Ilmuwan Kembangkan Pil Pengganti Olahraga

VIVAnews - KOSMO
VIVAnews - KOSMO
Ilmuwan Kembangkan Pil Pengganti Olahraga
Jan 12th 2012, 08:51

Kamis, 12 Januari 2012, 15:51 WIB

Pipiet Tri Noorastuti

VIVAnews - Tak ada yang meragukan manfaat olahraga untuk kesehatan. Hanya, tak semua orang tertarik meluangkan waktu untuk melakukannya. Di tengah persoalan ini, sejumlah ilmuwan dari Harvard Medical School mencoba mengembangkan pil yang memberikan efek sama seperti olahraga.

Para ilmuwan mengklaim bahwa ada sebuah hormon di sel otot yang dapat merangsang pembakaran kalori. Hormon ini juga digadang-gadang menjadi senjata ampuh untuk melawan obesitas.

Produksi hormon yang disebut irisin tersebut mengalami peningkatan ketika tubuh melakukan olahraga. Meningkatkan pelepasan energi dan mengontrol kadar gula darah. Hormon ini diyakini membantu menggantikan manfaat olahraga pada pengobatan obesitas, diabetes, dan kanker.

Profesor Bruce Spiegelman, yang memimpin penelitian, percaya bahwa irisin akan membantu terapi sejumlah penyakit yang memerlukan intensitas olahraga atau latihan fisik. "Namun, apakah irisin dalam dosis tinggi dapat menurunkan berat badan secara drastis harus ditinjau lagi," katanya seperti dikutip Telegraph.  Temuan yang dipublikasikan di jurnal online Nature ini penting untuk memahami mekanisme biologis dalam menerjemahkan manfaat latihan fisik terhadap perubahan tubuh yang positif. Baik pada orang sehat, maupun mereka yang mengalami gangguan kesehatan.

Meski memiliki manfaat sama dengan olahraga, Spiegelman memeringatkan sejak dini bahwa pil ini tak boleh dikonsumsi sebagai pengganti olahraga pada pasien sehat. "Kami tidak mencoba untuk menggantikan diet dan olahraga. Itu masih penting," Spiegelman menegaskan. (art)

• VIVAnews

Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Kirim Komentar

Anda harus Login untuk mengirimkan komentar

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...