Kenapa Sih Nikah Itu Mahal?

KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Kenapa Sih Nikah Itu Mahal?
Feb 2nd 2012, 00:00

"Buat apa nikah mahal dan mewah, kayak artis tuh... nanti ujung-ujungnya ternyata cerai" Haha, pernyataan yang menggelitik bukan. Tapi, masuk akal juga nih. Kenapa sih, buat nikah aja kita harus merogoh kocek cukup dalam?

KapanLagi.com - Sebagian dari Anda mungkin sedang stress memikirkan budget pernikahan yang kalau dihitung-hitung semakin membengkak. Dan tak sadar Andapun jadi ngomel sendiri, "mau nikah aja kok repot, pakai harus keluar duit banyak lagi..." Dan, memang. Kalau dipikir lagi, kenapa sih kita harus mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk sebuah pernikahan?

Besar tidaknya dana yang dihabiskan untuk menikah sebenarnya relatif. Masing-masing pasangan tentunya punya budget tersendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan dan pengeluaran. Namun, berdasarkan info dari sebagian orang, setidaknya 10 juta rupiah mereka habiskan dalam sebuah pernikahan. Wow, bukan angka yang kecil kan.

Haruskah sampai menghabiskan dana sedemikian besar?

Tentu jawabannya tidak. Semua kembali kepada rancangan pernikahan Anda sendiri, akan dibuat seperti apa acara pernikahan Anda. Akankah mengundang seluruh kerabat dan sahabat? Akankah memakai gedung yang megah? dan lain sebagainya. But, well... mari kita bahas satu per satu.

Tips: menekan budget pernikahan

Bisa! Sangat bisa. Tetapi Anda juga harus memperhatikan rincian detail kebutuhan lainnya. Pernikahan toh tidak hanya melulu berpesta dan mengundang kerabat serta sahabat Anda.

Kebutuhan KUA saja, menurut informasi yang didapat sekitar tahun 2011-2012, membutuhkan biaya sebesar 1 juta rupiah untuk mengurus segala macam dokumen yang berkaitan dengan pernikahan.

Makeup dan baju pengantin. Apabila Anda ingin berhemat, Anda bisa menekan biaya pernikahan dari makeup dan busana pengantin. Ya, tentu saja pilihan makeup dan baju pengantin terbatas dengan budget yang minim. Namun, budget 2 juta - 5 juta ini sudah tergolong standard dan murah untuk ukuran makeup dan baju pengantin. Kecuali memang Anda bisa memulas makeup sendiri dan mengenakan baju pengantin milik orangtua Anda jaman dulu :)

Undangan. Sebagian orang lainnya sukses memangkas biaya pernikahan selangit dengan kreatif dalam membuat undangan. Seorang Sahabat Vemale, pernah membuat undangan pernikahannya berbahan kertas daur ulang, botol minuman gelas kaca, beberapa meter pita dan bunga-bunga kering, yang apabila dihitung per undangan kira-kira hanya memakan biaya 5.000 rupiah. Hemat kan!

Resepsi. Ah, yakin deh kalau resepsi ini adalah acara yang membuat sebagian besar pembaca jadi stress. Sebelumnya siapkan berapa jumlah undangan yang ingin Anda ajak bergabung merayakan pernikahan Anda. Agar lebih hemat, pangkas undangan berdasarkan siapa saja orang terdekat Anda.

Memang tak mudah memilih nama-nama dalam undangan ini, karena rasanya seperti semua orang ingin Anda undang. Tetapi, di sini Anda harus cukup 'tega' menentukan daftar utama tamu undangan, mana jatah undangan untuk orang tua, mana jatah undangan untuk Anda, dan untuk pasangan.

Oya, mengapa harus ada jatah undangan untuk orang tua. Well, sebenarnya ini kembali kepada kesepakatan Anda juga. Tetapi, yang jelas orang tua Anda juga punya sahabat-sahabat yang sangat ingin dibagi kebahagiaannya. Setidaknya ini adalah alasan yang cukup positive thinking, ketimbang Anda hanya memikirkan bahwa ini hanyalah gengsi semata.

Souvenir. Yang juga biasanya ada dalam setiap acara pernikahan adalah souvenir. Akhir-akhir ini memang banyak sekali usaha pembuatan souvenir yang menawarkan aneka macam barang cantik. Tetapi, sebenarnya, untuk apa sih souvenir ini? Souvenir pernikahan tentunya merupakan sebuah ucapan terima kasih yang kita berikan pada tamu undangan yang mau hadir meluangkan waktu untuk bergabung bersama Anda merayakan pernikahan. Dan, bila ditilik kembali, tentunya souvenir ini dibuat untuk mengingatkan para tamu undangan akan Anda dan pasangan.

Nah, Anda bisa memilih untuk memesan souvenir dari para perajin souvenir. Atau membuatnya sendiri untuk menekan budget. Salah seorang sahabat Vemale lainnya, memilih untuk mengemas sebuah pot kaktus yang apabila dinilai harganya sekitar 3.000 - 4.000 rupiah. Dilengkapi dengan kemasan dan pita, harganya pas 5.000 rupiah. Cukup hemat dan membawa filosofi tersendiri bagi pernikahan mereka.

Menu makanan. Bagaimana dengan menu makanan dan cake yang biasanya ada di pesta pernikahan. Untuk cake Anda bisa menyesuaikan pemesanan cake dan meminta bantuan dari bakery agar kue terlihat mewah dengan budget yang terbatas. Pada umumnya dari bakery akan menambahkan hiasan berupa sterofoam yang untuk membuat tampilan kue jadi lebih megah. Sedangkan untuk menu makanan, terlebih dahulu tentukan gedung resepsi yang akan Anda gunakan. Apakah itu adalah sebuah cafe, resto atau gedung serbaguna yang dapat memuat seluruh tamu undangan?

Dekorasi. Demi memangkas budget dekor, Anda tak harus berdiri di depan panggung dan menunggu ucapan selamat dari para tamu undangan. Anda justru bisa memilih berkeliling dan menjemput tamu undangan seakan konsep pernikahan Anda adalah casual party. Dengan demikian, beberapa hiasan bunga dan pita di beberapa sudut ruangan cukup menjadi dekor pesta Anda.

Sekarang, coba hitung kembali setiap detail harga yang ada pada kebutuhan pernikahan. Budget yang sudah Anda tekan, dengan semisal 100 tamu undangan, kalikan dan hitung hasilnya. Ada harga ada rupa, Ladies. Ada barang yang Anda butuhkan dan barang-barang tersebut memang harus Anda bayar. Dan sadarilah, semua itu worth it and you deserve for it. Satu-satunya hal yang perlu kita lakukan adalah pertama, menyiapkan budget dan menyesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan kita. Kedua, menabung kembali untuk mencukupi kebutuhan pasca pernikahan yang ternyata tak kalah banyaknya. Kenapa harus mahal? Karena ada yang Anda keluarkan dan ada yang Anda dapat. Simple kan :) (wo/bee)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments:

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...