Perut Lebih Rata 6 Bulan Pertama

KOMPASfemale
KOMPASfemale
Perut Lebih Rata 6 Bulan Pertama
Jan 9th 2012, 10:31

KOMPAS.com - Memiliki perut rata atau tak buncit tak bisa instan. Anda perlu melakukan sejumlah cara secara bertahap setiap bulannya, dan konsisten menggabungkan aktivitas fisik dengan menjaga pola makan sepanjang tahun.

Tahap lanjutan Mempratikkan empat tahap awal meratakan perut, sepanjang Januari, mengawali langkah Anda mengatasi perut buncit di permulaan tahun. Lakukan dengan perencanaan yang matang dan realistis untuk mencapai target. Memasuki bulan kedua hingga ke-6, lanjutkan program meratakan perut dengan melakukan cara berikut ini:

Februari * Mengonsumsi sup rendah kalori sebelum makan siang dan makan malam, dapat mengurangi asupan kalori 20 persen dari makanan utama Anda. Anda dapat mempraktikkannya mulai bulan kedua di tahun baru. Cara ini bahkan sudah teruji berdasarkan penelitian di Pennsylvania State University. * Lakukan latihan kardio jika ingin membakar lemak di area perut. Studi yang diadakan Duke University menemukan fakta bahwa olahraga jenis aerobik paling efektif membakar lemak di perut. Aerobik, membakar lebih dari 67 persen kalori dibandingkan latihan kekuatan otot atau gabungan aerobik dan kekuatan otot. * Mengonsumsi dark chocolate yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal (zat yang dibutuhkan tubuh untuk membakar lemak perut). Dark chocolate juga kaya antioksidan yang mencegah penyumbatan arteri dan melancarkan peredaran darah. Studi yang diadakan di Denmark bahkan menyebutkan dark chocolate dapat membantu program diet Anda karena mampu menahan lapar. Pilih cokelat dengan kandungan kakao lebih dari 70 persen. * Lakukan gerakan "spiderman memanjat". Ambil posisi plank, dengan lengan dan kaki dibuka lebar, posisi tangan di bawah bahu. Kencangkan perut, lalu tekuk kaki kiri ke arah samping lalu arahkan kaki kiri ke siku kiri, tahan, lalu kembali ke posisi awal. Lakukan untuk kaki kanan. Lakukan gerakan ini sebanyak 20 repetisi, untuk masing-masing sisi kaki. Kombinasikan dengan latihan kardio, dengan total latihan 30 menit per harinya. Lakukan olahraga sederhana ini 5-6 kali seminggu.

Maret * Pastikan Anda mengasup 10 gr serat setiap harinya, dengan begitu Anda akan mengurangi empat persen lemak. Anda dapat meracik sendiri asupan serat dengan mencampurkan dua buah apel dengan setengah cangkir kacang pinto dan satu jenis sayuran. Pilihan lainnya, mengasup brokoli dengan takaran dua cangkir dapat memenuhi kebutuhan 10 gram serat per harinya. * Kebiasaan makan di restoran ternyata ada hubungannya dengan diet. Jika Anda makan malam bersama teman atau rekan kerja, saat pelayan datang, jadilah pemesan pertama. Studi terkini menunjukkan perempuan dengan berat badan normal cenderung meniru cara perempuan kurus makan, dibandingkan perempuan dengan obesitas. Jadi, segeralah memesan, jangan menunggu yang lainnya, untuk menghindari meniru pesanan teman Anda, yang mungkin saja merusak rencana program meratakan perut Anda. * Gerakan mengencangkan perut dapat dilakukan dengan cara ini. Berbaring dengan posisi wajah menghadap ke atas dan tangan direntangkan di samping tubuh, dengan telapak tangan mengarah ke bawah, lalu tekuk kaki 90 derajat, dengan posisi telapak kaku menempel di lantai. Kencangkan perut, lalu turunkan kaki ke arah kiri sejauh mungkin dengan posisi bahu tetap menempel di lantai. Tahan lalu mulailah dari awal, ulangi gerakan yang sama ke arah kanan. Lakukan 20 repetisi untuk masing-masing sisi (kanan dan kiri). * Kegiatan membersihkan rumah dengan vacuum cleaner dapat menjadi cara sederhana melatih kekuatan otot perut. Kencangkan perut Anda saat menggunakan vacuum cleaner ketika membersihkan ruangan.

