Gigi Bersih Bebas Pneumonia

Liputan6 Kesehatan
Liputan6 Kesehatan
Gigi Bersih Bebas Pneumonia
Jan 9th 2012, 08:57

Liputan6.com, Jakarta: Pernah Anda mencium bau tak sedap dari mulut Anda ? Itu mungkin disebabkan karena kebersihan gigi kurang maksimal Anda lakukan. Adanya aroma tak sedap yang disebabkan infeksi kuman di paru atau disebut juga pneumonia terjadi karena berkembang biaknya bakteri dan kuman yang tak terkontrol di dalam mulut.

Peneliti melakukan riset terhadap 37 pasien penderita pneumonia selama sebulan. Dalam penelitian tersebut, seperti dikutip klikdokter.com, peneliti menemukan terjadinya perubahan komposisi bakteri dalam mulut secara signifikan semenjak awal berkembangnya pneumonia di area pernapasan mereka. Hal ini, menurut pimpinan penelitian, Dr Samit Joshi, membawa kesimpulan tersendiri. "Sudah selayaknya kita dapat mencegah pneumonia di kemudian hari dengan menjaga bakteri dalam mulut," ujarnya seperti dilansir di DM,baru-baru ini.

Dengan demikian, penelitian ini mendukung hasil riset sebelumnya yang menghubungkan penyakit pernapasan akibat infeksi bakteri dengan mulut dan tenggorokan yang memungkinkan masuk ke dalam paru-paru, akibat terdapatnya kerusakan pada gusi dan gigi.

Terlebih, seiring hasil penemuan terakhir dari The British Dental Health Foundation ini mengungkapkan bahwa kebersihan gigi, gusi dan mulut mampu menjaga kesehatan secara keseluruhan. Tentunya hal ini akan membuat kita lebih lebih serius untuk mencegah penyakit tersebut dibanding mengobati. Untuk itu, sudahkah Anda membersihkan gigi di pagi hari tadi? (klikdokter.com/MEL)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...