Wapres: tiga sasaran MDG's masih "ketinggalan kereta"

ANTARA News - Nasional - Kesehatan
ANTARA News - Nasional - Kesehatan
Wapres: tiga sasaran MDG's masih "ketinggalan kereta"
Feb 1st 2012, 16:37

Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono mengatakan, tiga dari delapan sasaran pembangunan milenium (MDG's) masih lambat perkembangannya, bahkan seperti "ketinggalan kereta".

"Ada tiga sasaran yang menurut saya `ketinggalan kereta` dan perlu perhatian khusus. Ketiga sasaran itu, angka kematian ibu melahirkan, penanggulangan HIV/AIDS dan akses air bersih dan sanitasi dasar," kata Wapres saat penganugerahan Indonesia MDG's Award 2012 di Jakarta, Rabu.

Untuk itu, Wapres meminta upaya mengejar target tiga sasaran tersebut diperkuat. "Mari bekerja lebih keras untuk mengakiri ketertinggaln itu," kata Wapres.

Wapres mengatakan, sasaran pembangunan milenium merupakan gerakan global yang telah disepakati bersama berbagai negara. Sasaran pembangunan milenium menetapkan 2015 sebagai target pencapaian.

Delapan sasaran tersebut adalah memberantas kemiskinan dan kelaparan, memberi layanan pendidikan untuk semua, mendorong kesetaraan jender dan pemberdayaan perempuan, menurunkan angka kematian anak dan menuingkatkan kesehatan ibu.

Selanjutnya, memerangi HIV/AIDS dan penyakit menular lainnya, memastikan lingkungan hidup dan mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan.

Menurut Wapres, delapan sasaran tersebut diukur dengan ukuran yang sama di seluruh dunia. Karena itu, keberhasilan setiap negara akan menunjukan prestasi di pentas dunia.

"Pencapaian MDG's menunjukan posisi dan peringkat kita di mata bangsa-bangsa," kata Wapres.

Wapres menambahkan, program MDG's merupakan pekerjaan bersama sebagai bangsa. Seluruh komponen, baik masyarakat, dunia usaha, mahasiswa maupun pemerintah berpartisipasi untuk menyukseskan MDG's. "Sebab MDG's merupakan usaha bersama dalam mengangkat martabat manusia," kata Wapres.

(T.M041/S023)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...