April * Makan lebih banyak telur. Studi menunjukkan, makan dua telur saat sarapan dapat menurunkan berat badan 65 persen dibandingkan Anda memilih sarapan roti. Telur orak-arik dapat menjadi menu sarapan, sedangkan telur rebus dapat menjadi kudapan kaya protein pada waktu ngemil sebelum makan siang. * Anda dapat meratakan perut sambil melakukan berbagai kegiatan berkebun. Saat berkebun, Anda banyak melakukan gerakan mengangkat, menggali, mendorong, nah, saat melakukan aktivitas ini, lakukan kontraksi pada perut untuk melatih kekuatan otot perut. * Kurangi asupan garam, karena terlalu banyak garam akan membuat tubuh membengkak dan cairan tubuh berlebihan. * Lakukan gerakan ini untuk melatih otot perut Anda: berbaringlah dengan posisi wajah menghadap ke atas, rentangkan tangan ke atas, lurus di atas dada. Angkat tubuh bagian atas menjauh dari lantai. Pada saat yang sama, angkat kaki hingga tubuh seimbang dan bertumpu pada bokong. Lalu tekuk lutut  hingga posisi tulang kering paralel dengan lantai. Perlahan turunkan posisi tubuh seperti semula, termasuk kaki Anda. Ulangi lima repetisi per set. Setiap set berikan jeda 30-60 detik waktu istirahat.

Mei * Hula-hoop menjadi alat pelangsing perut yang sederhana. Anda bisa mulai belajar menggunakannya, dan menjadikannya sebagai perlengkapan olahraga untuk meratakan perut. Fokus pada bagian tengah tubuh, dan pastikan bagian atas dan bawah tubuh stabil, dan gerakkan pinggul ke samping dan ke depan-belakang, bukan memutarnya. * Konsumsilah setengah porsi buah alpukat yang mengandung 10 gram asam lemak tak jenuh tunggal. * Lakukan gerakan ini untuk latihan fisik sehari-hari: Berbaringlah dengan punggung menempel di lantai, tekuk lutut, telapak kaki menyentuh lantai, angkat bahu dan kepala Anda menjauh dari lantai dengan kontraksi pada perut. Lalu, mintalah teman atau pasangan Anda untuk melemparkan bola (bisa bola basket), ke arah kiri Anda sehingga mengharuskan Anda untuk memutar tubuh dan mengambil bola. Lalukan gerakan yang sama ke arah kanan Anda. Lakukan gerakan ini sebanyak mungkin, selama Anda masih merasa nyaman, jangan terlalu memaksakan diri. Tingkatkan intensitas latihan setiap minggunya selama satu bulan.

Juni * Hindari minuman bersoda, apa pun itu, termasuk soda diet. Minuman jenis ini hanya akan menumpuk di perut. * Rajin minum susu setiap hari, jika dikombinasikan dengan olahraga yang seimbang akan membantu Anda menurunkan kadar lemak di perut, inilah hasil studi yang dirilis McMaster University, Kanada. * Latihan kekuatan perut, dengan cara: ambil posisi tengkurap, tahan tubuh bagian atas dengan siku, lengan bawah dan telapak tangan. Perlahan angkat tubuh Anda menjauh dari lantai hingga tubuh terangkat dengan bertumpu pada ujung ibu jari. Pastikan tubuh Anda tetap lurus, tahan selama mungkin, selama Anda masih merasa nyaman, lalu perlahan turunkan badan dan rileks. Ulangi gerakan ini sebanyak mungkin dan berhenti ketika Anda mulai merasa lelah. * Kurangi asupan alkohol, termasuk dari minuman anggur yang kerapkali Anda asup bersama makanan utama setiap harinya. Alkohol meningkatkan level kortisol, yang mengirimkan lemak ke perut Anda. * Berenang. Olahraga yang bersifat aerobik ini dapat membantu Anda melenyapkan lemak di perut. Lakukan berenang gerak bebas, yang membuat pinggang bergerak alami dengan pernafasan teratur. Gerakan ini membuat otot perut bekerja lebih keras.

Sumber: MSN

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...