warna pada rambut dan alis.

Apakah Produk Tersebut Aman?

Sayangnya tidak. Berdasarkan kutipan dari Self, pewarna oksidasi memiliki bahan kimia reaktif yang dapat menyebabkan reaksi alergi, ruam kemerahan, pengelupasan kulit, melepuh, dan bila terkena mata bisa menyebabkan kebutaan. Karena itulah Anda harus melakukan pengetesan dengan mengoles cat rambut/cat alis pada kulit yang tersembunyi (selalu ada instruksi ini pada label cat).

Mata Anda adalah daerah yang sangat sensitif, dan kulit di sekitar area mata adalah bagian yang paling sensitif pada kulit wajah (karena itulah tercipta cairan khusus--eye makeup remover untuk membersihkan makeup untuk daerah di sekitar mata). Sehingga bagian ini paling mudah bereaksi terhadap alergi yang lebih berbahaya.

Tidak Disetujui FDA

Dengan potensi bahaya yang sangat besar, maka FDA Amerika Serikat tidak menyetujui proses pengubahan warna alis mata dengan menggunakan cat seperti yang sering Anda lakukan pada rambut. FDA juga mengatakan bahwa bahaya kesehatan yang sangat besar dapat terjadi secara permanen, misalnya saja penglihatan Anda terganggu bahkan kebutaan.

Pertimbangkan lagi jika Anda ingin melakukan proses pewarnaan alis dengan menggunakan cat alis mata. Jangan tergoda dengan iming-iming salon kecantikan yang mengatakan produk mereka aman. Cara paling aman untuk mewarnai alis mata adalah dengan pensil alis atau gel khusus untuk alis yang bisa dihilangkan dengan eye makeup remover. (wo/wsw)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...