Yuk, Kenali Gejala Awal Serangan Stroke

Liputan6 Kesehatan
Liputan6 Kesehatan
Yuk, Kenali Gejala Awal Serangan Stroke
Jan 10th 2012, 10:43

Liputan6.com, Jakarta: Pepatah lama mengatakan mencegah lebih baik dibanding mengobati. Tentu ini berlaku bagi hampir setiap masalah kesehatan, tak terkecuali stroke. Jenis gangguan ini terjadi akibat adanya penyumbatan pasokan darah ke suatu bagian otak secara mendadak dan dapat menyebabkan serangkaian reaksi biokimia, yang dapat merusak atau mematikan sel-sel saraf di otak.

Sifatnya yang mendadak, kerap membuat orang sulit mendeteksi gejala awal. Sehingga tak jarang, penderitanya sering berakhir dengan kematian. Lalu bagaimana mengetahui peringatan dini agar terhindar dari serangan mematikan ini. Simak paparan di bawah ini:

1. Sakit kepala berat yang datang tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya. Sementara sakit kepala mungkin hal normal dari kehidupan sehari-hari, Namun saat seseorang diserang sakit kepala dengan tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya, ada baiknya untuk serius memperhatikan gejala ini. Terlebih bila dalam riwayat ada penyakit hipertensi atau jika sebelumnya telah menderita stroke.

2. Kesulitan melihat pada satu atau dua mata. Ini mungkin dalam bentuk penglihatan kabur, kebutaan, atau penglihatan ganda. Ketika ini terjadi, biasanya sinyal bahwa saraf optik di otak terkena akibat adanya peradangan, gumpalan, atau perdarahan di bagian otak.

3. Mengantuk ringan, atau pusing, muntah, dan kebingungan mendadak. Hal Ini juga bisa menjadi tanda peringatan penting,. Karena sinyal bagian otak tak dapat memperoleh oksigen cukup.

4. Kesulitan berbicara atau memahami pembicaraan orang lain. Tanda ini menjadi sinyal masalah pada bagian otak yang memfasilitasi bahasa.

5. Kelemahan mendadak atau perasaan mati rasa pada lengan, wajah, kaki, atau tangan, terutama sepanjang salah satu sisi tubuh. Gejala in menandakan adanya masalah di bagian otak yang mengatur sistem gerak tubuh

Biasanya, gejala stroke berlangsung selama 24 jam. Kendati demikian, tanda-tanda itu tak sepenuhnya menjadi sinyal akan adanya serangan stroke. Agar lebih memastikan, segeralah periksa ke rumah sakit terdekat jika hal-hal di atas menyambangi. (medsavailable.com/YUS)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...