Sering Makan tapi Bisa Tetap Langsing, Asal...

Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Sering Makan tapi Bisa Tetap Langsing, Asal...
Jan 12th 2012, 13:25

Kamis, 12 Januari 2012 | 09:38 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Makan di restoran secara rutin dengan mengkonsumsi porsi besar makanan berkalori tinggi bisa memicu risiko kenaikan berat badan sehingga Anda mengalami obesitas. Namun sebuah studi mengungkapkan bahwa ada beberapa langkah yang membuat Anda tetap bisa sering makan di restoran sembari menurunkan berat badan.

Para peneliti mengamati 35 wanita usia pertengahan dan menemukan, setelah enam minggu mengikuti program "mencegah kenaikan berat badan", mereka mengalami penurunan berat badan lebih banyak ketimbang para wanita yang tidak mengikuti program tersebut.

Dalam program ini, peneliti menyarankan, saat makan di restoran, para wanita sebaiknya meminta separuh makanan mereka diambil sebelum mulai makan. Mereka juga harus mengecek informasi kalori di situs restoran tersebut.

"Mengontrol dan mengatur apa yang Anda makan sangatlah bermanfaat," kata ketua peneliti, Gayle Timmerman--seorang perawat yang meneliti mengenai pola makan dan berat badan wanita di University of Texas, Amerika.

Dalam penelitian ini, wanita yang masuk di grup pencegahan mendatangi sesi kelas dua jam selama enam minggu berturut-turut. Di antara sesi tersebut digelar diskusi tentang mengatur berat badan, target mingguan, strategi makan di luar rumah, dan meditasi mengenai makanan yang membantu wanita mengapresiasi penglihatan, penciuman, dan tekstur saat makan.

Secara umum, wanita yang berpartisipasi dalam program ini mengalami penurunan berat badan hingga 4 pon, sementara wanita di grup lain hanya kehilangan berat badan 1,5 pon.

Yang menarik, selama program berlangsung, para wanita itu ternyata tidak menurunkan frekuensi kunjungannya ke restoran. Artinya mereka tetap melanjutkan kebiasaan makan di luar sembari tetap mengatur berat badan mereka.

Berikut ini tip saat makan di luar rumah:

• Atur kalori Anda. Jika Anda tahu akan makan di luar, konsumsilah makanan ringan, tetapi jangan lewatkan waktu makan. Kemungkinan Anda akan makan berlebihan setelah itu.

• Perhatikan yang Anda konsumsi dan nikmati pengalaman tersebut. Cobalah untuk mengunyah perlahan dan nikmati.

• Hindari kalori yang tidak disukai. Lewatkan makanan yang Anda tak suka, tetapi tidak berarti Anda harus melewatkan sayuran!

LIVE SCIENCE | ARBA'IYAH SATRIANI

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...